Antelop Saiga

Seruni Damayanti - Kamis, 13 Juni 2024
Foto Ist
Foto Ist
A A A

Kids, hewan cantik  yang memiliki nama ilmiah Saiga tatarica adalah seekor antelop. Apa itu antelop? Antelop termasuk dalam keluarga Bovidae, yaitu hewan berkuku belah dan pemamah biak. Selain antelop, hewan yang temasuk Bovidae adalah domba, kambing, kerbau, bison, muskox, dan rusa.

Tempat Tinggal Antelop Saiga

Hewan unik ini bisa ditemui di Rusia, Mongolia, Kazakhstan, dan Uzbekistan. Antelop Saiga tinggal di daerah stepa (padang rumput semi gurun) dan gurun semi kering.

Hidung Unik Antelop Saiga

Di antara jenis antelop yang ada, Antelop Saiga adalah antelop yang paling istimewa, karena memiliki bentuk hidung yang unik. Hidung Antelop Saiga yang besar ini ternyata sangat menguntungkan, Kids! Hidung besar ini memiliki struktur dalam yang berfungsi mirip dengan penyaring. Jika musim panas tiba, hidung Antelop Saiga akan menyaring debu-debu. Di musim dingin, hidung ini akan menghangatkan udara luar yang beku, sehingga Antelop Saiga mudah bernapas.

Hewan yang Dilindungi

Sayang sekali, jumlah Antelop Saiga sudah menjadi sedikit karena kehilangan tempat tinggal, dan diburu. Untung saja ada usaha konservasi yang berhasil menjaga hewan unik ini. Nah, ayo kita membantu melestarikan mereka, ya, Kids!

Latest Update
Explore more fun