Anggrek Macan

Seruni Damayanti - Selasa, 23 Januari 2024
Foto Ist
Foto Ist
A A A

Mengapa Dinamai Macan?

Jika diperhatikan, anggrek ini punya warna dan corak yang mirip dengan bulu macan, ya, Kids? Benar-benar nama yang sangat serasi! Nama ilmiah bunga ini adalah Grammatophyllum speciosum.

Ternyata, nama dari bunga unik ini bukan hanya Anggrek Macan. Ada yang menyebutnya Anggrek Tebu dan Anggrek Raksasa. Dinamai Anggrek Tebu karena anggrek ini batang dan kerimbunan pohonnya mirip dengan tanaman tebu. Sedangkan nama Anggrek Raksasa karena anggrek ini lebar dan tinggi pohonnya dapat mencapai 3-4 meter!

Asal Anggrek Macan

Kita bisa menemukan bunga unik ini di wilayah Asia Tenggara (Indonesia, Thailand, Laos, Myanmar, Vietnam, Malaysia, dan Papua Nugini). Anggrek ini tumbuh di hutan hujan tropis.

Tanaman yang Dilindungi

Di Indonesia, Anggrek ini lebih dikenal dengan nama Anggrek Tebu dan terdapat di Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, serta Papua. Tapi, sayang sekali Anggrek ini sudah sulit ditemukan karena kerusakan habitat dan karena itu masuk dalam daftar tanaman yang dilindungi.

Keunikan Anggrek Macan

Anggrek Macan bisa hidup menumpang di pohon (bersifat epifit, yaitu tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lain). Anggrek Macan juga bisa tumbuh di tanah (bersifat terestrial) dan di bebatuan (bersifat litofit).

Anggrek Macan juga bisa digunakan sebagai obat penyembuh luka.

Latest Update
Explore more fun