Unik dan Inspiratif! Perempuan Penjual Alat Pancing Asal Malang Sukses Raup Cuan

Novita Sari - Senin, 11 Maret 2024
Meskipun awalnya tidak memiliki pemahaman mendalam mengenai peralatan memancing, Vanda pantang menyerah. Foto: Ist
Meskipun awalnya tidak memiliki pemahaman mendalam mengenai peralatan memancing, Vanda pantang menyerah. Foto: Ist
A A A

Di tengah maraknya perkembangan bisnis industri kecantikan dan fesyen yang dipelopori oleh perempuan, siapa sangka bahwa bisnis industri olahraga dan outdoor yang konon didominasi oleh laki-laki justru mampu membawa perempuan “memancing” cuan untuk menuju kesuksesan bisnisnya.

Vanda Monica, ibu rumah tangga asal Malang, Jawa Timur, memutuskan menggeluti toko peralatan alat pancing dan olahraga di platform eCommerce Lazada, di tengah kesibukannya mengurus keluarga. Hasilnya, untung dan sukses bisa ia raih!

Bertepatan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret, platform eCommerce ini merayakan penjual perempuan inspiratif di platformnya dengan mengumpulkan enam penjual perempuan di Asia Tenggara untuk menceritakan kisah keberhasilan mereka, sukses berbisnis sebagai seorang wirausaha.

Pemilik Toko mancing_stellaproducts, Vanda Monica, menjadi perwakilan penjual perempuan dari Indonesia yang berbagi cerita perjuangan mencapai mimpi. Perayaan ini sekaligus menjadi momentum untuk mengajak perempuan Indonesia lainnya untuk mengejar impian kewirausahaan mereka.

Stefan Winata, Chief Business Officer Lazada Indonesia mengatakan, “Hari Perempuan Internasional bagi kami adalah momen untuk mengingatkan bahwa di balik kekuatan sebuah platform eCommerce, ada banyak sekali penjual perempuan yang berdaya dan berkarya untuk konsumen. Walau biasanya memiliki banyak peran dan tanggung jawab, penjual perempuan tetap menunjukkan semangat dan kegigihan dalam meraih kesuksesan. Sebagai platform eCommerce yang inklusif, kami senantiasa mendorong para perempuan Indonesia untuk berani mendobrak setiap stereotip kewirausahaan dan industri bisnis yang nyatanya dapat digeluti oleh perempuan.”

Perjalanan usaha Vanda di eCommerce mungkin senada dengan penjual perempuan lain di tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga. Mau tak mau, sebagai ibu rumah tangga Vanda harus membagi waktu antara urusan keluarga dan berwirausaha.

Meski tidak memiliki pengalaman berwirausaha, Vanda memulai perjalanan bisnisnya pada tahun 2018 dengan menjual tas di platform eCommerce. “Awalnya saya hanya menjadikan bisnis online sebagai hobi. Namun ternyata, pelanggan yang datang ke toko saya semakin banyak. Akhirnya saya memutuskan untuk mendedikasikan lebih banyak waktu dan tenaga untuk fokus membesarkan usaha saya,” jelas Vanda.

Pada akhir tahun 2019, perubahan pada peraturan impor berdampak pada usahanya yang membuat Vanda harus membuat perubahan besar dalam usahanya. Vanda beralih ke menjual alat-alat pancing karena melihat keinginan pasar akan memancing dan beraktivitas di luar ruang yang terus meningkat menuju akhir pandemi.

Meskipun awalnya tidak memiliki pemahaman mendalam mengenai peralatan memancing, Vanda pantang menyerah untuk mempelajari kebutuhan serta keinginan pelanggan barunya. Berbekal pengalaman selama berbisnis serta berbagai pelatihan online dan offline yang diikutinya bersama komunitas penjual, Vanda berhasil meraih kesuksesan yang luar biasa di kategori olahraga dan outdoor.

Tak disangka bahwa strategi beralih industri ini membawa Vanda dapat “memancing” kesuksesan bisnisnya. Selain menambah pemasukan untuk keluarga, Vanda juga membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.

Sebagai seorang City Leader atau pemimpin komunitas penjual di Malang, ia aktif mendorong penjual lain, khususnya perempuan, untuk memulai dan meraih kesuksesan pada bisnis online mereka. Vanda berharap bisa terus mengembangkan usaha di kategori olahraga dan outdoor ini. Ia juga berharap bisa menjadi inspirasi bagi perempuan lain yang ingin memulai bisnis online sendiri.

Kunci kesuksesan Vanda adalah keberaniannya untuk terus berinovasi dan mengambil peluang sedini mungkin ketika banyak yang belum melihatnya. “Menjadi wirausaha perempuan tidaklah mudah; harus bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga. Meski banyak tantangan, saya tetap semangat. Dimulai dari menjual tas, lalu beralih ke peralatan memancing, saya menyadari bahwa keuletan bisa mengubah mimpi menjadi kenyataan,” lanjut Vanda.

“Saya berharap bisa menginspirasi orang lain untuk menghadapi tantangan dan mengejar mimpi dengan tekad kuat,” pungkasnya.

Apakah kamu penjual perempuan inspiratif selanjutnya?

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!