Kolaborasi Indonesia-Cina Dorong Sektor Fashion Menuju Ketinggian Baru

Novita Sari - Minggu, 25 Agustus 2024
Ki-ka: Roy Nicolas Mandey, Chairman of Aprindo dan Yi Qiang, CEO of Guangdong Qiya Exhibition Co., Ltd. Foto: Novi
Ki-ka: Roy Nicolas Mandey, Chairman of Aprindo dan Yi Qiang, CEO of Guangdong Qiya Exhibition Co., Ltd. Foto: Novi
A A A

Kerja sama erat antara Indonesia dan Cina dalam sektor fashion telah menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan. Acara kolaborasi, Asia Fashion Show 2024 yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Hall A1-A2-A3, Jakarta Pusat pada 22-24 Agustus 2024 sukses digelar. Menjadi bukti nyata komitmen kedua negara untuk meningkatkan ekspor produk fashion Indonesia.

Pameran B2B fashion terbesar dan bergengsi di Indonesia ini diikuti oleh 300 lebih exhibitors dari berbagai kategori seperti; aksesoris, garment and shoes, tas & koper, kecantikan & perawatan pribadi, serta kulit & material.

Tak hanya itu, ada 5.000 lebih profesional dan 30.000 lebih audiens internasional. Menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan!

Dalam peresmian pembukaan acara pada Kamis, 22 Agustus 2024, Roy Nicolas Mandey, Chairman of Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengatakan, Indonesia memiliki potensi besar dalam industri fashion dengan jumlah industri manufaktur mencapai 962.000 unit, yang sebagian besar berasal dari sektor tekstil, pakaian jadi, barang kulit, dan alas kaki.

“Pertumbuhan industri ini tercatat sangat signifikan, yakni naik 12% setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan bahwa industri fashion Indonesia memiliki daya saing yang tinggi di pasar global,” jelas Roy.

Sektor fashion memberikan kontribusi yang sangat besar bagi penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Dengan jumlah pekerja mencapai 1,6 juta orang, industri ini menjadi salah satu penyumbang terbesar bagi lapangan pekerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa industri fashion tidak hanya memberikan keuntungan ekonomi, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan Roy, dalam era globalisasi, adopsi teknologi menjadi kunci keberhasilan sebuah industri. “Acara kolaborasi ini menjadi wadah bagi para pelaku industri fashion untuk saling berbagi pengetahuan dan teknologi terbaru. Dengan demikian, industri fashion Indonesia dapat terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi serta mengikuti tren pasar yang berkembang,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini hadir pula membuka acara, Yi Qiang, CEO of Guangdong Qiya Exhibition Co., Ltd. “Kami sangat senang dengan adanya kerja sama ini. Dimana akan semakin merekatkan hubungan antara Indonesia dan Cina,” ucap Yi Qiang.

“Kemitraan strategis antara Indonesia dan Cina di sektor fashion ini juga dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain di kawasan Asia. Dengan adanya integrasi ekonomi yang semakin erat, kawasan Asia dapat menjadi pusat produksi fashion dunia yang lebih kuat," kata Yi Qiang.

Meningkatkan Kesejahteraan Konsumen

Perkembangan industri fashion juga berdampak positif pada kesejahteraan konsumen. Dengan semakin banyaknya pilihan produk fashion yang berkualitas dan terjangkau, konsumen dapat dengan mudah mengikuti tren fashion terkini. Hal ini juga mendorong pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor terkait, seperti pariwisata dan ritel.

Indonesia dan Cina merupakan dua negara penting di Asia dengan potensi ekonomi yang sangat besar. Kerja sama dalam sektor fashion menjadi salah satu bentuk nyata dari hubungan bilateral yang semakin erat. Melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang lebih kuat antara kedua negara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan semakin meningkatnya kesejahteraan konsumen, minat masyarakat terhadap tren fashion terbaru juga semakin tinggi. Hal ini menjadi peluang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor produk fashion ke pasar Cina yang sangat besar.

Menjadi ajang pertemuan para pelaku industri fashion dari kedua negara untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, melalui kegiatan networking yang intensif, diharapkan dapat terjalin kerja sama yang lebih erat dan saling menguntungkan.

Acara kolaborasi antara Indonesia dan Cina dalam sektor fashion ini merupakan langkah yang sangat strategis untuk meningkatkan daya saing produk fashion Indonesia di pasar global. Dengan dukungan pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat, industri fashion Indonesia dapat terus berkembang dan menjadi salah satu kekuatan ekonomi yang penting bagi negara.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Pertimbangan Nia Ramadhani Saat Memilih Sepatu untuk Anak, Utamakan Kualitas! 
img
Merayakan 57 Tahun dengan Koleksi Wastra Kiwari, Sentuhan Modern pada Batik Klasik
img
Koleksi Pakaian Pria dan Wanita untuk Musim Gugur/Dingin 2024
img
Trik Memilih Pewarna Rambut yang Tahan Lama, Bebas Amonia, dan Mengikuti Tren