Berlangsung Sukses! Tryout SNBT dengan Isian Singkat Diikuti Hingga 70 Ribu Siswa Secara Daring

Efa Trapulina - Rabu, 06 Maret 2024
Puluhan ribu siswa melakukan tryout berbasis aplikasi daring yang dilakukan secara serentak di Indonesia (Foto: Ilustrasi/Ist)
Puluhan ribu siswa melakukan tryout berbasis aplikasi daring yang dilakukan secara serentak di Indonesia (Foto: Ilustrasi/Ist)
A A A

Lebih dari 67 ribu siswa di seluruh Indonesia telah mengikuti kegiatan tryout dengan isian singkat pertama secara gratis dalam program Mega Tryout SNBT 2024 pada 11–17 Januari silam.

Ini adalah tryout berbasis aplikasi daring yang dilakukan secara serentak dan terbesar di Indonesia yang dipersembahkan oleh Ruangguru, aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara.

Sebelumnya, pemerintah memaparkan bahwa Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2024 akan terdapat penambahan jenis soal yaitu soal isian singkat. Mega Tryout SNBT 2024 menjadi tryout pertama di Indonesia yang menggunakan soal isian singkat sesuai dengan peraturan pemerintah.

“Kami selalu menjawab tantangan yang dihadapi para pelajar. Dalam UTBK SNBT, 800 ribu siswa kelas 12 berkompetisi untuk mendapatkan sekitar 200 ribu kursi perguruan tinggi negeri. Tantangan UTBK SNBT juga ditambah dengan adanya peraturan terbaru dari pemerintah, salah satunya dengan format isian singkat. Tryout ini merupakan upaya kami membantu siswa kelas 12, untuk mengukur kesiapan dan berlatih, di mana pun mereka berada di Indonesia,” ucap Marga Anugerah selaku AVP Marketing Ruangguru.

Tryout ini juga memberikan kesempatan para siswa untuk mengikuti acara Live Pembahasan yang dilaksanakan secara gratis untuk mengulas soal-soal sulit bersama Master Teacher terbaik dari aplikasi belajar tersebut. Selain itu, peserta juga berkesempatan mendapatkan hadiah total puluhan juta rupiah untuk 100 peraih nilai tertinggi serta iPhone 15 untuk peraih nilai tertinggi. 

Lionel Ruben, asal Jawa Timur adalah pemenang juara satu dalam kegiatan Mega Tryout SNBT 2024. Menurut Ruben, soal-soal yang disajikan dalam beberapa subtes meningkat kesulitannya, serta soal yang ada sudah dibuat dengan menyesuaikan standar terkini.  

Tryout ini tentunya meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri aku dalam menghadapi SNBT mendatang. Ditambah, dengan adanya soal isian ini juga jadi membuat aku semakin memiliki gambaran terkait tes keseluruhan seperti apa. Setelah TO, kita juga dapat sesi pembahasannya, jadi kita bisa coba evaluasi materi apa yang belum dikuasai. Selain itu, waktu, jenis soal, dan bobotnya juga sudah sesuai dengan SNBT sebenarnya,” ucap Ruben.

Dalam rangka memperkuat pemahaman siswa terkait soal SNBT, siswa di seluruh Indonesia juga dapat mengikuti konseling UTBK gratis. Mereka juga masih bisa mendaftarkan diri untuk rangkaian Tryout SNBT Series Reguler maupun Premium melalui aplikasi Ruangguru.

Bagi siswa yang ketinggalan mengikuti Mega Tryout SNBT 2024, tidak perlu khawatir. Tryout Vol. 2 akan hadir kembali dengan total hadiah puluhan juta rupiah bagi peserta dengan nilai tertinggi. Bisa langsung mendsaftar mulai tanggal 7 hingga 13 Maret 2024.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!