Kebaikan Susu, Kekuatan untuk Menang Melawan Stunting dan Gizi Buruk

Efa Trapulina - Rabu, 16 Oktober 2024
FFI menegaskan komitmennya untuk membangun kekuatan bangsa untuk menang dengan berkontribusi dalam penanggulangan masalah gizi di Indonesia (Foto: Efa)
FFI menegaskan komitmennya untuk membangun kekuatan bangsa untuk menang dengan berkontribusi dalam penanggulangan masalah gizi di Indonesia (Foto: Efa)
A A A

Moms dan Dads, tentu kita semua sepakat bahwa memberikan nutrisi terbaik untuk si kecil adalah prioritas utama. Dalam upaya mengatasi masalah serius seperti stunting, kita bisa berperan aktif dan membangun kekuatan untuk menang dalam menciptakan generasi yang sehat dan kuat.

Stunting, atau anak kerdil, adalah masalah gizi yang terjadi ketika anak tidak mendapatkan nutrisi cukup, terutama di masa pertumbuhan.

Pemerintah telah menyusun Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (Stunting) yang menargetkan penurunan angka stunting hingga 14% pada tahun 2024. Sayangnya, hasilnya masih jauh dari harapan.

Menurut Studi South East Asian Nutrition Surveys II (SEANUTS II), prevalensi stunting di perkotaan mencapai 20,6% dan di pedesaan 33,6%. Angka ini cukup memprihatinkan dan patut menjadi perhatian kita bersama.

Peran Vital Susu dalam Nutrisi

Nah, di sinilah susu berperan penting dalam memenuhi kebutuhan gizi! Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, Ahli Teknologi Pangan IPB, menjelaskan bahwa industri susu adalah kunci dalam pembangunan gizi bangsa. Dengan hadirnya pabrik susu Frisian Flag Indonesia (FFI) di Cikarang, yang baru diresmikan Juli 2024, produk susu berkualitas bisa tersedia dalam berbagai format untuk anak dan keluarga di Indonesia.

(ki-ka)
(ki-ka) Dr. Marudut Sitompul, MPS, Andrew F. Saputro, dan Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi

“Industri susu tidak hanya menjamin keamanan pangan, tetapi juga menawarkan berbagai pilihan produk dengan nilai gizi yang beragam,” ujar Prof. Purwiyatno saat ditemui dalam acara sesi diskusi kesehatan dan tur pabrik susu Cikarang, Selasa (15/10/24).

Dengan teknologi modern, produk susu tidak hanya aman, tetapi juga kaya akan nilai gizi. Ini memungkinkan masyarakat memiliki akses yang lebih luas terhadap susu yang sesuai dengan kebutuhan gizi mereka.

Dr. Marudut Sitompul, MPS, Ketua DPP PERSAGI Bidang Ilmiah, juga menyarankan agar masyarakat ikut berperan dalam meningkatkan kesehatan melalui pemenuhan gizi yang berkualitas. "Masyarakat perlu memahami pentingnya susu di setiap tahap kehidupan," kata Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta II ini.

Ya, bukan hanya anak-anak, tetapi semua anggota keluarga bisa mendapatkan manfaat dari susu.

Susu merupakan bagian penting dari pedoman gizi seimbang yang telah disusun oleh pemerintah. Ini berarti, dengan memasukkan susu dalam menu harian kita, kita membantu meningkatkan status gizi anak, perempuan, dan keluarga secara keseluruhan.

Pabrik Susu FFi di Cikarang
Media Tour Pabrik Susu Cikarang

Bagaimana bisa? Susu mengandung banyak zat gizi seperti kalsium, protein, dan vitamin yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Dr. Marudut juga menambahkan bahwa susu punya peran besar dalam membantu pemerintah menekan tiga masalah gizi utama yakni: gizi kurang, defisiensi mikronutrien, dan gizi lebih. Ini termasuk mencegah stunting pada anak. Jadi, dengan orangtua memberikan susu yang cukup, bisa membantu anak-anak tumbuh dengan sehat dan optimal.

Tak hanya untuk anak-anak, susu juga sangat penting bagi orang dewasa dan lanjut usia. Mengonsumsi susu secara rutin dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis atau kekeroposan tulang, yang prevalensinya semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Dengan kata lain, susu bisa menjadi sahabat kita sepanjang hidup!

Pabrik Susu Terbesar dan Ramah Lingkungan

Manfaat baik susu ini diteruskan dengan baik oleh Frisian Flag Indonesia dengan memenuhi permintaan susu domestik yang terus meningkat.

Dengan pabrik baru terbesar di Cikarang seluas 25.4 hektare, mereka siap memproduksi 700 juta hingga 1 miliar kilogram produk susu per tahun.

Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director FFI, mengatakan, "Kami siap menjadi mitra pemerintah dalam pemenuhan gizi masyarakat Indonesia di setiap tahap kehidupan." Ini adalah langkah konkret dari komitmen mereka untuk membantu menanggulangi masalah gizi di Indonesia seperti stunting dan kekurangan mikronutrien.

Tak hanya fokus pada produk, FFI juga peduli pada keberlanjutan. Pabrik di Cikarang menggunakan teknologi ramah lingkungan, seperti Biomass Boiler dan sistem pengelolaan air yang efisien. Dengan investasi mencapai Rp 3,8 triliun, pabrik ini akan meningkatkan kesejahteraan peternak sapi perah dengan menyerap pasokan susu segar dari belasan ribu peternak.

Ajak Keluarga Mengonsumsi Susu

Moms dan Dads, mari kita jadikan susu sebagai bagian tak terpisahkan dari pola makan keluarga. Ajak anak-anak untuk minum susu setiap hari dan pilih produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan gizi mereka. Dengan langkah kecil ini, kita tidak hanya menjaga kesehatan keluarga, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Ayo, kita ciptakan masa depan yang lebih sehat bersama!

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Dari Hobi ke Bisnis: Kisah Inspiratif Lisa Quincy, Ibu Rumah Tangga yang Jadi Kreator
img
Gandeng Rhoma Irama, Ajak Masyarakat Perangi Judi Online
img
Bunga Rendah, Kantong Tebal: Ekonomi Indonesia Semakin Cerah
img
Inisiatif Sosial Bank untuk Kesehatan Mata dan Pendidikan di Nusa Tenggara Timur