Perayaan 100 Tahun Pendidikan Hukum Indonesia dengan Lari Sehat

Novita Sari - Sabtu, 22 Juni 2024
Justisia Half Marathon 2024 akan diadakan untuk pertama kalinya pada 17 November 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Foto: Ist
Justisia Half Marathon 2024 akan diadakan untuk pertama kalinya pada 17 November 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Foto: Ist
A A A

Buat kamu yang suka lari, ada acara seru, nih! Justisia Half Marathon 2024 akan diadakan untuk pertama kalinya pada 17 November 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Acara ini diadakan dalam rangka perayaan 100 tahun pendidikan hukum di Indonesia.

Kenapa kamu harus ikut?

  • Lebih dari sekadar lomba lari: Ajang ini bukan hanya tentang adu kecepatan, tapi juga tentang semangat kebersamaan, sportivitas, dan hidup sehat.
  • Lintasan menarik: Kamu akan berlari di jalan-jalan utama Jakarta dengan pemandangan indah dan melewati beberapa gedung instansi terkait penegakan hukum di Indonesia.
  • Kategori untuk semua: Ada tiga kategori lari yang bisa kamu pilih, yaitu 5K, 10K, dan 21K Half Marathon. Jadi, semua orang bisa ikut, baik pemula maupun pelari berpengalaman.
  • Persiapan matang: Ada program latihan selama 4 bulan (Juli-November 2024) untuk membantu kamu mempersiapkan diri sebelum race day.
  • Belajar tentang hukum: Di sepanjang periode Road to Justisia Half Marathon 2024, kamu juga akan mendapatkan edukasi tentang hukum di Indonesia dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.
  • Perlindungan lengkap: BPJS Ketenagakerjaan sebagai official sport insurance partner akan memberikan perlindungan penuh kepada peserta mulai dari pendaftaran hingga saat race day.
  • Paket menarik: Kamu akan mendapatkan Race Package yang berisi berbagai macam barang menarik.

Pendaftaran dibuka untuk umum mulai tanggal 25 Juni 2024 melalui website justisiaruncom dengan harga tiket, 5K: Rp265.000, 10K: Rp375.000, dan 21K Half Marathon: Rp590.000.

Digagas oleh Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) dan 20FIT Group selaku sport event management, acara ini mengusung semangat kebersamaan dan sportivitas dalam olahraga, mengajak masyarakat ikut mengambil langkah dalam menerapkan gaya hidup sehat, serta berperan dalam mendukung hak asasi manusia.

Pada saat konferensi pers yang digelar di Sinergi Fit powered by 20FIT bertempat di gedung Plaza BP Jamsostek, H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan pada Jumat, 21 Juni 2024, Rapin Mudiardjo, Ketua ILUNI Fakultas Hukum Universitas Indonesia mengatakan, “Dengan semakin tingginya kesadaran akan pentingnya kesehatan, lari yang populer di Indonesia menjadi lebih dari sekadar cabang olahraga. Lari kini  juga menjadi simbol untuk ambil sebuah tindakan nyata dalam mencapai personal best. Acara ini diharapkan tidak hanya jadi sebuah ajang untuk mendorong budaya hidup bugar, tetapi juga kesempatan untuk mengajak masyarakat membuka cakrawala guna memahami dan berpartisipasi dalam mendukung hak asasi manusia.”

Keunikan dari ajang kompetisi lari ini terletak pada rangkaian kegiatan yang akan digelar selama empat bulan mulai dari Juli hingga November 2024 sebagai langkah persiapan fisik bagi peserta menjelang race day pada bulan November nanti. Program latihan tersedia untuk pelari baru ataupun pelari yang sudah terbiasa mengikuti lomba lari. Salah satu kegiatan adalah rangkaian latihan strength training plan yang secara khusus difasilitasi guna menciptakan pengalaman berlari yang semakin optimal, aman, nyaman, dan dapat menyelesaikan lomba sesuai dengan target waktu peserta.

Selain itu, ILUNI FHUI juga akan memberikan edukasi kepada para peserta dengan berbagi pengetahuan hukum di Indonesia yang dikemas secara digital, interaktif, dan ringan. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk upaya untuk mendorong masyarakat Indonesia, khususnya para penggemar lari, untuk bergabung dalam sebuah komunitas suportif untuk mencapai personal best, sekaligus mengenal lebih jauh hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang taat hukum.

Marina Dewi Salim, World Major Marathon Runner juga menjelaskan, “Persiapan kompetisi lari harus diisi dengan berbagai tipe latihan yang secara rutin dijalankan. Tidak hanya latihan lari untuk mengatur pernapasan, tetapi juga melengkapi rangkaian latihan seperti fisik, pernapasan, dan strength conditioning untuk mempertahankan stamina tubuh selama berlari. Sama seperti cabang olahraga lainnya, lari tidak hanya mengandalkan kemampuan fisik namun juga mental, sehingga pastikan untuk selalu beristirahat dengan cukup dan memantau asupan gizi.”

Fasilitas proteksi pun datang dari BPJS Ketenagakerjaan selaku official sport insurance partner yang mengusung manfaat berupa perlindungan penuh kepada peserta. Dengan komitmen mengedepankan keselamatan dan keamanan peserta saat race day BPJS akan menyediakan 24 unit ambulans di rute saat race day, penyedia tenaga medis saat race day, dan koordinator dengan pihak rumah sakit rujukan di sekitar rute JHM 2024.

“Kami undang para penggemar lari di Indonesia untuk berpartisipasi bersama-sama menerapkan gaya hidup aktif, sekaligus merayakan satu abad pendidikan hukum di Indonesia dengan membuka wawasan untuk mengenal ragam hukum di tanah air, demi keadilan dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik lagi,” ajak Rapin.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Seru-seruan di Explore Wonderland Bersama si Kecil, Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Periode Emasnya 
img
Lidah Dunia Puji Kelezatannya, Mi Instan Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi
img
Rahasia Dapur Terbongkar! Demo Masak Inspiratif Bareng Chef Nicky Tirta Bersama Dua Komunitas Ibu dan Gadis
img
Kembali Digelar, Bandung – Lembang Bakal Jadi Saksi 308 Pelari Perjuangkan Hak Anak di Run To Care 2024