Mendorong UKM Indonesia “Go Ekspor” untuk Raih Kesuksesan Global

Efa Trapulina - Jumat, 13 September 2024
Untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, saatnya para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia memanfaatkan peluang ekspor (Foto: dok. Ninja Xpress)
Untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, saatnya para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia memanfaatkan peluang ekspor (Foto: dok. Ninja Xpress)
A A A

Moms dan Dads yang menjalankan UKM, yuk kembangkan sayap dengan tembus pasar internasional. Ya, menyongsong Visi Indonesia Emas 2045, saatnya para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia memanfaatkan peluang ekspor.

Ninja Xpress, salah satu pemain utama di bisnis logistik, kini hadir dengan berbagai inisiatif untuk membantu UKM menembus pasar internasional, terutama ke negara-negara Asia Tenggara.

Pada awal tahun 2024, mereka meluncurkan layanan Ninja Xpress International Deliveries untuk memudahkan UKM dalam mengekspor produknya. Melalui layanan ini, UKM bisa dengan mudah melakukan pengiriman barang ke luar negeri, khususnya ke Singapura dan Malaysia secara end to end, mulai dari pengurusan dokumen sampai dengan penyediaan fasilitas Cash-On-Delivery (COD) lintas negara.

Dengan demikian, Moms dan Dads yang menjalankan bisnis tidak perlu pusing memikirkan logistik dan bisa lebih fokus pada pengembangan produk.

Peran UKM dalam perekonomian Indonesia sangat krusial. Data terbaru menunjukkan bahwa Indonesia, meski memiliki jumlah UKM terbesar di Asia Tenggara, masih tertinggal dalam kontribusi ekspor jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Thailand. 

Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan bahwa masih ada kekurangan dalam pemahaman dan akses pelaku UKM terhadap pasar internasional.

Melihat kebutuhan ini, perusahaan pengiriman dengan ekosistem logistik tersebut berkomitmen untuk menyediakan pelatihan yang membahas cara-cara efektif dalam memasarkan produk di pasar global. 

Foto: Ist
Foto: Ist

Baru-baru ini, mereka menyelenggarakan acara pelatihan yang dihadiri lebih dari 250 UKM dari berbagai kota di Indonesia. Acara ini juga melibatkan beberapa mitra seperti Meta Indonesia dan Lincah, yang turut memberikan insight mengenai pemasaran dan potensi digital.

Dalam pelatihan tersebut, pentingnya memahami pasar internasional, kualitas produk, serta adaptasi digital menjadi sorotan utama. 

Aldo Rambie, Head of Industry Meta, menekankan teknik beriklan yang tepat untuk menarik perhatian konsumen di Asia Tenggara. 

Andi Djoewarsa, Chief of Marketing Ninja Xpress menyoroti bahwa pengaturan logistik untuk pengiriman internasional merupakan tantangan tersendiri bagi UKM. “Oleh karena itu, kami tidak hanya menyediakan layanan pendukung pengiriman lintas negara melalui International Deliveries, tetapi juga menyediakan pelatihan berkelanjutan tentang tata cara ekspor produk UKM,” katanya.  Sebagai bagian dari komitmennya, mereka membuka pintu selebar-lebarnya untuk menjalin kemitraan.

Yudha Trisna, CEO Lincah.id, mengungkapkan bahwa sebagai mitra, mereka telah menggunakan layanan International Deliveries tersebut untuk mengirimkan lebih dari 5.000 paket setiap bulan ke Malaysia dan Singapura.

Yogia Prihartiny, Kepala Bidang Kemitraan UKM dari Kementerian Koperasi dan UKM RI mengapresiasi inisiatif ini, menyatakan bahwa upaya untuk melatih dan memberdayakan UKM sangat penting. "Program ini tidak hanya mempersiapkan UKM untuk bersaing di pasar internasional, tetapi juga mendukung upaya pemerintah agar UKM tidak hanya naik kelas, tetapi juga go digital dan menembus pasar global," imbuhnya.

Jadi, Moms dan Dads, jangan ragu untuk memanfaatkan peluang ini. Dengan dukungan yang ada, Anda bisa lebih mudah menjangkau pasar internasional dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ayo, tingkatkan kemampuan lewat pelatihan dan bawa produk Anda ke pasar global!

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Nikita Willy Bagi Tips Parenting, Bonding jadi Lebih Seru!
img
Konferensi Tata Lingkungan Indonesia 2024, Bersatu Melindungi Bumi
img
Telah Teruji Klinis, Botol Susu Ini Memberikan Kenyamanan Seperti Menyusu ASI Secara Alami
img
Gerakan Perluas Peluang Kerja untuk Indonesia Emas 2045