Yuk Moms, Rangkai Core Memory Anak dengan Cara Menyenangkan

Dwi Retno - Kamis, 25 Januari 2024
Parentalk Festival Foto : Ist
Parentalk Festival Foto : Ist
A A A

Memiliki momen kebersamaan antara orang tua dan anak sangatlah penting, bukan hanya bagi orang tua tapi juga tumbuh kembang anak. Sebuah studi menemukan bahwa ibu yang belajar cara membicarakan kembali kenangan bersama keluarga dengan anak balitanya akan membesarkan remaja dengan potensi kecemasan dan depresi yang lebih kecil.

Sangat sulit untuk memprediksi apa yang akan diingat oleh anak. Memori seringkali mengejutkan kita, bahkan hal yang terasa remeh di masa lalu bisa dimaknai mendalam oleh anak dan menjadi bagian dari memori yang diingat hingga dewasa, sedangkan kadang hal yang kita rasa penting malah terlewat begitu saja dan terlupakan. Namun bukan berarti kita tidak bisa membantu anak memiliki core memory yang akan dikenang hingga dia dewasa nanti. “Kuncinya adalah perbanyak pengalaman positif pada hidup anak, karena kumpulan pengalaman ini bisa menjadi kenangan dalam memori, berperan dalam membantu anak memahami siapa dirinya, mendukung kepercayaan diri, hingga kemampuan menyelesaikan masalah,” ungkap Co-Founder Good Enough Parents & Positive Discipline Parent Educator, Damar Wijayanti.

Ditambahkan Damar, beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk menciptakan core memory bersama anak, antara lain:

  1. Membangun antusias anak terhadap suatu aktivitas, dengan menceritakan apa yang bisa mereka alami dan pelajari.
  2. Orang tua hadir sepenuhnya dan ikut menunjukkan antusiasme saat melakukan aktivitas bersama anak.
  3. Libatkan semua indera dalam aktivitas bersama. Misal, dengan memutar lagu yang disukai anak sepanjang perjalanan, atau menggunakan parfum atau aroma yang menyegarkan.
  4. Simpan memori melalui foto dan video, atau ajak anak melukis momen yang dilalui bersama orang tua.
  5. Diskusikan kembali dengan anak tentang aktivitas bersama yang dilalui.

Upaya untuk merangkai banyak memori indah bersama anak, juga dilakukan Penyanyi, Penulis Buku Belahan Jantungku, dan Parenting Enthusiast, Mom Andien Aisyah, “Buat ku dan suami, penting banget untuk punya momen-momen menyenangkan bersama Kawa dan Tabi. Gak melulu harus keluar kota. Selama aktivitas tersebut menyenangkan dan melibatkan kebersamaan kita berempat, menurutku itu bisa jadi kenangan manis yang harapannya bisa terus diingat oleh anak-anak, dan jadi modal mereka menghadapi tantangan ke depan,” ungkap Mom Andien.

Nah, untuk merangkai lebih banyak memori indah dan berkesan bersama anak-anak, Parentalk Festival kembali digelar di Cibis Park, Jakarta, dengan tema ‘Under The Sea’. Kegiatan tahunan ini digelar sebagai sarana bagi orang tua dan anak-anak untuk dapat menikmati momen kebersamaan melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Co-Founder & CEO Parentalk, Nucha Bachri, menyatakan, “Parentalk hadir sebagai medium bagi para orang tua untuk dapat bertumbuh, terus belajar dan beradaptasi dalam menjalani peran sebagai orang tua. Di tengah kesibukan yang dijalani orang tua dan anak, kami melihat urgensi untuk membangun kedekatan antara orang tua dan anak semakin besar. Parentalk Festival hadir sebagai medium bagi para orang tua dan anak untuk bisa merangkai memori indah bersama, yang harapannya dapat menjadi modal penting dalam membentuk koneksi dan pertumbuhan anak di masa depan.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Kolaborasi Internasional Perbaikan Infrastruktur dan Sanitasi untuk Keluarga Berpenghasilan Rendah di Rajeg, Tangerang
img
Edukasi Ribuan Ibu dan Anak, Gerakan Anti Ruam Kolaborasi Bersama Puskesmas di Indonesia
img
Luncurkan Kampanye ‘Bikin Seru Indonesia’ Destinasi Hiburan Keluarga Ini Beri Kejutan Spesial di Hari Pelanggan Nasional
img
Solusi Praktis Penuhi Asupan Omega 3 & 6 dalam Menu Makanan Anak-anak