Kolaborasi Kolintang dan Musik Modern: “Lantunan Perjuangan Melawan Kanker”

Novita Sari - Senin, 11 Maret 2024
Konser ini digelar dengan tujuan mendorong dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker. Foto: Dok. YKI
Konser ini digelar dengan tujuan mendorong dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker. Foto: Dok. YKI
A A A

Dalam meningkatkan kesadaran, kepedulian, dan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan kanker, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bekerjasama dengan Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia menggelar sebuah konser kolaborasi kolintang dan musik modern bertajuk “Lantunan Perjuangan Melawan Kanker” pada 2 Maret 2024 di The Ballroom Djakarta Theatre.

Konser ini digelar dengan tujuan mendorong dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker, mengingat jumlah kasus baru kanker yang tinggi di Indonesia, mencapai 396.914 kasus dan sebanyak 234.511 kematian. (laporan Global Burden of Cancer Study (Globocan) 2020).

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP mengatakan, “YKI sangat mengapresiasi PINKAN Indonesia atas inisiatifnya melaksanakan pergelaran musik kolintang yang dipadukan dengan musik modern,sambil mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kanker.”

“Tingginya kejadian kanker perlu disikapi secara serius di Indonesia, melalui peningkatan pengetahuan tentang faktor risiko dan pencegahan beragam kanker, meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melakukan deteksi dini kanker, serta partisipasi sosial dalam menyikapi kanker, para pejuang dan penyintas kanker untuk penanganan terbaik dan meminimalisir kesenjangan dalam perawatan kanker, melalui beragam cara termasuk musik,” ujar Prof. Aru Sudoyo.

Penny Marsetio, Ketua PINKAN Indonesia, mengatakan, “PINKAN merasa terpanggil untuk ikut serta dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit kanker, dan kami mempersembahkan konser ‘Lantunan Perjuangan Melawan Kanker’ yang menghadirkan kolaborasi kolintang dan alat musik modern, untuk membantu YKI agar terus dapat melanjutkan misinya meningkatkan masyarakat PEDULI kanker.”

Pada konser “Lantunan Perjuangan Melawan Kanker” tersebut, dihadiri oleh lebih dari 300 tokoh masyarakat, pegiat kesehatan dan pemerhati kanker, serta penyintas kanker. “Saya berharap bahwa lebih banyak komunitas masyarakat yang peduli terhadap kanker, sebagaimana para musisi dan insan kolintang,” tambah Prof. Aru Sudoyo.

Konser “Lantunan Perjuangan Melawan Kanker” mempersembahkan musisi Dwiki Dharmawan, dan penyanyi artis-artis kondang lawas Erni Djohan, Heppy Pretty, Ari Soemarsono, Rita Nasution, Kolonel Marlon, Senior Master Kolintang, Junior Master Kolintang, dan Ita Purnamasari.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo. Foto: Dok. YKI
Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo. Foto: Dok. YKI

Penonton dikejutkan dengan penampilan Prof Aru Sudoyo yang segera setelah memberikan sambutan langsung menyanyikan lagu “When I Fall in Love”, yang disampaikan bagi para pejuang dan penyintas kanker. Kemudian hadir persembahan Kolintang Alamandayu membawakan secara dinamis tiga lagu medley, “Manukdadali”, “Paris Perantai” dan “Sinanggartulo”.

Para hadirin sangat terpukau dengan lantunan tiga buah lagu, “Kau Selalu di Hatiku”, “Teluk Bayur”, “Mutiara yang Hilang”, yang dibawakan oleh penyanyi lawas dan kondang, Erni Djohan yang sudah 72 tahun, namun membawakannya dengan suara bulat, jernih, dan merdu.

Penyanyi lawas dan kondang, Erni Djohan. Foto: Dok. YKI
Penyanyi lawas dan kondang, Erni Djohan. Foto: Dok. YKI

Kemudian, PINKAN Indonesia menghadirkan Master Senior PINKAN dengan duah buah lagu “To Love Somebody” dan “Help Me Make It Through The Night”, dan tak terasa bahwa perpaduan kayu dalam alat seni kolintang tidak melekat dengan lagu-lagu tradisional.

Pencipta lagu dan penyanyi pria Indonesia di era 80-an, Tito Soemarsono, turut menghibur audiens dengan lagu ”Pergilah Kasih” dan “Kisah Cintaku”, yang dibawakan dengan sangat merdu dan powerful. Audiens cukup dikejutkan dengan penampilan Master Junior PINKAN yang hadir secara impresif penuh dinamika dan memukau, dengan tiga lagu medley “Turkish March”, “Bohemian Rhapsody”, dan “Winter Game”, dengan tepuk tangan yang meriah. Kemudian berkolaborasi dengan penyanyi Happy Pretty yang hadir membawa lagu dengan terompet.

Audiens dikejutkan dengan kehadiran seorang peserta yang menaiki panggung, tak lain adalah Jendral TNI Purn. AM Hendropriyono, yang mempersembahkan lagu bagi para pejuang dan penyintas kanker perempuan dengan lagu berjudul “Delilah” dan “Aries”. Sontak hadirin terpesona dengan suara yang lantang, merdu, dan memukau.

Pergelaran “Lantunan Perjuangan Melawan Kanker” ditutup dengan kehadiran Ita Purnamasari dengan dua buah lagu dinamis “Semua Jadi Satu” dan “Cintaku Padamu”, yang semua menyampaikan cita dan dukungan bagi para pejuang dan penyintas kanker.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Perayaan Akbar 20YearsContribution Memperkuat Industri Mode Indonesia
img
Tingkatkan Level Permainan Golfmu dengan Caddie Pribadi di Pergelangan Tangan
img
Melakukan Rebranding Lembaga Kursus Bahasa Inggris Ini, Perkenalkan Era Baru Pembelajaran Lebih Efektif dengan Fleksibilitas Tanpa Batas
img
Didapuk Sebagai Duta Mi Instan, Wika Salim Apresiasi Ajang Kontes Bintang untuk Cari Bakat Baru