Ayo, Bermain di Taman Baru!

Novita Sari - Rabu, 20 Maret 2024
Bermain di luar ruangan, baik untuk kesehatan fisik dan mental. Kamu bisa menghirup udara segar, berolahraga, dan bersosialisasi dengan teman-teman. Foto: Ist
Bermain di luar ruangan, baik untuk kesehatan fisik dan mental. Kamu bisa menghirup udara segar, berolahraga, dan bersosialisasi dengan teman-teman. Foto: Ist
A A A

Tahukah kamu, banyak anak-anak sekarang lebih suka bermain dengan gadget daripada di luar ruangan? Hal ini sebenarnya tidak baik, lho, untuk kesehatan dan perkembangan.

Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 menyebutkan bahwa, hampir semua anak usia dini sudah menggunakan gadget sebesar 33,44%. KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) juga mengungkapkan bahwa banyak anak yang telah mengalami ketergantungan terhadap internet dan gadget.

Perum Perumnas melalui program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) turut menanggapi adanya fenomena ini melalui pembangunan dan penyediaan taman bermain bagi anak-anak. Salah satu program pembangunan taman bermain ini telah diterapkan di perumahan Samesta Dramaga Bogor. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi tingkat ketergantungan anak-anak usia dini terhadap internet dan penggunaan gadget secara berlebihan di kawasan tersebut.

Mereka turut mendukung kepedulian atas fenomena tersebut melalui program pembangunan taman bermain, sebagai bentuk komitmen korporasi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Program ini telah dilaksanakan  sejak 2018 hingga sekarang telah mencapai 12 lokasi pembangunan taman bermain.

Program pembangunan taman bermain ini juga berkaitan dengan peningkatan tutup lahan yang belum dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan keanekaragaman hayati yang akan memberikan peningkatan edukasi terhadap lingkungan.

Pembangunan taman bermain baru ini untuk membantu agar kalian:

  • Mengurangi bermain gadget: Di taman ini, kamu bisa bermain berbagai permainan seru dan menyenangkan, seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit.
  • Beraktivitas di luar ruangan: Bermain di luar ruangan, baik untuk kesehatan fisik dan mental. Kamu bisa menghirup udara segar, berolahraga, dan bersosialisasi dengan teman-teman.
  • Mengembangkan keterampilan sosial: Di taman bermain, kamu pun bisa belajar berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama, dan berkomunikasi.

Taman bermain ini diharapkan dapat membantu kalian tumbuh dan berkembang dengan sehat dan bahagia. Orangtua juga bisa mengajak anak-anak mereka bermain di taman ini untuk menghabiskan waktu bersama dan bersenang-senang.

Latest Update
Explore more fun