Trik Bikin Rumah Lebih Tertata dan Nyaman saat Ramadan dan Lebaran

Novita Sari - Jumat, 22 Maret 2024
Ki-ka: Rima (MC), Ririn Basuki (Communications & PR Manager IKEA Indonesia), Windy Cornelia (Sales Lead), Eresabeat Julia (Communications & Interior Design Manager), dan Shuliya Ratanavara (National Marketing Manager LaSalle College Indonesia)
Ki-ka: Rima (MC), Ririn Basuki (Communications & PR Manager IKEA Indonesia), Windy Cornelia (Sales Lead), Eresabeat Julia (Communications & Interior Design Manager), dan Shuliya Ratanavara (National Marketing Manager LaSalle College Indonesia)
A A A

Tak terasa, ya, Moms, bulan Ramadan sudah memasuki sepuluh hari kedua. Dan tentunya semakin dekat pula Idul Fitri tiba. Momen Ramadan dan Lebaran menjadi momen istimewa karena Moms dan keluarga jadi punya banyak waktu berkumpul bersama di rumah. Tentu kebersihan dan kenyamanan rumah, menjadi salah satu perhatian.

“Ramadan dan Lebaran menjadi saat untuk temu keluarga dan teman. Sebagai ‘one-stop shopping solution’ kami berikan inspirasi dan solusi untuk segala aktivitas yakni dengan menyediakan perlengkapan penting untuk berbuka, sahur, hingga mudik. Kami hadirkan dua program menarik yaitu koleksi khusus dan Ramadan shop,” ujar Ririn Basuki, PR & Communications Manager IKEA Indonesia saat sesi konferensi pers di Sentul City, Kamis, 21 Maret 2024.

Namun terkadang, bingung juga, ya, bagaimana caranya agar rumah terlihat lebih tertata dan nyaman. Nah, sebagai toko perabot rumah berdesain baik, fungsional, dan memperhatikan keberlanjutan jangka panjang, mereka memberikan beberapa tips, nih, Moms:

1. Minimalis untuk Merapikan Ruangan

Mulai dengan menerapkan konsep minimalis di ruangan ramai seperti ruang keluarga atau ruang makan. Gunakan perabotan fungsional dengan solusi penyimpanan terintegrasi agar area tetap rapi.

Eresabeat Julia, Communications & Interior Design Manager, menyarankan, karena area rumah itu luas sehingga tidak mungkin untuk menata semua ruangan, maka perhatikan dua area yaitu ruang keluarga dan ruang makan. “Jika makanan di display atau makan secara buffet alias tidak makan di meja. Disarankan untuk menggunakan meja yang bisa ditarik dan dipanjangkan sehingga ketika ada acara, display makanan bisa lebih banyak,” ucap Julia. “Ruang makan biasanya menyatu dengan ruang keluarga. Nah, untuk lantainya bisa menggunakan ekstra karpet. Small changer tapi big effect,” tandas Julia.

Perabotan fungsional dengan penyimpanan terintegrasi. Foto: Novi
Perabotan fungsional dengan penyimpanan terintegrasi. Foto: Novi

2. Peralatan Pembersih Efektif

Gunakan produk-produk peralatan kebersihan seperti sikat pembersih, karet pembersih kaca, dan sapu serbaguna untuk memudahkan proses pembersihan. Moms bisa membelinya secara online maupun offline.

3. Kamar Mandi Rapi dan Bersih

Jaga kamar mandi tetap bersih dan rapi dengan produk peralatan mandi dan penyimpanan kamar mandi. Gunakan rak atau organizer untuk menyimpan peralatan mandi dan pilih peralatan mandi minimalis yang mudah dibersihkan.

4. Percantik Ruang Keluarga dengan Koleksi Khusus

Lengkapi ruang keluarga dengan dekorasi dan pernak-pernik dari koleksi GOKVÄLLÅ. “Koleksi aksesoris dan perabot bertema Ramadan. Koleksi ini menggabungkan desain Arab dan Skandinavia, menghadirkan sentuhan modern tanpa menghilangkan konsep etnik Timur Tengah. Dominasi warna biru dan orange, ada peralatan makan, dekorasi rumah, dan lain sebagainya,” terang Windy Cornelia selaku Sales Lead.

5. Penataan Ruang Makan yang Nyaman dan Fleksibel

Siapkan tempat duduk yang memadai di area ruang makan untuk berbuka puasa dan sahur bersama keluarga. Gunakan meja makan dengan fitur daun meja yang dapat diperluas, sehingga Moms bisa menyesuaikannya dengan jumlah tamu.

Corak, warna, dan pola koleksi yang indah dan memukau. Foto: Novi
Corak, warna, dan pola koleksi yang indah dan memukau. Foto: Novi

6. Kenakan Pakaian Terbaik di Hari Raya

Berkolaborasi dengan LaSalle College Jakarta, dihadirkan trunk show "Maharani" sebagai inspirasi pakaian yang dapat dikenakan saat Idul Fitri. Koleksi ini menampilkan corak, warna, dan pola koleksi Ramadan yang indah dan memukau. “Kami sangat mengapresiasi kolaborasi ini. Sebagai talenta muda, baik dari jurusan Fashion Design maupun Interior Design, kami juga senang dengan kesempatan yang diberikan. Sebagai dua brand internasional, bisa turut mengembangkan dan memberikan sorotan kepada aset budaya serta artisan lokal di Indonesia. Semoga bisa memberikan inspirasi kepada publik, tidak hanya untuk gaya berbusana, tetapi juga terhadap bentuk inovasi kreatif yang menjadi napas kita berdua,” kata Shuliya Ratanavara, National Marketing Manager LaSalle College Indonesia.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Wisata Selam Welora, The Forgotten Island di Ujung Maluku Barat Daya
img
Mau Healing Sekaligus Jalin Bonding? Main Golf dalam Ruang Saja!
img
Surabaya Jadi Destinasi Wisata Paling Terjangkau di Indonesia
img
Pilihan Tepat Outfit Hari Raya Pria untuk Gaya Klasik yang Tetap Relevan dan Berkelas