Tips Simpan Bahan Makanan Sahur dan Berbuka Puasa, Tetap Segar dan Cepat Saji

Novita Sari - Senin, 11 Maret 2024
Kompartemen Optimal Fresh+ punya empat mode pendinginan sesuai kebutuhan yakni soft freeze, meat & fish, power cool, dan fridge. Foto: Ist
Kompartemen Optimal Fresh+ punya empat mode pendinginan sesuai kebutuhan yakni soft freeze, meat & fish, power cool, dan fridge. Foto: Ist
A A A

Salah satu aktivitas rutin keluarga saat Ramadan adalah mempersiapkan makanan untuk sahur dan berbuka. Agar aktivitas sahur dan berbuka makin menyenangkan, sebaiknya, makanan untuk sahur dan berbuka tidak sekadar ada, melainkan betul-betul dipersiapkan dan direncanakan. Makanan sahur dan berbuka juga wajib punya kualitas asupan nutrisi yang seimbang supaya tubuh tetap sehat serta mudah untuk dipersiapkan.

Persiapan dan perencanaan makanan untuk sahur dan berbuka tentu akan berkaitan dengan pengadaan stok bahan makanan bernutrisi baik yang cukup dan penyimpanan yang baik. Di situlah keberadaan kulkas yang berkualitas menjadi penting, terutama kulkas yang dapat menyimpan bahan makanan lebih banyak dan lebih lama, tetap segar, serta bisa disajikan dengan cepat.

Untuk itu, Samsung menghadirkan kulkas dua pintu dengan freezer atas yang dilengkapi dengan fitur SpaceMax untuk penyimpanan bahan makanan yang lebih banyak. Kulkas ini juga memiliki kompartemen “Ungkep” untuk menyimpan makanan ungkep dalam kondisi soft freeze, sehingga bisa dengan cepat disajikan saat sahur dan berbuka. Kulkas ini pun hadir dalam pilihan desain BESPOKE, yaitu perpaduan pilihan warna yang stylish dan modern.

“Di bulan Ramadan, keluarga biasanya harus bangun lebih pagi untuk mempersiapkan makanan sahur namun kadang terkendala waktu yang tak cukup atau jadi kurang istirahat. Solusinya adalah dengan penyimpanan makanan yang lebih banyak dan lebih cepat disajikan untuk menghemat waktu,” kata Joseph Martius, Business Head of Home Appliance, Samsung Electronics Indonesia.

Tidak hanya berkapasitas besar namun juga mempunyai desain premium. Foto: Ist
Tidak hanya berkapasitas besar namun juga mempunyai desain premium. Foto: Ist

Berikut tips simpan bahan makanan untuk sahur dan buka:

Stok bahan makanan yang cukup sebelum puasa

Bolak balik ke pasar atau supermarket setiap hari hanya untuk berbelanja bahan makanan untuk menu sahur dan berbuka akan sangat merepotkan. Sebaiknya, bahan makanan distok lebih banyak dan simpan di kulkas berkapasitas besar.

Siapkan lauk yang segar dan siap saji

Sebagian orang mungkin merasa enggan bangun lebih pagi untuk mempersiapkan makanan sahur. Di situlah bahan makanan yang diungkep, yakni direndam dalam bumbu dan dimasak dengan api kecil sampai bumbu menyerap, menjadi penolong. Sebab bahan makanan yang diungkep, seperti ayam dan ikan, bisa disajikan dengan cepat karena tinggal digoreng sebentar sebelum sahur atau berbuka, sangat menghemat waktu.

Pilih bahan makanan yang sehat dan bernutrisi

Kunci penyimpanan yang berhasil adalah bahan makanan tetap terjaga kesegarannya dalam waktu lama sehingga keluarga bisa menyajikan makanan sahur dan berbuka yang sehat dan bernutrisi lengkap.

Gunakan peralatan dapur yang memudahkan hidup

Kulkas yang sudah disematkan teknologi AI, membuatnya lebih hemat energi dan memudahkan hidup. Kulkas bisa terhubung ke aplikasi SmartThings di smartphone melalui Wi-Fi yang sudah embedded, sehingga bisa diatur dari jarak jauh, seperti mengubah temperatur, dan mendapat notifikasi jika pintu kulkas terbuka.

Makin semangat dengan tampilan dapur jadi estetik

Agar tampilan dapur jadi estetik dan bikin semangat masak, pilih kulkas dengan desain yang stylish dan modern dengan pilihan warna-warna menarik.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!