Usung Smart Parenting, Dikenal Lewat Dot Orthodontic, Brand Ini Tunjuk Nikita Willy sebagai BA

Novita Sari - Kamis, 08 Februari 2024
(Ki-ka): Aninda S.Psi, M.Psi.T., Risa Trisanti, Nikita Willy dan Issa, Dr.dr.Kartono MM, dan Franciska Puspa Julia. Foto: Ist
(Ki-ka): Aninda S.Psi, M.Psi.T., Risa Trisanti, Nikita Willy dan Issa, Dr.dr.Kartono MM, dan Franciska Puspa Julia. Foto: Ist
A A A

"Aku ibu satu anak usia 5 tahun dan saat ini sedang hamil anak kedua. Suami bekerja dan aku setiap hari urus rumah dan antar jemput anak sekolah. Akhir-akhir ini sering merasa lelah, cemas, dan galau hingga tak jarang anak dan suami jadi sasaran omelan. Bagaimana ya cara mengatasinya? Takutnya malah anak dan suami yang terkena mental health-nya," curhat Bunda Nisya asal Depok saat sesi tanya jawab di acara Konferensi Pers - Baby HUKI Hadirkan Nikita Willy sebagai Brand Ambassador, Kombinasi Smart Parenting untuk Orangtua Milenial dan Gen Z pada Rabu, 7 Februari 2024 di Habitate Jakarta, Jl. Setia Budi Utara Raya No.5, Jakarta Selatan.

Tak hanya Bunda Nisya, tentu banyak juga orangtua lainnya yang pernah merasakan apa yang dialami Bunda Nisya. Terlebih lagi di era digital saat ini dimana sebanyak 66 persen New Mothers merupakan generasi Milenial (28-43 tahun) dan Gen Z (18-27 tahun). Tentu akan menghadapi tantangan yang begitu kompleks dalam mengasuh si Kecil karena banyaknya informasi yang mudah didapat di media sosial.  

Hasil survei Deloitte Global Millennial tahun 2020, tingkat stres orangtua Milenial mencapai 45%, sementara orang tua Gen Z mencapai 53%. Fakta ini menyoroti urgensi pola pengasuhan anak, khususnya di era digital.

Inilah yang membuat produk perlengkapan bayi dari PT. Ikapharmindo Putramas Tbk yang telah menjadi sahabat setia Bunda selama lebih dari 30 tahun, membawa konsep pola asuh pintar (smart parenting), praktik yang bisa diadopsi oleh orangtua, dimana mendidik anak dengan pengetahuan modern dan menerapkan interaksi positif antara orangtua dan si Kecil, guna  menciptakan  keluarga yang bahagia.

Franciska Puspa Julia, General Manager Sales Marketing Baby HUKI. Foto: Novi
Franciska Puspa Julia, General Manager Sales Marketing Baby HUKI. Foto: Novi

“Melalui konsep pola asuh pintar (smart parenting), kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik,  tidak hanya memenuhi kebutuhan praktis dalam pola pengasuhan si Kecil, tetapi juga memberikan perlindungan dan rasa aman pada si Kecil. Dengan rangkaian produk berkualitas yang telah melalui uji klinis, memenuhi standar orthodontic, dan menjadi satu-satunya botol susu yang mendapatkan sertifikasi halal di Indonesia, sehingga Bunda dapat lebih tenang dan yakin dalam memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang optimal si Kecil. Hal ini diharapkan dapat membuat Bunda dan si Kecil bahagia,” ujar Franciska Puspa Julia, General Manager Sales Marketing Baby HUKI.

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama PT. lkapharmindo Putramas Tbk., Dr. dr. Kartono MM, mengaku, sejak beroperasi di tahun 1978 (18 Mei genap 46 tahun), dalam membuat produk selalu berdasarkan referensi ilmiah dengan trial-trial terlebih dahulu sebelum diluncurkan.

"Kami percaya ASI eksklusif dapat mencegah stunting. Namun terkadang ada suatu keadaan dimana tidak mudah bagi ibu untuk ASI eksklusif. Ibu bekerja yang mendapat cuti melahirkan 1,5 bulan sebelum dan 1,5 bulan sesudah melahirkan, membuatnya hanya bisa full 1,5 bulan saja.  Sementara ASI eksklusif harus 6 bulan dan bisa dilanjutkan sampai 24 bulan atau lebih," ujar Kartono.

Direktur Utama PT. lkapharmindo Putramas Tbk., Dr. dr. Kartono MM. Foto: Novi
Direktur Utama PT. lkapharmindo Putramas Tbk., Dr. dr. Kartono MM. Foto: Novi

"Hadirnya pompa ASI, botol susu, dan dot dari berbagai merek memang kelihatannya mirip semua. Tak jarang ibu-ibu muda memilih karena menarik atau lebih ekonomis tapi melupakan fungsionalnya sehingga seringkali tidak sesuai dan senyaman seperti payudara ibu. Itu pertama. Bayi jadi tidak mau. Ini sering jadi dilema, jadi awal ibu-ibu karier berhenti kerja. Padahal bukan bayi yang tidak mau, tapi salah pilih botol dan dot. Kedua, botol susu lebih enak, sehingga saat ibu pulang, bayi tidak mau menyusu pada ibu, ibu jadi stres. Oleh karena itu, kami sediakan yang sesuai," papar Kartono. "Dengan begitu, kami  telah dukung ASI eksklusif, untuk cegah stunting dan ciptakan generasi muda yang kuat dan tangguh sejak dini," tandasnya.

Berbicara mengenai pola asuh, Praktisi Psikologi Anak Usia Dini, Aninda S.Psi, M.Psi.T., memaparkan, bahwa praktik pola asuh pintar (smart parenting) memiliki manfaat psikologis yang signifikan. 

"Contohnya pada saat menyusui. Proses menyusui ada momen yang intens, yang melibatkan keterikatan emosional antara Bunda dan si Kecil. Di momen tersebut Bunda bisa sambil mendongeng, memperkenalkan benda di sekitarnya, mengenal tanaman atau hewan. Untuk itu, penting bagi Bunda memahami dan mengelola emosi dengan baik, merespons dengan tenang, sehingga terjalin interaksi positif di setiap momen perawatan. Selain itu, menjadi smart parenting bisa diwujudkan dengan mendengarkan dan memahami perasaan si Kecil, memberikan dukungan positif, serta menjalani self-care. Langkah-langkah ini menjadi kunci untuk menciptakan kebahagiaan, bukan hanya bagi si Kecil, tetapi juga bagi sang Bunda. Dengan merawat diri dan memberi waktu untuk diri sendiri, orangtua dapat mencapai keseimbangan optimal antara peran sebagai orangtua dan kebutuhan individu mereka,” tutur Aninda.

Praktisi Psikologi Anak Usia Dini, Aninda S.Psi, M.Psi.T. Foto: Novi
Praktisi Psikologi Anak Usia Dini, Aninda S.Psi, M.Psi.T. Foto: Novi

Nah, untuk mendukung konsep pola asuh pintar (smart parenting), dihadirkan Bunda inspiratif, seorang public figure dan Ibu muda yaitu Nikita Willy bersama si Kecil, baby Issa sebagai Brand Ambassador Baby HUKI. Menjadi kombinasi yang tepat sebagai representasi smart parenting dalam membantu orangtua memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang optimal si Kecil.

“Sebagai Bunda yang aktif, Nikita Willy menjadi inspirasi dalam menerapkan pola pengasuhan modern yang pintar. Ini sejalan dengan visi kami untuk memberikan solusi kepada para Bunda muda yang mungkin sering mengalami stres dan cemas dalam menghadapi paparan informasi di media sosial, serta terkadang terpengaruh oleh mitos atau culture seputar pola asuh si Kecil. Dengan desain botol susu yang lucu dan edukatif, seperti karakter seri hewan pintar dan seri dongeng, kami berharap dapat membantu Bunda menikmati momen menyenangkan saat menyusui sambil berdongeng dengan si Kecil. Semoga kehadiran Nikita Willy dan baby Issa dapat menjadi inspirasi para orangtua untuk menerapkan pola asuh pintar (smart parenting), menciptakan kebahagiaan tidak hanya bagi si Kecil, tetapi juga untuk Bunda,” papar Marketing Manager Baby HUKI, Risa Trisanti.

Public figure dan Ibu muda Nikita Willy bersama baby Issa, Brand Ambassador Baby HUKI. Foto: Ist
Public figure dan Ibu muda Nikita Willy bersama baby Issa, Brand Ambassador Baby HUKI. Foto: Ist

Berbagi pengalamannya, Nikita Willy mengaku kalau ia juga dulu awalnya sempat merasakan stres sebelum menemukan rutinitas yang pas, baik untuk dirinya, suami maupun si Kecil.

"Sebelum nemu rutinitas yang pas untuk bertiga, saya juga sempat stres, tidak punya waktu untuk diri sendiri. Ketika sudah menemukan konsistensi, jadi mudah. Sebelum anak dan suami bangun, saya biasanya olahraga dulu jalan di treadmill, lalu mandi air dingin, badan jadi segar dan ready untuk mengerjakan segala aktivitas. Biasanya kalau ada kerjaan, saya lakukan pas Issa tidur siang. Saya juga biasakan paling lambat jam 8 malam Issa sudah tidur. Setelah itu saya bisa lakukan me time sendiri atau sama suami. Setelah jadi ibu, saya sadar kalau me time itu tak harus mahal, sekadar scroll TikTok saja sudah bisa jadi me time saya," ungkap Nikita.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!