Yuk, Jadi Generasi Maju yang Bebas Anemia!

Novita Sari - Selasa, 13 Februari 2024
Susu pertumbuhan diketahui sebagai minuman protein hewani yang padat gizi dan diperlukan terutama di masa tumbuh kembang. Foto: Ist
Susu pertumbuhan diketahui sebagai minuman protein hewani yang padat gizi dan diperlukan terutama di masa tumbuh kembang. Foto: Ist
A A A

Kids, kamu tahu apa itu anemia? Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Sel darah merah ini penting banget, lho, karena mereka bertugas mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Dan ternyata, anemia merupakan masalah kesehatan serius yang dihadapi masyarakat dunia, terutama pada anak-anak. Indonesia pun masih menduduki posisi ke-4 sebagai negara dengan jumlah anemia tertinggi di Asia Tenggara. Bahkan, 1 dari 3 anak berusia di bawah 5 tahun di Indonesia, mengalami anemia.

Apa, sih, bahayanya anemia? Anemia bisa menghambat tumbuh kembangmu, kamu jadi mudah lelah dan pucat, sulit berkonsentrasi dan belajar. Parahnya, anemia juga bisa menurunkan kecerdasan! Duh, serem, ya!

Tapi, tenang. Anemia bisa dicegah, kok. Caranya adalah dengan makan makanan yang kaya akan zat besi. Contohnya, daging merah, hati, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Ditambah dengan minum jus jeruk atau makan buah yang kaya vitamin C karena vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik.

Pastikan juga untuk minum air putih yang cukup, jaga kebersihan diri dan lingkungan, dan jika menunjukkan gejala anemia seperti mudah lelah, pucat, atau sulit berkonsentrasi, segera periksakan ke dokter, ya!

dr. Ulul Albab, Sp.OG., Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengatakan, dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, bisa ditambah dengan sumber nutrisi yang difortifikasi, seperti susu pertumbuhan yang tinggi Zat Besi dan dikombinasikan dengan Vitamin C.

“Sebab, susu pertumbuhan diketahui sebagai minuman protein hewani yang padat gizi dan diperlukan terutama di masa tumbuh kembang. Sehingga, susu pertumbuhan yang terfortifikasi tinggi Zat Besi yang dikombinasikan dengan Vitamin C juga dapat bermanfaat untuk pencegahan anemia,” pungkasnya.

Latest Update
Explore more fun