Yayuk Basuki, Legenda dan Pahlawan Tenis Indonesia: Dari Lapangan Tanah hingga Puncak Prestasi

Novita Sari - Minggu, 04 Agustus 2024
Yayuk Basuki saat Tennis Clinic di acara ASICS Community Slam 2024 pada Sabtu 03 Agustus di Lapangan Tenis Hotel Sultan Jakarta. Foto: Ist
Yayuk Basuki saat Tennis Clinic di acara ASICS Community Slam 2024 pada Sabtu 03 Agustus di Lapangan Tenis Hotel Sultan Jakarta. Foto: Ist
A A A

Yayuk Basuki, legenda tenis Indonesia, mengenang masa kecilnya saat memulai perjalanan di dunia tenis. "Dulu, saya latihan di tembok, dipukul sekeras mungkin. The wall is the best practice partner," ungkapnya sambil tersenyum di acara ASICS Community Slam 2024 di Lapangan Tenis Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu, 03 Agustus 2024. Ia juga menceritakan bagaimana ia terinspirasi oleh Jimmy Connors (petenis nomor satu dunia asal Amerika Serikat) saat menyaksikan pertandingan Wimbledon di TVRI dahulu.

Perkembangan tenis di Indonesia memang mengalami pasang surut. Coach Wibowo Hadisubroto, pelatih tenis profesional, mengungkapkan, "Dulu, turnamen tenis hanya ada di tiga kota besar yaitu Malang, Jakarta, dan Bandung. Pesertanya pun terbatas. Sekarang, hampir setiap bulan ada, bahkan hingga dua turnamen."

Coach Andrian Raturandang menambahkan, "Pandemi COVID-19 justru menjadi momentum bagi tenis Indonesia. Banyak orang yang mulai tertarik berolahraga tenis. Kami berupaya memperkenalkan tenis kepada masyarakat luas melalui berbagai kanal, termasuk YouTube."

Kisah-kisah dari para tokoh ini menunjukkan betapa pesatnya perkembangan tenis di Indonesia. Dari latihan sederhana di tembok hingga adanya turnamen yang lebih sering dan dukungan sponsor yang kuat, tenis Indonesia semakin menunjukkan potensinya.

Ki-ka: Coach Andrian, Yayuk Basuki, Maitri Widyakirana, dan Coach Wibowo. Foto: Ist
Ki-ka: Coach Andrian, Yayuk Basuki, Maitri Widyakirana, dan Coach Wibowo. Foto: Ist

Terus dorong kemajuan olahraga tenis di Indonesia, merek sepatu olahraga ini kembali menggelar turnamen tenis pada Sabtu, 03 Agustus 2024 bersama 32 komunitas tenis dari seluruh Indonesia. Acaranya seru banget, ada lomba, belajar tenis, dan bisa cobain sepatu tenis terbaru. Selain itu, acara ini juga buat kita jadi lebih sehat dan semangat berolahraga. Asyik banget buat yang suka tenis atau mau mulai belajar tenis.

Sota Fukushima, President Director ASICS Indonesia, menyatakan “Kami sangat senang melibatkan banyak komunitas tenis Indonesia yang telah hadir dan berpartisipasi. Hal ini sejalan dengan misi kami, Sound Mind Sound Body, yang berfokus untuk mengajak masyarakat hidup lebih sehat dan aktif berolahraga. Kami yakin acara seperti ini dapat mempromosikan gaya hidup sehat melalui olahraga tenis dan memperkuat komunitas tenis di Indonesia.”

Ajang ini memfasilitasi para pemain tenis, mulai dari kategori pemula hingga profesional untuk berkompetisi. Tak hanya itu, diharapkan akan mempererat interaksi antar komunitas, saling menginspirasi serta mendorong gaya hidup sehat masyarakat Indonesia. 

Festival akbar ini menawarkan berbagai kegiatan seru yang menarik dan edukatif. Seperti Tennis Talk Show, kemudian Tennis Clinic dengan pelatih profesional, yoga hingga menjajaki sepatu tenis terbaik di arena TRY

Foto: Novi
Menjajaki sepatu tenis terbaik di arena TRY. Foto: Novi

“Ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung perkembangan olahraga tenis di tanah air serta menyatukan beragam komunitasnya. Seluruh aktivitas ini dirancang untuk memberikan pengalaman menyeluruh dan lengkap bagi semua partisipan, baik yang mengikuti pertandingan maupun yang hadir untuk meramaikan. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk hidup lebih sehat, baik secara fisik maupun mental,” kata Sota Fukushima.

Merek sepatu ini juga terus berinovasi dalam mendukung perkembangan tenis di Indonesia, diantaranya dengan terlibat di berbagai acara tenis lokal yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelatihan dan pengetahuan mengenai tenis di Indonesia. 

Maitri Widyakirana, Marketing Lead Core Performance Sport ASICS Indonesia. Foto: Novi
Maitri Widyakirana, Marketing Lead Core Performance Sport ASICS Indonesia. Foto: Novi

Maitri Widyakirana, Marketing Lead Core Performance Sport ASICS Indonesia, mengatakan, "Melalui acara ini, kami berharap dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan olahraga tenis di Indonesia. Kami juga sangat senang dapat memperkenalkan produk-produk terbaru unggulan kami yang telah terbukti meningkatkan performa para pemain.”

Pada kesempatan ini mereka memperkenalkan koleksi Celebration of Sport yakni Solution Speed FF 3, Court FF 3 Novak, dan GEL-Resolution 9 yang dirancang untuk meningkatkan performa pemain di berbagai tipe pertandingan.

Sepatu Solution Speed FF 3 dirancang dengan solution speed untuk memberikan kecepatan dan stabilitas maksimal di lapangan karena didukung juga oleh teknologi gel resolution, cocok untuk pemain All Court yang bergerak cepat. Court FF 3 Novak, yang digunakan oleh Novak Djokovic, ideal untuk gaya bermain Best-of-Both yang menggabungkan stabilitas dan kecepatan pada pertandingan. Sementara itu, GEL-Resolution 9 fokus pada pemain Baseline yang memberikan stabilitas, kenyamanan, dan daya tahan selama pertandingan panjang. 

Event ini memperebutkan piala pada tiga kategori yakni Men’s Double, Women's Double dan yang terbaru adalah Men’s Single Open. Tahun ini juga merupakan tahun pertama diselenggarakannya turnamen Men’s Single Open. Hadir juga inisiasi Sassy Court dari Kawula Tennis, yakni sesi Tennis Clinic yang dikhususkan untuk perempuan.

Selain pertandingan kompetitif, diadakan juga beberapa aktivitas menarik lainnya seperti Mom and Kids Playdate serta Team Rumble. Festival ini berlangsung meriah dan menarik minat banyak masyarakat pecinta olahraga di Jakarta.

Perusahaan multinasional Jepang yang telah mengembangkan sepatu dan pakaian olahraga selama lebih dari 50 tahun, saat ini memiliki inisiasi "Sound Mind, Sound Body" yang telah mengadakan beragam aktivitas yang mendukung masyarakat Indonesia untuk bergerak dan lebih sehat lagi. Pada bulan Maret, mereka secara resmi meluncurkan kampanye global "Move Your Mind" yang bertujuan untuk membantu masyarakat memperkuat tubuh dan pikiran mereka melalui olahraga, mendorong lebih banyak orang untuk menikmati gaya hidup sehat.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Pertimbangan Nia Ramadhani Saat Memilih Sepatu untuk Anak, Utamakan Kualitas! 
img
Merayakan 57 Tahun dengan Koleksi Wastra Kiwari, Sentuhan Modern pada Batik Klasik
img
Koleksi Pakaian Pria dan Wanita untuk Musim Gugur/Dingin 2024
img
Trik Memilih Pewarna Rambut yang Tahan Lama, Bebas Amonia, dan Mengikuti Tren