Air Kotor Jadi Bersih dan Aman Dikonsumsi dengan Stasiun Pengolahan Air yang Inovatif Ini!

Dwi Retno - Jumat, 17 Mei 2024
Dilengkapi dengan sistem penyaringan empat tahap yang canggih, Vitopure S2-2G mampu mengurangi kekeruhan hingga 95 persen dan koliforma hingga 99 persen (Foto : Ist)
Dilengkapi dengan sistem penyaringan empat tahap yang canggih, Vitopure S2-2G mampu mengurangi kekeruhan hingga 95 persen dan koliforma hingga 99 persen (Foto : Ist)
A A A

Saat ini Indonesia dihadapi oleh krisis pencemaran air yang mendesak, seperti yang terungkap melalui data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Pada tahun 2021 saja, dilaporkan terjadi pencemaran air di 10.683 desa. Bahkan di Jakarta, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyoroti fakta bahwa 45 persen dari sumber air tanah telah terkontaminasi oleh bakteri berbahaya. Hal ini disebabkan oleh penambangan air tanah yang berlebihan dan aktivitas industri. Keadaan yang mengkhawatirkan ini menekankan perlunya solusi pengolahan air yang efektif.

“Salah satu tantangan yang dihadapi dalam penyediaan air bersih di Indonesia adalah kualitas air baku yang belum memenuhi standar karena pencemaran oleh limbah domestik dan industri. Oleh karena itu, diperlukan teknologi pengelolaan air yang mampu meningkatkan kualitas air,” kata Nusa Idaman Said, Peneliti Ahli Utama dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Menyadari urgensi dari situasi ini, Viessmann memperkenalkan Vitopure S2-2G, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan spesifik yang dihadapi oleh rumah tangga Indonesia. “Kami sangat antusias memperkenalkan produk ini di pasar Indonesia, sebagai manifestasi dari komitmen kami untuk menyediakan solusi air bersih dan aman. Dengan pendekatan inovatif kami, kami telah memperhitungkan berbagai faktor seperti variasi kualitas air dan kontaminan regional, untuk memastikan kinerja dan keandalan yang optimal,” ungkap Richard Chua, Head of Sales Southeast Asia, Viessmann Climate Solutions.

Menyambung bahasan terkait inovasi penyaringan air, Nusa menambahkan, “Teknologi filtrasi air beraneka ragam. Misalnya, pengendapan kimia, penyaringan konvensional seperti penggunaan pasir dan karbon aktif, lalu penyaringan dengan membran yang menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan filter air konvensional. Membran memiliki pori-pori yang sangat kecil, sehingga mampu menyaring partikel yang jauh lebih kecil pula, termasuk bakteri, virus, dan logam terlarut. Pilihan teknologinya perlu disesuaikan dengan karakteristik air yang akan diolah atau ditingkatkan kualitasnya.”

Dilengkapi dengan sistem penyaringan empat tahap yang canggih, stasiun pengolahan air ini mampu mengurangi kekeruhan hingga 95 persen dan koliforma hingga 99 persen dengan tingkat efektivitas yang bergantung pada kualitas sumber air dan laju aliran aktualnya. Sistem ini secara efektif menghilangkan kontaminan dan meningkatkan kualitas air, sehingga memberikan jaminan keamanan untuk digunakan di lingkungan rumah tangga.

“Stasiun pengolahan air ini dirancang untuk memurnikan berbagai sumber air yang menawarkan solusi komprehensif untuk tantangan air di Indonesia. Sistem ini menggabungkan konfigurasi pasir kuarsa berlapis ganda untuk menyaring dan menghilangkan partikel padat yang besar, sedimen, alga dan lumut secara efisien. Selain itu, lapisan garnet tambahan secara efektif menyaring partikel yang lebih kecil dan telur cacing, memastikan pemurnian air secara menyeluruh. Karbon aktif semakin meningkatkan kualitas air yang diolah dengan menyerap warna, bau, dan klorin," jelas Rainer Jeremiah, Product Management Specialist, PT. Aditya Sarana Graha, distributor resmi Viessmann Climate Solutions di Indonesia.

Dengan harga Rp9.900.000,-, stasiun pengolahan air ini dilengkapi dengan teknologi sinar UV, memberikan lapisan perlindungan tambahan untuk menjamin air yang bersih dan aman bagi keluarga, mengurangi kekhawatiran mengenai konsumsi air.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Galang Dana untuk Penuhi Hak Anak-anak, Pesepeda Bike To Care 2024 Lintasi Sumba Sejauh 270 Km
img
Pertama di Indonesia, Detergen Tumbuhan dengan Softener Alami Aloe Vera 
img
Rayakan Momen Idul Adha 1445 H, Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia
img
Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Perempuan lewat Supplier Diversity, Perusahaan Ini Kembali Hadirkan ANJANI