Tren Properti 2024: Ada Kabar Baik dan Perlu Waspada

Novita Sari - Jumat, 01 Maret 2024
JLL Indonesia gelar Media Briefing Jakarta Property Market Update dan Indonesia Hotels Market Update pada kuartal 4 tahun 2023. Foto: Novi
JLL Indonesia gelar Media Briefing Jakarta Property Market Update dan Indonesia Hotels Market Update pada kuartal 4 tahun 2023. Foto: Novi
A A A

Bertempat di kantornya di IDX Building, Tower 2, Lantai 22, Jl. Jend Sudirman Kav 52-53, Jakarta, JLL Indonesia, perusahaan real estat komersial dan manajemen investasi terkemuka di dunia, merek dan logo terdaftar dari Jones Lang LaSalle Incorporated pada Rabu, 28 Februari 2024 menggelar Media Briefing Jakarta Property Market Update dan Indonesia Hotels Market Update pada kuartal 4 tahun 2023.

Untuk diketahui, tahun 2024 akan menjadi tahun yang penuh peluang dan tantangan bagi industri properti. Pelaku pasar perlu beradaptasi dengan tren yang berkembang dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing.

Ada peluang dan tantangan di dunia properti. Peluangnya apa saja sih?

  • Perkantoran: Masih banyak yang cari ruang kantor baru, tapi lebih pilih yang baru dan berkualitas.
  • Pusat perbelanjaan: Tetap stabil, dengan banyak merek baru masuk. Harga sewa untuk yang menengah ke atas naik 3%.
  • Rumah tapak: Masih stabil dan banyak diminati. Pengembang banyak meluncurkan produk baru, termasuk di Bogor dan Tangerang.
  • Pergudangan: Permintaan tinggi, terutama di Bekasi dan Cikarang. Pengembang perlu beradaptasi agar menarik penyewa.
  • Hotel: Investasi hotel di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara!
  • Gaya hidup dan hiburan: Meningkat, banyak pengembang meluncurkan produk komersial baru.

Tapi, perlu hati-hati juga:

  • Perkantoran: Harga sewa masih tertekan.
  • Kondominium: Penjualan turun karena pembeli masih wait-and-see.
  • Persaingan: Semakin ketat di semua sektor.
  • Tips untuk pembeli properti:
  • Tetap waspada: Perhatikan situasi ekonomi dan pasar.
  • Pilih yang berkualitas: Cari properti yang baru, berkualitas, dan memiliki lokasi strategis.
  • Bandingkan harga: Cari penawaran terbaik dan pertimbangkan skema pembayaran yang mudah.
  • Kesimpulan: Tahun 2024 ada peluang bagus di dunia properti, tapi perlu tetap berhati-hati dan teliti sebelum membeli.

Yunus Karim selaku Head of Research mengatakan, tahun 2023 diakhiri dengan tingkat hunian perkantoran yang masih tergolong stabil, yaitu di angka 70% untuk Kawasan CBD dan 71% untuk Kawasan Non-CBD.

"Melanjutkan tema dan tren pada sebelumnya, permintaan yang relatif masih terbatas dan perpindahan tenant menuju gedung yang lebih baru dengan kualitas yang lebih baik, masih banyak ditemukan pada 2023. Tingkat hunian untuk pusat perbelanjaan relatif stabil di angka 88% mengingat tidak ada pengembangan baru pusat perbelanjaan di Jakarta," jelasnya. 

Menurutnya, tahun 2023 menjadi tahun dimana beberapa merek internasional baru cukup aktif di berbagai sektor, termasuk makanan, minuman, kecantikan, dan fast fashion. 

"Harga sewa pusat perbelanjaan menengah keatas juga masih mengalami pertumbuhan yang baik sebesar 3% pada tahun 2023. Pasar kondominium mengalami penurunan penjualan pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya dikarenakan peluncuran proyek baru yang lebih sedikit, hanya dua proyek, dan sebagian besar pembeli yang masih melakukan wait-and-see. Di tahun 2024, meskipun secara umum aktivitas masih terbatas, namun diperkirakan pengembang masih melihat peluang untuk meluncurkan produk mereka dengan penuh pertimbangan," paparnya.

Ditambahkan Angela Wibawa, Head of Office Leasing Advisory, sepanjang tahun 2023, mereka mengamati pencarian ruang perkantoran masih terus aktif, terutama di gedung-gedung yang lebih baru dan memiliki kualitas yang lebih baik di Kawasan CBD. 

Sementara Vivin Harsanto selaku Head of Advisory mengungkap, sektor rumah tapak bertahan menjadi sektor yang stabil memiliki performa positif, terindikasi dari para pengembang yang terus meluncurkan produk-produk baru, juga kawasan perumahan skala besar baru di Bogor dan Tangerang.

Hadir secara online, Julien Naouri - Senior Vice President, Investment Sales Asia, JLL Hotels & Hospitality Group yang mengatakan bahwa Indonesia mencatatkan volume investasi hotel tertinggi di Asia Tenggara pada tahun 2023 berkat kepercayaan investor terhadap fondasi sektor yang kuat, minat, dan momentum yang berkelanjutan di tahun 2024.

Adapun untuk sektor pergudangan, Farazia Basarah, Country Head and Head of Logistics & Industrial menyebut, dengan adanya dua penyelesaian proyek baru di Cikarang dan Depok, kini total pasokan pergudangan modern di Jabodetabek hampir mencapai 2,7 juta meter persegi.

Perekonomian Indonesia telah menunjukkan ketahanan dalam pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 dengan tingkat investasi asing yang menunjukkan pertumbuhan dibanding tahun sebelumnya yang didominasi oleh sektor manufaktur, dinilai optimis akan tetap stabil pada tahun 2024.

Minat investor terhadap Indonesia, tidak hanya Jakarta tetapi juga luar kota, terus meningkat didukung oleh pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas di dalam negeri. Permintaan juga terlihat pada sektor properti, dengan gudang modem, lahan industri, dan rumah tapak menjadi sektor yang paling diminati pada triwulan keempat.

Sementara itu, sektor terkait gaya hidup dan hiburan juga meningkat, terlihat dari keaktifan pengembang yang bermitra meluncurkan produk-produk komersial baru dan bertambahnya tenant hiburan.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!