Asal Mula Sepatu

Novita Sari - Jumat, 16 Februari 2024
Foto: Ilustrasi/Ist
Foto: Ilustrasi/Ist
A A A

Kebanyakan orang, termasuk kamu tentunya pernah menggunakan sepatu. Sepatu biasanya kita gunakan ketika akan pergi ke suatu tempat atau beraktivitas. Selain berfungsi untuk melindungi kaki, sepatu juga membuat penampilan kita menjadi lebih rapi dan enak dipandang. Tapi, tahukah kamu, sejak kapan manusia menggunakan sepatu?

Para ahli sejarah memperkirakan bahwa sepatu pertama kali dibuat pada zaman es atau sekitar puluhan juta tahun lalu. Sepatu tersebut dibuat dari kulit hewan. Selain dari kulit hewan, ada juga sepatu yang terbuat dari rumput atau semak. Gunanya, untuk melindungi kaki dari teriknya sinar matahari atau dinginnya suhu.

Seiring bertambahnya waktu, manusia terus menyempurnakan bentuk sepatu. Lantas, bagaimana sejarah perkembangan sepatu dari masa ke masa? Adalah Jan Ernst Matzelinger, pekerja pabrik sepatu di Amerika Serikat menemukan mesin pembuat sepatu pada tahun 1882. Sepatu beralaskan sol karet pertama dibuat dan dinamakan plimsolls.

Lalu tahun 1892 Goodyear dan perusahaan sepatu karet dari US Rubber Company, memulai memproduksi sepatu karet dan kanvas yang diberi nama Keds. Dan sepatu terus mengalami perkembangan model. Bahkan, sekarang ada model wedges bagi kalangan kaum perempuan.

Di samping itu, sepatu-sepatu yang menawarkan kenyamanan bagi para pemakainya, mulai menjadi pilihan banyak orang. Orang tak perlu lagi repot membuat atau memesan sepatu pada tukang sepatu. Perkembangan pengetahuan yang begitu pesat menyentuh pula pada bidang pembuatan sepatu. Proses rancang merancang dilakukan dengan bantuan komputer. Dan sinar laser untuk memotong bahan dengan cepat dan tepat.

Latest Update
Explore more fun