Titip Jual dan Titip Buang Sekaligus Atasi Permasalahan Sampah Elektronik

Novita Sari - Senin, 12 Februari 2024
Dengan SmartExchange, Moms and Dads bisa titip buang atau titip jual barang elektronik lama lalu ditukar dengan yang baru. Foto: Ist
Dengan SmartExchange, Moms and Dads bisa titip buang atau titip jual barang elektronik lama lalu ditukar dengan yang baru. Foto: Ist
A A A

Moms and Dads sudah tahu? Laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan bahwa saat ini, timbunan sampah elektronik sudah mencapai 2 juta ton! Padahal, membuang barang elektronik lama itu membutuhkan biaya dan usaha yang lebih, mengingat ukurannya yang cukup besar. 

Oleh karena itu, sampah elektronik (e-waste) membutuhkan penanganan yang spesifik karena dapat mencemari dan membahayakan lingkungan apabila dibuang sembarangan.

Sebagai wujud kontribusi dalam pelestarian lingkungan dan memberikan solusi nyata bagi konsumen yang ingin membuang atau menjual produk elektronik lama mereka, Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan SmartExchange. Melalui program ini, konsumen dapat menitip buang atau titip jual barang elektronik lama, lalu ditukar tambah (trade-in) dengan produk terbaru ditambah lagi dengan gratis pemasangan.

“Membuang barang elektronik lama terkadang menjadi sebuah dilema, dengan ukurannya yang besar, biaya yang mahal, dan kurangnya informasi mengenai tempat pembuangannya. Namun, dengan kehadiran program ini, kita kini memiliki solusi cerdas untuk membuang ataupun menjual barang lama. Program ini turut membantu mengatasi tantangan seputar sampah elektronik, karena barang yang tidak terpakai tidak sekadar dibuang, melainkan didaur ulang untuk penggunaan berkelanjutan. Solusi praktis ini bukan hanya menjaga lingkungan, tetapi juga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen," kata Joseph Martius, Head of Home Appliances Business, Samsung Electronics Indonesia.

Di program ini, konsumen bisa tukar tambah dengan jaminan harga untuk pembelian produk lama sesuai dengan kondisi. Konsumen juga dapat titip jual produk atau titip buang (e-waste disposal) produk elektronik bekas mereka. Nantinya sampah ini akan didaur ulang oleh lembaga yang kompeten, sehingga konsumen bisa ikut serta melindungi kelestarian lingkungan dari bahaya sampah elektronik.

Adapun persyaratan untuk produk elektronik yang bisa ditukar tambah dalam program ini antara lain: produk masih menyala dan berfungsi normal, kondisi layar dan panel (pada TV dan monitor) atau gear, mesin, saluran air (pada mesin cuci), kompresor dan freon (pada refrigerator), pemanas dan grill (pada microwave), semua masih dalam kondisi normal dan tidak terdapat kerusakan. Begitu juga dengan kondisi tombol-tombol dan knob masih lengkap dan berfungsi normal, termasuk untuk remote control (untuk produk TV dan Monitor). Kondisi fisik barang elektronik lama wajib terbilang cukup baik, seperti masih mulus atau terdapat lecet, baret, atau penyok maksimal di 4 titik.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Pilihan Tepat Outfit Hari Raya Pria untuk Gaya Klasik yang Tetap Relevan dan Berkelas
img
Menuju Masa Depan Perangkat Rumah Tangga dengan Teknologi AI
img
Tips Memilih Baju Lebaran Pria yang Tepat
img
Gandeng Desainer Jonathan Anderson, Koleksi Spring/Summer 2024  Ini Tampilkan Keindahan Kontemporer Khas Inggris