Usung Inclusivity dan Sustainability, Yuk, Intip Tips Latihan Lari dari Atlet Berkebutuhan Khusus

Novita Sari - Selasa, 07 Mei 2024
Garmin Run 2024 Asia Series di Indonesia akan diselenggarakan di ICE BSD pada Minggu, 29 September 2024. Foto: Ist
Garmin Run 2024 Asia Series di Indonesia akan diselenggarakan di ICE BSD pada Minggu, 29 September 2024. Foto: Ist
A A A

Ajang lari untuk semua kalangan dan kemampuan yang mengusung keberlanjutan (sustainability), Garmin Run 2024 akan diadakan pada Minggu, 29 September di ICE BSD, Tangerang! Acara ini seru banget karena inklusif, jadi semua orang bisa ikutan, termasuk penyandang disabilitas.

Nah, ada dua atlet berkebutuhan khusus inspiratif yang mau berbagi tips latihan mereka nih:

Johanna Caroline: Atlet kursi roda dari komunitas Jakarta Swift Wheelchair Basketball Athlete. Dia bilang gini, "Jangan biarkan keterbatasan jadi hambatan. Mulailah dengan langkah kecil dan percaya diri. Gunakan itu sebagai batu loncatan untuk terus maju. Bersama-sama kita bisa mencapai impian kita!"

Natrio Catra Yososha: Pelari penyandang Autisme Spectrum Disorder pertama di Indonesia yang menyelesaikan Marathon 42.195 KM. Dia bilang, "Fokuslah pada dirimu untuk meningkatkan kemampuan berlari dengan terus berlatih."

Johanna Caroline, atlet kursi roda dari Swift Wheelchair Basketball Athlete. Foto: Ist
Johanna Caroline, atlet kursi roda dari Swift Wheelchair Basketball Athlete. Foto: Ist

Tips Latihan dari Johanna Caroline:

  • Latihan kekuatan (strength training): Ini penting untuk membangun otot dan meningkatkan kekuatan.
  • Latihan ketahanan (endurance workout): Ini termasuk kardio, track, dan field racing.
  • Latihan mental: Ini penting untuk mempertajam fokus dan koordinasi dengan tim.
  • Manajemen stres: Ini penting untuk menjaga performa terbaik saat lomba.

Tips Latihan dari Natrio Catra Yososha:

  • Pola latihan: 1x Training Lari (Drills, ABC Drills, teknik berlari, Strength Training), 1x easy run, 1x medium run, dan 1x long run dalam seminggu.
  • Istirahat: Berikan waktu rest day 2 hingga 3 hari dalam seminggu.
  • Makan makanan bergizi: Makan sayur, buah, dan protein secara rutin.
  • Tidur yang cukup: Tidur yang cukup penting untuk pemulihan otot.
Natrio Catra Yososha, Pelari penyandang Autisme. Foto: Ist
Natrio Catra Yososha, Pelari penyandang Autisme. Foto: Ist

Garmin juga memberikan bocoran lain bagaimana nantinya penyelenggaraan ajang lari ini akan memerhatikan beberapa aspek perlombaan yang juga memudahkan penyandang disabilitas rungu wicara saat memulai race. Pada prosesi flag off, peserta juga akan disuguhi layar besar yang menunjukkan hitungan mundur, sehingga tak hanya aba-aba lisan, tapi juga akan ada visual yang mengindikasikan race akan dimulai.

Rangkaian Acara

Menjelang pelaksanaannya pada September nanti, ada serangkaian kegiatan untuk menemani para peserta dalam merevolusi kehidupan berlari mereka. Mempersiapkan para pelari, baik melalui agenda rutin Run With Us yang digelar setiap hari Rabu pukul 19:00 WIB di GBK, dan juga berbagai workshop yang membahas Running Science.

Terdekat, akan memulai rangkaian acara jelang lari pada tanggal 19 Mei. Acara ini akan menawarkan workshop dan fun run bersama Coach, brand partners, dan narasumber yang ahli di bidangnya.

Pendaftaran sudah dibuka dengan menawarkan 3 nomor lari untuk dewasa dan Kids Dash. Harga yang ditawarkan pun beragam, untuk kategori 5K, harga normalnya adalah 325.000 rupiah. Sementara itu, untuk kategori 10K dihargai 425.000 rupiah, dan untuk kategori 21K, harganya adalah 650.000 rupiah. Untuk anak-anak yang ingin berpartisipasi dalam Kids Dash, harga tiketnya adalah 200.000 rupiah. Pendaftaran dapat mengunjungi GRID2024.

Harus diingat, jangan bandingkan diri dengan orang lain. Setiap orang punya kemampuan dan progress lari yang berbeda-beda. Fokuslah pada diri sendiri. Teruslah berlatih dan tingkatkan kemampuanmu, dan yang terpenting, bersenang-senanglah! Berlari itu menyenangkan dan baik untuk kesehatan.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ajak UMKM Lokal Meriahkan Perayaan Ulang Tahun ke-6, Hotel di Pusat Kota Jakarta Ini Gelar Night Market Spectacular Six
img
Teknologi dan Inovasi Terbaru Sepatu Lari Hadir di FlyLab
img
Tren Ngopi Baru yang Unik dan Menyenangkan!
img
Cara Gunakan Smartwatch untuk Dukung Hidup Sehat Namun Tetap Stylish