Telah Dibuka! Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak Outdoor Pertama di Indonesia

Efa Trapulina - Minggu, 23 Juni 2024
Sunny Kids, pusat terapi dan tumbuh kembang anak outdoor pertama di Indonesia resmi dibuka di Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Foto: dok. Sunny Kids)
Sunny Kids, pusat terapi dan tumbuh kembang anak outdoor pertama di Indonesia resmi dibuka di Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Foto: dok. Sunny Kids)
A A A

Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak Outdoor pertama di Indonesia, Sunny Kids, yang berlokasi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat telah resmi dibuka pada Sabtu, 22 Juni 2024.

Sebagai pusat terapi dan tumbuh kembang anak, khususnya bagi anak-anak dengan Autistic Spectrum Disorder (ASD) dan kebutuhan khusus lainnya, tempat ini menerapkan konsep terapi sensori integrasi outdoor.  Menawarkan pula ruang transformasi yang dirancang khusus untuk menjadi tempat di mana anak-anak dapat merasa nyaman, bersenang-senang, belajar  dan berkembang secara optimal. 

ASD atau Gangguan Spektrum Autisme adalah kondisi tumbuh kembang yang menyulitkan individu untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial. Anak-anak dengan ASD memerlukan perhatian khusus dari orangtua mereka, dan penting untuk memahami cara pendampingan yang tepat agar dapat mendukung perkembangan dan membantu mereka menjadi lebih mandiri dalam beraktivitas. 

Andy M. Saladin, Direktur Utama Sunny Kids mengatakan, “Kami sangat bangga menjadi Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang yang menggunakan metode luar ruang atau outdoor yang pertama di Indonesia. Dengan melakukan kegiatan di luar ruang maka begitu banyak hal yang didapatkan. Mulai dari mengurangi waktu bermain dengan gadget, lebih berkeringat karena dilakukan di outdoor dan anak pun merasa seperti bermain padahal sebenarnya sedang melakukan terapi.”

Kegiatan terapi di Sunny Kid Pusat
Kegiatan terapi di Sunny Kid Pusat

Andy menjelaskan, banyak anak dengan autisme mengalami sensitivitas berlebihan terhadap rangsangan sensorik. Mereka mungkin merasa terganggu oleh suara keras, cahaya terang, atau tekstur tertentu.

“Terapi sensori integrasi dapat membantu anak-anak ini untuk belajar mengatasi dan mengurangi sensitivitas berlebihan mereka melalui rangsangan sensorik yang menantang. Dengan melakukan terapi yang konsisten, anak dapat menjadi lebih toleran terhadap rangsangan yang sebelumnya mengganggu,” imbuhnya.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa terapi sensori integrasi memiliki dampak positif pada anak-anak dengan gangguan spektrum autisme (ASD). Salah satu studi yang diterbitkan di Journal of Autism and Developmental Disorders melaporkan peningkatan signifikan dalam pemrosesan sensorik, interaksi sosial, dan perilaku adaptif pada anak-anak dengan ASD yang menjalani terapi sensori integrasi. Terapi ini membantu meningkatkan keterampilan fungsional sehari-hari​ (Nature)​​ (Autism Speaks)​.

Dalam praktiknya, Sunny Kids menggunakan pendekatan inovatif untuk tumbuh kembang yang holistik, mulai dari Terapi Sensori Integrasi, Terapi Wicara, hingga Terapi Perilaku. Terapi Sensori Integrasi membantu anak-anak dalam mengatur dan merespons sensasi dengan lebih baik, sementara Terapi Wicara fokus pada pengembangan kemampuan berbicaral pada anak dan Terapi Perilaku bertujuan agar anak dapat mengembangkan kemampuan sosial dan komunikasinya. 

Christina Onasis, Direktur Operasional Sunny Kids menambahkan, “Dengan tim terapis bersertifikat dan berpengalaman serta staf yang berdedikasi untuk menciptakan ruang yang aman dan inklusif, kami berkomitmen untuk mendampingi anak-anak mencapai potensi penuh mereka dan memberikan momen-momen kebahagiaan bersama keluarga.”

Selain lokasi di Cempaka Putih yang juga merupakan kantor pusat, pusat terapi ini juga sudah beroperasi di beberapa wilayah seperti di Bogor, Depok, Tangerang (Bintaro dan Alam Sutera), Cibubur, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan Medan.

Untuk informasi lebih lanjut, Moms dan Dads bisa langsung mengunjungi akun Instagram dan website mereka.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Dukung SDM Siap Kerja, Siswa dan Guru SMK di Bandung Peroleh Pelatihan Skill dan Alat Praktik
img
Inilah Kenapa Kulit Newborn Perlu Dirawat!
img
Hadirkan 52 Praktisi dan 60 Kelas, Wellness Festival Ini Perkuat Kesadaran Kesehatan Fisik & Mental
img
Membangun Masa Depan ASEAN yang Berkelanjutan: Kontribusi dan Kerjasama Jepang