Wujudkan Mimpi Melalui Inovasi Platform Belanja Online, Begini Cerita Inspiratif Aaliyah Massaid

Novita Sari - Rabu, 26 Juni 2024
Ki-ka: MC, Putri Lukman, Aaliyah Massaid, Melisa Andriani, dan Joseph Sebastian. Foto: Novi
Ki-ka: MC, Putri Lukman, Aaliyah Massaid, Melisa Andriani, dan Joseph Sebastian. Foto: Novi
A A A

Siapa sangka, belanja online bisa jadi cerita inspiratif? Di era digital ini, banyak platform e-commerce yang membantu UMKM dan brand lokal berkembang. Salah satunya toko orange yang punya banyak fitur dan program menarik untuk para penggunanya.

Melalui acara yang bertajuk ‘Bercerita Bersama Shopee: Membangun Impian, Mewujudkan Kesuksesan’, bertempat di Gama Tower lantai 6, HR Rasuna Said, Jakarta Selatan pada Selasa 25 Juni 2024, dihadirkan Aaliyah Massaid, Luxcrime, dan Careso untuk berbagi cerita tentang bagaimana platform belanja online tersebut membantu mereka mencapai mimpi dan kesuksesan.

Aaliyah Massaid: Belanja Hemat dan Berkualitas

Sebagai seorang content creator, penyanyi, dan mahasiswi, Aaliyah Massaid punya banyak kesibukan. Tapi, dia tetap bisa memenuhi kebutuhannya dengan mudah dan hemat dimana salah satu fitur favoritnya adalah Shopee Mall.

"Seperti mall online gitu lho, Bun. Bisa belanja produk dari brand-brand ternama dengan harga yang lebih murah dan kualitas terjamin. Ada juga promo dan diskon spesial, jadi makin hemat," ujar Aaliyah.

Tak hanya itu Aal pun mengaku sangat suka karena ada jaminan 100 persen ori, baik itu pakaian, make up, dan printilan lainnya yang ia perlukan menuju ke jenjang yang lebih serius (pernikahan). “Solusi kegesitan aku akan kebutuhan perlengkapan rumah dan profesional juga dan bisa pula di kirim ke beda-beda alamat,” tambah Aal. “Sering banget tuh, aku sudah beli di online, eh di toko-nya baru ada,” ujarnya tersenyum.

Selain itu, lanjut Aal, ia juga sangat suka fitur Live dan Video karena bisa melihat size produk secara jelas. “Jadi nggak perlu beli dua kali karena salah ukuran,” cetusnya seraya berkata kalau di Live pun sering ada beberapa harga spesial sehingga lebih hemat.

Menjangkau Lebih Banyak Konsumen dengan Fitur Live dan Video

Melisa Andriani, General Manager Luxcrime, brand kecantikan lokal mengaku, selama 9 tahun berdiri, ia merasakan booming di 4 tahun terakhir, justru saat pandemi. “Pandemi memaksa kita untuk beralih ke sosmed dan e-commerce, dan berkembang pesat,” ucap Melisa.

Brand kecantikan lokal yang terkenal dengan produk-produk berkualitasnya, juga sangat merasakan manfaat. Sejak bergabung dengan e-commerce ini, mereka mengalami peningkatan penjualan yang signifikan.

"Kami memanfaatkan fitur Live dan Video untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Di sana, kami bisa memberikan tips kecantikan, demo produk, dan menjawab pertanyaan pelanggan," kata Melisa.

Melisa pun mengatakan kalau setiap ada fitur baru, ia selalu ikutan. Apalagi kalau pas tanggal kembar. “Live bisa 12 kali sehari. Produk best seller kami Blur & Cover Two Way Cake bahkan terjual hingga lebih dari 10 juta pcs,” serunya.

“Kami baru pakai fitur Live 2 tahun belakangan, banyak yang ingin interaktif, bahkan bisa live 24 jam karena ada saja orang yang nonton, Shubuh, jam 2 pagi, siang, orang-orang kini terbiasa nonton Live. Pendapatan kami pun 30 persen dari Live,” ungkap Melisa.

Omzet Naik 10 Kali Lipat Berkat Fitur Live

Joseph Sebastian, Founder & CEO Careso, brand fragrance lokal, bercerita perusahaannya lahir justru saat pandemi yaitu di tahun 2019. Ia berpikir bagaimana membuat parfum berkualitas namun harganya ekonomis. Awalnya ia berjualan secara tradisional (offline) namun prospeknya tidak bagus karena pandemi. “Coba secara online dan ketemulah toko orange ini. Belum apa-apa sudah langsung ada orderan! Dan sampai hari ini tidak ada satu hari pun tanpa orderan. Untuk pendatang baru, platform e-commerce ini bisa sebagai batu loncatan untuk melesat tinggi,” ungkap Joseph.

Ya, brand fragrance local ini pun merasakan manfaat luar biasa. Omzet naik 10 kali lipat setelah mereka menggunakan fitur Live.

"Fitur Live membantu kami untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan brand awareness. Di sana, kami bisa menjelaskan produk-produk kami secara detail dan menjawab pertanyaan pelanggan secara langsung," ujar Joseph.

“Live itu biasanya harganya spesial sehingga menimbulkan sense of urgency kapan lagi bisa dapat harga segitu. Saya pernah nggak sampai 5 menit, dapat order lebih dari 5000 pcs,” kata Joseph yang mengaku 40 persen produknya terjual di platform ini.

Komitmen Bantu UMKM dan Brand Lokal Berkembang

Berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghadirkan berbagai fitur dan program yang bermanfaat bagi seluruh penggunanya, platform belanja online ini ingin membantu UMKM dan brand lokal berkembang dan mencapai kesuksesan.

"Kami ingin menjadi platform e-commerce yang terpercaya dan memberikan pengalaman belanja yang terbaik bagi semua orang," kata Putri Lukman, Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia.

Dikatakan Putri, inovasi mereka terbukti berhasil karena penjualan produk UMKM dan brand lokal di fitur Live meningkat 13 kali lipat dibandingkan tahun lalu. “Bahkan kini tumbuh kurang lebih ada sekitar 500 ribu UMKM baru,” tandasnya.

Lahirnya inovasi ini, lanjut Putri, pertama kali karena melihat ada segmen yang beda, niech yang berbeda. “Kami coba lahirkan konsep berbeda untuk pembeli dan penjual sehingga bisa ketemu. Ada RM (Relationship Manager) yang bantu edukasi toko bagaimana bangun bisnis agar lebih kuat di platform e-commerce ini. Untuk penjual, registrasi simpel seperti buat email, ada dokumen lengkap seperti badan usaha. Bagi pembeli, ada jaminan produk pasti 100 persen ori. Ada garansi ganti rugi 2 kali harga barang jika tidak ori. Ada program gratis ongkir spesial buat mall. Banyak fitur menguntungkan yang tidak bisa ditemui di tempat lain,” papar Putri yang merasa bangga sekali karena semua kerja keras mereka terbayar.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
JKT48 Ajak Gen-Z Cobain Era Baru Snack Keripik Kentang Nipis Pedas
img
Babak Baru Gabriel Prince di Usia 20 Tahun, Berawal Viral di TikTok Menjadi Penyanyi, Aktor, dan Pebisnis
img
Resor Bintang Lima Ini Menyatukan Para Ahli dan Komunitas untuk Mempromosikan Praktik Berkelanjutan dan Netralitas Karbon
img
657 Seniman Turut Serta dalam Pertunjukan Edukatif “Pahlawan Nusantara” yang Bertujuan Mengapresiasi Kekayaan Seni Budaya Indonesia