Trik Ciptakan Rumah Hijau dan Asri Meski Ruang Terbatas

Novita Sari - Senin, 12 Februari 2024
Di ruangan yang kecil dan terbatas sekalipun, Moms and Dads bisa juga berkebun, lho! Foto: Ist
Di ruangan yang kecil dan terbatas sekalipun, Moms and Dads bisa juga berkebun, lho! Foto: Ist
A A A

Moms and Dads mungkin mengira kalau ingin berkebun atau memelihara tanaman itu, membutuhkan lahan yang luas.  Padahal, di ruangan yang kecil sekalipun seperti balkon apartemen atau teras kecil depan rumah, bisa juga, lho!

Namun tentu saja ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, misalnya tempat menanam yang pas untuk ruangan terbatas.

Harus diperhatikan pula tanaman yang dipilih. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat contohnya; Echinacea atau coneflower, petunia, zinia, daylily, dan lainnya.

Moms juga harus memilih wadah menanam yang akan digunakan, yang sesuai untuk ruangan terbatas. Misalnya; pot yang bisa ditaruh di lantai atau digantung.

Tips lainnya, Moms and Dads bisa memanfaatkan meja kecil, dinding, pagar, ataupun pohon yang ada depan rumah untuk menggantung atau menaruh tanaman.

Saat merawat tanaman hijau, tanah mudah menyebar dan menjadi berantakan. Persiapkan alas berkebunnya, ya. Mengantisipasi kotor dan berantakan saat mengganti media tanam, menanam, menyiram tanaman, ataupun saat memangkas dan membuang daun serta bunga yang layu. Pilih yang platform-nya besar, mudah dibilas dan disimpan, sehingga Moms and Dads bisa mengerjakannya tanpa khawatir.

Pilih pot tanaman yang memiliki sistem pengairan internal. Foto: Ist
Pilih pot tanaman yang memiliki sistem pengairan internal. Foto: Ist

Untuk referensi, bisa juga pilih pot tanaman yang memiliki sistem pengairan internal. Terbuat dari terakota berpori yang dapat menampung air berlebih, memungkinkan tanaman hijau mendapatkan kelembapan kapan pun saat dibutuhkan.

Untuk tanaman yang ditaruh di meja kecil, Moms bisa gunakan taplak meja yang dihias dengan pola geometris serta memiliki permukaan akrilik yang mudah dibersihkan.

“Menciptakan ruang hijau yang indah yang penuh dengan tanaman dan bunga sangat penting untuk menciptakan kenyamanan ketika bersantai di rumah. Namun kadang kala terdapat kendala jika tidak memiliki ruang yang cukup luas. Mengingat hal ini, kami luncurkan koleksi perawatan tanaman terbaru DAKSJUS yang akan membantu menciptakan suasana rumah yang lebih cerah dan segar walaupun terdapat keterbatasan ruang,” tutur Ririn Basuki, PR & Communications IKEA Indonesia.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!