Festival Pengendalian Lingkungan 2024: Atasi Pencemaran dan Pulihkan Lingkungan

Novita Sari - Kamis, 25 April 2024
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, membuka penyelenggaraan perdana Festival Pengendalian Lingkungan Tahun 2024. Foto: Ist
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, membuka penyelenggaraan perdana Festival Pengendalian Lingkungan Tahun 2024. Foto: Ist
A A A

Bumi kita sedang sakit, Moms! Udara kotor, air tercemar, dan hewan-hewan terancam punah. Tapi jangan khawatir, ada kabar baik, nih!

Pemerintah mengadakan Festival Pengendalian Lingkungan 2024 untuk membantu menyembuhkan Bumi kita. Festival ini digelar di Auditorium Dr. Soedjarwo Manggala Wanabakti Jakarta pada tanggal 23-24 April 2024.

Di festival tersebut kita bisa belajar cara menjaga lingkungan: Ada banyak pameran dan acara yang bisa membantu kita belajar cara menjaga lingkungan, seperti:

  • Cara menghemat air dan energi
  • Cara mengurangi sampah
  • Cara menanam pohon
  • Cara menjaga kebersihan sungai dan laut

Di acara ini kita juga bisa bertemu dengan orang-orang yang peduli lingkungan. Seperti: Petani yang menanam tanaman organik, Pengusaha yang membuat produk ramah lingkungan, dan Aktivis lingkungan yang memperjuangkan kelestarian alam.

Dalam kesempatan ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, membuka penyelenggaraan perdana Festival Pengendalian Lingkungan Tahun 2024 di Auditorium Dr. Soedjarwo Manggala Wanabakti Jakarta yang berlangsung selama dua hari yaitu 23 – 24 April 2024. 

Festival ini memiliki salah satu agenda rapat kerja teknis yang bertujuan penyelarasan kebijakan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan dan pembinaan pemerintah daerah, selain juga dimeriahkan dengan pameran dan side event.

Kegiatan Festival ini berusaha menjawab tantangan pengelolaan lingkungan hidup secara khusus yang dihadapkan dengan beberapa isu penting nasional dan internasional. Sebut saja; kontribusi pilar pelestarian lingkungan terhadap pencapaian target SDG’s dan penanganan isu triple planetary crisis yaitu perubahan iklim, polusi, dan ancaman kehilangan keanekaragaman hayati. 

Pada tahun pertama penyelenggaraan Festival Pengendalian Lingkungan, KLHK ingin merangkul dan memperkuat kolaborasi dengan masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan untuk melanjutkan upaya mengendalikan pencemaran dan memulihkan kerusakan lingkungan. Mengusung tema “Atasi Pencemaran dan Pulihkan Lingkungan”.

Pemilihan tema ini bertujuan untuk mengidentifikasi solusi konkret dan strategis yang dapat diimplementasikan untuk mengatasi pencemaran dan memulihkan lingkungan. Melalui kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, masyarakat, dan akademisi, diharapkan dapat diciptakan kebijakan, teknologi, dan praktik yang berkelanjutan untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

Dalam konteks ini, tema "Atasi Pencemaran dan Pulihkan Lingkungan" menjadi semakin mendesak sebagai fokus untuk menghadapi tantangan ini secara bersama-sama. 

Tips Jaga Bumi dan Lingkungan:

  • Bawalah botol minum sendiri untuk mengurangi sampah plastik.
  • Gunakan transportasi umum atau kendaraan ramah lingkungan.
  • Buanglah sampah pada tempatnya.
  • Ajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan.
  • Mari kita jaga bumi kita bersama-sama!
Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Cara Baru Lindungi Bisnis dari Ancaman Cyber
img
Ingin Dapat Video Call dari Ariel NOAH? Ini Caranya
img
Kelola Polis Asuransi dan Bangun Kebiasaan Hidup Lebih Baik di Satu Aplikasi
img
Solusi Penyimpanan Foto dan Video Super Cepat, Aman, dan Stylish