Wah, Asyik! Tukar Bekas Kemasan Kosmetik, Dapat Poin Buat Belanja

Novita Sari - Selasa, 23 April 2024
Cosmetic Reverse Vending Machine, untuk membantu pengurangan sampah plastik kemasan, khususnya sampah kemasan kosmetik di Indonesia. Foto: Novi
Cosmetic Reverse Vending Machine, untuk membantu pengurangan sampah plastik kemasan, khususnya sampah kemasan kosmetik di Indonesia. Foto: Novi
A A A

Nggak bisa dilewatkan, nih! Ya, kapan lagi sampah bisa jadi uang? Iya nggak, Moms? Ditambah lagi, kita pun jadi bisa turut andil dalam mengurangi sampah plastik dan menjaga kelestarian Bumi untuk anak cucu nanti.

Asal tahu saja, Moms! Data terbaru dari Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) mencatat Indonesia sebagai negara penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia. Setiap tahun, sebanyak 3,2 juta ton sampah plastik tidak terkelola dengan baik. Lebih buruk lagi, sebanyak 1,29 juta ton dari sampah itu harus berakhir begitu saja di perairan laut. Sementara, industri kosmetik Indonesia mengalami peningkatan yang fenomenal selama beberapa tahun terakhir. Menurut data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, pertumbuhan jumlah industri kosmetik di Indonesia yang mencapai 21,9%, yakni dari 913 perusahaan di tahun 2022 menjadi 1.010 perusahaan pada pertengahan 2023. Lebih lanjut, penjualan produk personal care dan kosmetik mengalami peningkatan pesat dalam beberapa tahun terakhir ini di tengah masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Potensi market size secara nasional pada tahun 2023 bisa mencapai 467.919 produk atau meningkat lebih dari 10 kali lipat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

ERHA Group menyadari, meningkatnya tren pemakaian kosmetik beberapa tahun belakangan ini juga berdampak terhadap peningkatan sampah plastik di Indonesia.

Sebagai bentuk implementasi prinsip bisnis berkelanjutan dalam kerangka ESG (Environment, Social, and Governance), klinik kecantikan ini pun menerapkan salah satu pilar ESG yaitu Environment atau pelestarian lingkungan melalui program Start to Change yang sudah mulai berjalan sejak tahun 2022 lalu. 

Dermabeauty clinic pertama di Indonesia yang hadirkan mesin daur ulang plastik. Foto: Novi
Dermabeauty clinic pertama di Indonesia yang hadirkan mesin daur ulang plastik. Foto: Novi

Dari program tersebut, mereka menjadi dermabeauty clinic pertama di Indonesia yang menghadirkan inovasi dengan meluncurkan Cosmetic Reverse Vending Machine, untuk membantu pengurangan sampah plastik kemasan, khususnya sampah kemasan kosmetik di Indonesia.

Pertumbuhan penduduk, kebutuhan masyarakat yang meningkat, gaya hidup, upaya pengurangan sampah plastik yang belum maksimal, serta kurangnya kesadaran dari berbagai pihak, merupakan sebab-sebab terjadinya penumpukan sampah plastik di Indonesia. 

Oemar Saputra, Head of Corporate Affairs Arya Noble menjelaskan, ”Ini adalah langkah preventif dari kami sebelum kondisi dan permasalahan akibat penumpukan sampah plastik semakin berkepanjangan dan mengkhawatirkan. Kita memulai program ini tahun 2022 yang lalu, sebagai bentuk kesadaran dan wujud komitmen dalam mengurangi limbah sampah plastik. Program ini telah berhasil mengumpulkan 623.521 kemasan kosmetik bekas pakai dan telah mengelola sebanyak 16 ton kemasan kosmetik bekas pakai produk kami serta mengajak 37.735 customer untuk berpartisipasi dalam program ini.” 

Tak hanya itu, melalui program pengelolaan produk kemasan bekas pakai ini, bersama Nara Kreatif, berhasil memberikan beasiswa terhadap 25 anak tidak mampu di Jakarta.  

Tas dengan 100 persen berbahan botol plastik. Foto: Novi
Tas dengan 100 persen berbahan botol plastik. Foto: Novi

Untuk meningkatkan upaya pengelolaan limbah sampah plastik dengan lebih baik lagi, bertepatan dengan Hari Bumi yang diselenggarakan pada Senin tanggal 22 April 2024 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, berkolaborasi bersama Plasticpay diluncurkanlah inovasi Cosmetic Reverse Vending Machine pertama di Indonesia, untuk mempermudah konsumen berpartisipasi dalam mengurangi sampah plastik kosmetik merek apapun, dengan melakukan pengembalian kemasan kosmetik bekas pakai secara praktis dan bermanfaat. Praktis karena mesin ini menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pengembalian kemasan kosmetik bekas pakai yang akan mengenali berbagai bentuk kemasan yang dikembalikan. Bermanfaat karena jumlah kemasan kosmetik bekas pakai yang dikembalikan, secara otomatis akan langsung dikonversi kedalam bentuk reward points yang bisa dimanfaatkan kembali oleh konsumen untuk berbelanja kosmetik di erhastore.

Seluruh kemasan kosmetik bekas pakai yang terkumpul, secara rutin akan dikelola untuk di daur ulang kembali oleh Plasticpay bekerjasama dengan mitra UMKM binaan, menjadi berbagai produk, salah satunya adalah tas dengan 100 persen berbahan botol plastik. Sehingga hasilnya dapat dijual kembali dan menjadi bagian dari perputaran ekonomi antara pelaku usaha, pengguna produk, dan sampah plastik yang bisa kembali menjadi modal usaha. Keren, kan, Moms!

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Cara Baru Lindungi Bisnis dari Ancaman Cyber
img
Ingin Dapat Video Call dari Ariel NOAH? Ini Caranya
img
Kelola Polis Asuransi dan Bangun Kebiasaan Hidup Lebih Baik di Satu Aplikasi
img
Solusi Penyimpanan Foto dan Video Super Cepat, Aman, dan Stylish