Lakukan Hal Ini, Dijamin Anti Stres saat Anak Kembali Sekolah Setelah Libur Panjang

Novita Sari - Jumat, 07 Juni 2024
Ki-ka: MC, Ririn Basuki, Evert F. Fanggidae, Fabiola Priscilla, dan Dimas Haryo Wirawan. Foto: Novi
Ki-ka: MC, Ririn Basuki, Evert F. Fanggidae, Fabiola Priscilla, dan Dimas Haryo Wirawan. Foto: Novi
A A A

Tahun ajaran baru sebentar lagi tiba! Waktunya bagi anak-anak kembali ke sekolah dan bertemu teman-teman baru. Tapi, persiapan sekolah bisa bikin orangtua stres, ya?

Tenang, IKEA punya solusinya! Mereka punya program Back to School yang bantu para orangtua mempersiapkan segala kebutuhan anak untuk sekolah. Ada tips-tips praktis dari psikolog anak dan guru, dan juga inspirasi untuk ciptakan ruang belajar yang nyaman di rumah dari ahli interior desain.

Ya, momen menyambut tahun ajaran baru seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua, terutama untuk memulai kembali rutinitas anak, dan mengembalikan semangat sekolah mereka setelah melewati libur panjang.

Peran orangtua dalam mendukung anak menjelang hari pertama ajaran baru menjadi sangat penting, karena hal tersebut dapat memengaruhi kepercayaan diri yang akan menjadi pondasi dalam proses pembelajaran mereka di masa yang akan datang.

Berkomitmen mendampingi para orangtua dan anak dalam melakukan segala persiapan hari pertama sekolah secara maksimal, perusahaan perabot asal Swedia ini pun kembali meluncurkan program Back to School di tahun 2024 ini.

Back to School IKEA Indonesia bikin anak semangat sekolah. Foto: Ist
Back to School IKEA Indonesia bikin anak semangat sekolah. Foto: Ist

Ririn Basuki, Communications & Public Relations Manager IKEA Indonesia mengatakan, program Back to School bertujuan untuk memberikan tips dan inspirasi kepada para orangtua dalam mengembalikan semangat anak bersekolah melalui perubahan kecil yang dapat diterapkan di rumah.

“Sebagai orangtua, kita dituntut untuk bisa memahami apa yang dibutuhkan anak untuk kembali ke sekolah. Visi utama kami adalah menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, termasuk orang tua dan anak-anak. Oleh karena itu, sebagai solusi belanja serba ada untuk mempersiapkan semua kebutuhan perlengkapan kembali ke sekolah, kami menyediakan berbagai macam produk untuk menunjang aktivitas anak, seperti perabot ruang belajar, meja belajar, kursi belajar, rak buku, kotak penyimpanan, lampu belajar, alat tulis, dan perlengkapan pendukung lainnya yang dapat menumbuhkan semangat belajar anak di tahun ajaran baru ini,” urai Ririn saat konferensi pers di Mall Taman Anggrek lantai 3 Jakarta Barat, pada Kamis, 06 Juni 2024.

Kuncinya adalah Persiapkan

Tahun ajaran baru berarti teman, guru, dan ruang kelas baru. Berapa pun usia mereka, banyak anak yang khawatir untuk mulai bersekolah atau kembali ke sekolah. Wajar jika anak-anak (dan orangtua mereka) merasa cemas untuk kembali ke sekolah. Kabar baiknya adalah, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu bersiap menghadapi tahun ajaran baru.

Persiapan kembali ke sekolah, seringkali membuat orangtua lebih mudah stres karena banyaknya keperluan yang harus dipersiapkan dalam waktu singkat. Psikolog Anak, Fabiola Priscilla M.Psi menjelaskan bahwa stres pada orangtua sebelum hari pertama sekolah merupakan hal yang wajar dan dapat diatasi dengan persiapan matang. Seperti misalnya belanja kebutuhan alat sekolah bersama anak, alokasi waktu tidur anak yang cukup, menciptakan rutinitas pagi yang konsisten, serta penggunaan solusi penyimpanan untuk mengakses barang kebutuhan sekolah anak dengan lebih mudah di pagi hari. Dengan melakukan hal ini, anak dapat berangkat sekolah di hari pertama dan seterusnya dengan percaya diri.

“Melakukan berbagai macam persiapan sekolah dengan matang, dapat membantu mengajarkan keterampilan hidup yang penting pada anak seperti kemandirian, tanggung jawab, dan manajemen waktu,” ujar Fabiola.

Evert F. Fanggidae selaku Kepala Sekolah SD BPK Penabur Pondok Indah, Jakarta Selatan, juga menekankan bahwa guru memiliki peran penting dalam persiapan sekolah anak. Oleh sebab itu, guru dan orangtua harus bersinergi agar anak dapat menjalani hari pertama sekolah dengan percaya diri.

“Dukungan berupa komunikasi yang lancar antara orangtua dan guru merupakan salah satu kunci utama dalam kesuksesan anak di sekolah. Dengan memberikan informasi yang lengkap melalui buku panduan sekolah atau menyediakan forum tanya jawab melalui group chat, guru diharapkan dapat membantu mengurangi kekhawatiran orangtua dan anak dalam menjalani hari pertama sekolah,” kata Evert.

Selain di sekolah, anak juga menghabiskan sebagian besar waktunya belajar di rumah. Foto: Ist
Selain di sekolah, anak juga menghabiskan sebagian besar waktunya belajar di rumah. Foto: Ist

Tips Persiapan Sekolah:

  • Belanja bersama anak: Ajak anak memilih sendiri alat tulis dan perlengkapan sekolah lainnya. Ini akan membuat mereka lebih semangat belajar karena punya barang-barang kesukaan.
  • Tidur yang cukup: Pastikan anak tidur cukup sebelum hari pertama sekolah agar besoknya segar dan fokus. Jangan lupa atur jam tidur yang konsisten ya, Moms!
  • Buat rutinitas pagi: Ciptakan rutinitas pagi yang konsisten agar anak terbiasa bangun dan bersiap tepat waktu. Biar anak nggak bangun kesiangan dan panik, ciptakan rutinitas pagi yang seru. Bisa dengan nyanyi lagu favorit, sarapan bareng, atau main tebak-tebakan.
  • Gunakan solusi penyimpanan: Gunakan rak, kotak, dan lemari untuk menyimpan barang-barang anak dengan rapi. Ini akan membantu mereka menemukan barang yang mereka butuhkan dengan mudah.
  • Berikan semangat dan dukungan: Yang terpenting, berikan semangat dan dukungan penuh buat anak. Yakinkan mereka bahwa Moms selalu ada dan percaya pada kemampuan mereka.

Ciptakan Ruang Belajar yang Aman dan Nyaman di Rumah

Selain di sekolah, anak juga menghabiskan sebagian besar waktunya untuk belajar di rumah. Oleh karena itu, penting sekali bagi para orangtua untuk memilih perabot ruang belajar anak yang sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka.

“Masing-masing anak pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda dan tentunya harus disesuaikan dengan fase tumbuh kembang mereka. Sebagai contoh, anak yang berada di fase taman kanak-kanak cenderung suka bermain dan mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya, orangtua bisa memfasilitasi dengan perabot seperti meja kecil, papan tulis, dan perlengkapan yang bisa mereka gunakan untuk berkreasi,” saran Dimas Haryo Wirawan, Interior Design Manager IKEA Mall Taman Anggrek.

Dengan adanya upaya yang dilakukan orangtua dalam menyiapkan kebutuhan dan area belajar yang nyaman dan menyenangkan di rumah, tentunya akan membantu anak-anak lebih siap menghadapi kegiatan belajar di tahun ajaran baru dengan antusias.

Area belajar yang nyaman dan menyenangkan di rumah. Foto: Ist
Area belajar yang nyaman dan menyenangkan di rumah. Foto: Ist

Tips Ciptakan Ruang Belajar Nyaman:

  • Pilih perabot yang sesuai usia: Anak-anak yang masih kecil membutuhkan perabot yang kecil dan ringan agar mudah dipindahkan.
  • Gunakan warna-warna cerah: Warna-warna cerah dapat membantu meningkatkan semangat belajar anak.
  • Pastikan pencahayaan yang cukup: Pencahayaan yang baik, penting untuk kesehatan mata anak.
  • Sediakan tempat penyimpanan: Anak-anak membutuhkan tempat untuk menyimpan buku, alat tulis, dan barang-barang lainnya.

“Yuk Moms, mulai sekarang, bisa dibuat daftar periksa perlengkapan sekolah biar nggak ada yang ketinggalan. Kalau mepet, biasanya harga mahal atau bisa saja ukuran dan warnanya sudah habis. Biasakan anak untuk belajar mandiri sejak dini. Siapkan camilan sehat untuk bekal anak di sekolah. Ajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah. Juga libatkan anak dalam kegiatan di sekolah agar mereka merasa lebih dihargai dan dilibatkan. Ingat, ya, Moms! Yang terpenting adalah anak merasa nyaman dan senang bersekolah. Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari Moms and Dads, anak pasti bisa meraih prestasi yang gemilang,” pungkas Fabiola.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Galang Dana untuk Penuhi Hak Anak-anak, Pesepeda Bike To Care 2024 Lintasi Sumba Sejauh 270 Km
img
Pertama di Indonesia, Detergen Tumbuhan dengan Softener Alami Aloe Vera 
img
Rayakan Momen Idul Adha 1445 H, Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia
img
Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Perempuan lewat Supplier Diversity, Perusahaan Ini Kembali Hadirkan ANJANI