Belajar Menanam Buah dengan Metode Tabulampot

Dwi Retno - Senin, 19 Februari 2024
Foto : dok. Kebun Raya Bogor
Foto : dok. Kebun Raya Bogor
A A A

Pernah mendengar kata tabulampot, Kids? Ya! Tabulampot adalah proses penanaman tanaman buah di dalam pot. Metode tabulampot sudah dikenal sejak tahun 1970-an menjadi solusi budidaya menanam dengan lahan terbatas terutama di daerah perkotaan. Seiring, berjalannya waktu, metode ini semakin berkembang baik variasi jenis tanamannya hingga penerapan teknologi, serta estetika tabulampot itu sendiri.

Kalian bisa belajar cara penanaman tersebut di kebun raya, lho Kids. Sebagai pusat konservasi, memiliki lima pilar utama, yaitu konservasi, wisata alam, jasa lingkungan, penelitian, dan edukasi. Dalam menjalankan pilar edukasinya, kebun raya menyelenggarakan kelas edukasi dengan lebih dari 20 kelas latihan berkebun, salah satunya adalah Kelas Edukasi Tabulampot. Kelas ini secara khusus membahas penanaman tanaman buah dalam pot yang menjadi bagian integral dari upaya pelestarian alam dan edukasi lingkungan.

Kelas Edukasi Tabulampot memiliki tujuan utama memberikan pendidikan kepada generasi muda mengenai kepentingan alam dan ekosistem, sekaligus membangun kesadaran lingkungan. Kelas ini terbuka untuk peserta sekolah dasar dari tingkat TK hingga SMA, mengakomodasi berbagai tingkatan usia. Dengan demikian, kelas ini bukan hanya sebagai sarana pembelajaran, tetapi juga sebagai wadah bagi peserta untuk memahami dan mengapresiasi hubungan yang erat antara manusia dan lingkungan alam sekitarnya.

General Manager Humas Kebun Raya Bogor, Bapak Zaenal Arifin mengatakan banyak sekali manfaat yang didapat oleh siswa untuk belajar tabulampot. Selain perawatannya yang mudah, tabulampot juga bisa dibudidayakan sebagai penghias rumah, pekarangan, maupuan taman di halaman rumah. Selain itu juga tanaman yang ditanam di dalam pot membuat lingkungan nampak menjadi lebih rapih, bisa dijadikan sebagai penyegar ruangan pula. Untuk tahapan selanjutnya bahkan tabulampot bisa menjadi ladang usaha yang menghasilkan buah-buahan segar yang bisa dijual.

Kalian akan dibimbing oleh ahli tanaman mengenai berbagai aspek terkait tabulampot, termasuk jenis tanaman yang cocok, cara menanam, dan tips perawatan yang disesuaikan dengan jenis tanamannya. Lebih dari sekadar memberikan pengetahuan, para pembimbing akan memandu peserta dalam praktik langsung sehingga menciptakan pengalaman lengkap dalam Kelas Edukasi Tabulampot. Dengan demikian, peserta tidak hanya akan memperoleh pengetahuan, tetapi juga keterampilan praktis untuk menanam dan merawat tanaman buah dalam pot secara efektif.

Tanaman tabulampot yang dihadirkan dalam kelas ini mencakup berbagai jenis, seperti mangga, jeruk nipis, dan jambu air. Setelah menyelesaikan kelas, kalian memiliki kesempatan membawa pulang tanaman tabulampot yang telah kalian tanam sendiri. Seru kan Kids! Tertarik mengikuti kelasnya?

Latest Update
Explore more fun