Rekreasi Sambil Kenalkan Dunia Otomotif dan Literasi Finansial pada Anak Sejak Usia Dini

Novita Sari - Sabtu, 17 Februari 2024
Upaya kenalkan otomotif dan finansial sejak dini, IIMS 2024 hadirkan taman bermain anak. Foto: Ist
Upaya kenalkan otomotif dan finansial sejak dini, IIMS 2024 hadirkan taman bermain anak. Foto: Ist
A A A

Sejalan dengan tren otomotif yang terus berkembang, generasi pemula seyogyanya diperkenalkan sejak dini ke dunia otomotif. Motif edukasi tersebut dibungkus hiburan dengan menggandeng para ahli di dunia pendidikan anak usia dini agar anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan.

Dengan motif tersebut, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 menghadirkan taman bermain anak sebagai ajang rekreasi keluarga, sekaligus memperkenalkan dunia otomotif dan literasi finansial kepada anak sejak usia dini.

“Di masa kini, kendaraan merupakan salah satu alat bantu penting yang memudahkan pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Berkendara menjadi hal yang sangat umum dilakukan, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak,” kata Anggun Domastri, Marketing Communications Manager KidZania Jakarta.

“Memperkenalkan literasi otomotif merupakan salah satu hal yang perlu diketahui anak-anak sejak usia dini. Anak-anak dapat mempelajari hal-hal baru, seperti mengenal komponen pada sebuah kendaraan, fungsi dari komponen kendaraan, bagaimana cara komponen pada sebuah kendaraan bekerja, serta mengetahui bagaimana cara melakukan perawatan kendaraan dengan baik dan benar,” ucapnya lagi.

Selain literasi otomotif, hal lainnya yang perlu diketahui anak-anak adalah pentingnya tertib berlalu lintas. Mendidik anak-anak untuk tertib berlalu lintas akan membentuk anak-anak tersebut menjadi manusia yang bertanggung jawab dan disiplin.

Salah satu caranya, melalui aktivitas simulasi mengemudi. Anak-anak dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan sebelum berkendara, seperti mengetahui arti dari rambu-rambu lalu lintas dan melakukan simulasi mengemudi untuk mendapatkan SIM. Melalui aktivitas tersebut, anak-anak akan memahami betapa pentingnya berkendara dengan aman dan nyaman, tidak hanya untuk keselamatan diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

“Proses pembelajaran yang menyenangkan akan memberikan daya tarik tersendiri bagi anak-anak terhadap dunia otomotif. Salah satunya dengan aktivitas pengenalan terhadap literasi otomotif dan simulasi mengemudi. Melalui pengalaman pembelajaran tersebut, generasi penerus tidak hanya menyukai dunia otomotif, namun juga meletakkan dasar-dasar keselamatan dengan tertib berlalu lintas,” tambah Anggun.

Seperti diketahui, pada event yang berlangsung sejak 15 - 25 Februari 2024 ini, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, official bank partner salah satu event otomotif terbesar di Indonesia tersebut, menggandeng KidZania untuk memberikan pengalaman edutainment bagi pengunjung usia dini di booth Danamon.

Dengan kehadiran booth tersebut, pameran otomotif 2024 menjadi event ramah anak, karena memiliki area bermain anak, sekaligus sebagai ajang memperkenalkan anak-anak ke dunia otomotif dan literasi berlalu lintas secara menyenangkan. Keluarga yang berkunjung tidak perlu cemas anak-anaknya akan bosan mengunjungi event tersebut.

Selain pengunjung keluarga beserta anak-anaknya, mereka juga mengundang sejumlah sekolah untuk melakukan booth tour. Tour yang melibatkan anak-anak dari usia TK hingga Sekolah Dasar dengan usia maksimal 4 - 12 tahun tersebut juga menjadi kesempatan mengedukasi anak-anak terkait literasi otomotif, tertib berlalu lintas, dan literasi keuangan.

“Kami belajar bahwa berdasarkan pengalaman menjadi official bank partner ajang ini selama dua tahun terakhir, pengunjung tidak terbatas hanya pada pecinta otomotif maupun orang-orang yang sedang mencari kendaraan, tetapi juga mereka yang datang untuk rekreasi dengan keluarganya. Bagi mereka yang ingin membawa buah hati, kami menyediakan area bermain anak di booth kami sebagai sarana belajar mengenai literasi finansial, otomotif, dan lalu lintas. Kami percaya bahwa literasi harus diajarkan kepada anak sedini mungkin dengan tetap menggunakan cara yang menyenangkan agar anak dapat memahaminya dengan tepat,” tutur Ivan Jaya, Consumer Funding & Wealth Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!