Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan Salurkan 50.000 Paket Buka Puasa Gratis di 24 Kota di Indonesia

Efa Trapulina - Senin, 18 Maret 2024
Penyerahan simbolis 50.000 paket buka puasa gratis ke 24 kota oleh Unilever Indonesia melalui Royco dan Bango yang disalurkan melalui BAZNAS pada Jumat (15/3/24) di Masjid Istiqlal, Jakarta
Penyerahan simbolis 50.000 paket buka puasa gratis ke 24 kota oleh Unilever Indonesia melalui Royco dan Bango yang disalurkan melalui BAZNAS pada Jumat (15/3/24) di Masjid Istiqlal, Jakarta
A A A

Pada Jumat (15/3/24), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Unilever Indonesia melalui brand Bango dan Royco menggelar acara Buka Puasa Akbar untuk para jamaah dan mustahik di Masjid Istiqlal, Jakarta. Ada lebih dari 5.000 orang hadir.

Kegiatan ini merupakan awal dari kelanjutan kerja sama antara kedua belah pihak yang kali ini hadir melalui program “Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan”, berupa pendistribusian 50.000 paket puasa gratis ke 24 kota di Indonesia.

“Bersama BAZNAS, kami akan menyalurkan total 50.000 paket buka puasa gratis ke 24 kota, yaitu Jakarta, Banjarmasin, Bojonegoro, Bone, Cirebon, Jombang, Kendari, Lampung, Madiun, Makassar, Malang, Medan, Padang, Palangkaraya, Pamekasan, Pekanbaru, Ponorogo, Purwokerto, Solo, Surabaya, Tasikmalaya, Tuban, Tulungagung, dan Yogyakarta. Tak hanya itu, di masing-masing kota kami juga akan menyebarluaskan edukasi mengenai pentingnya mengonsumsi makanan yang Halalan Thayyiban, khususnya di bulan Ramadan,” ucap Direktur Nutrition Unilever Indonesia, Amaryllis Esti Wijono.

Diuraikan oleh H. Rizaludin Kurniawan, S.Ag, M.Si. CFRM., Pimpinan BAZNAS RI Bidang, pihaknya kembali menggandeng brand kecap dan bumbu masak tersebut sebagai mitra untuk melaksanakan program sosial yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan.

Tabligh Akbar dan Buka Puasa Bersama
Tabligh Akbar dan Buka Puasa Bersama

Sebelumnya di awal tahun 2024, mereka juga bekerja sama dengan membagikan 10.000 paket sembako kepada kaum duafa. Dan kali ini, kolaborasi kembali dilanjutkan dengan menyalurkan paket buka puasa gratis yang lezat bernutrisi sesuai dengan pedoman ”Isi Piringku”.

Berbagi kebaikan atau bersedekah kepada mereka yang membutuhkan menjadi bentuk amalan yang mulia dan dianjurkan. Dari semua bentuk sedekah, makanan yang bernutrisi seimbang adalah salah satu yang diutamakan karena dapat membantu orang lain menjalankan kewajiban berpuasanya dalam kondisi yang sehat dan kuat.

Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar, MA selaku Imam Besar Masjid Istiqlal mengatakan bahwa saat berbagi pada sesama di bulan Ramadan, makanan yang diberikan sepatutnya adalah yang Halalan Thayyiban.

“Halal artinya memenuhi semua persyaratan kehalalan, mulai dari bahan makanan yang digunakan hingga cara pengolahannya; sedangkan Thayyib adalah yang memberikan manfaat bagi tubuh. Untuk berbuka puasa, makanan yang Thayyib adalah yang bergizi seimbang. Selain itu, kelezatannya pun perlu diperhatikan agar dapat menyempurnakan nikmat dan rasa syukur saat berbuka. Akhirnya, dengan terpenuhinya aspek Halal maupun Thayyib, Insya Allah sedekah dalam bentuk makanan ini akan mendatangkan banyak kebaikan bagi mereka yang mengonsumsinya,” katanya.

Selama bulan Ramadhan program kerja sama ini akan menjangkau para mustahik yang terdiri dari kaum duafa, yatim piatu, hingga para santri dan santri putri di pesantren. Paket buka puasa yang diberikan mencakup menu lezat bergizi seimbang sesuai pedoman “Isi Piringku”, di antaranya menu ayam goreng dan semur telur.

Sebelum acara Buka Puasa Akbar, ribuan jamaah Masjid Istiqlal di hari tersebut juga mengikuti Tabligh Akbar yang menghadirkan pendakwah ternama, Habib Husein bin Ja'far Al Hadar, S.Fil.I., M.Ag atau yang dikenal dengan sapaan Habib Ja’far. Beliau menyampaikan pesan inspiratif mengenai keutamaan berbagi di bulan Ramadhan, khususnya melalui makanan yang Halalan Thayyiban.

Ke depannya, pembagian paket buka puasa gratis akan dilakukan secara bertahap di 23 kota lainnya. Selain itu, dalam kerja sama ini masyarakat juga diajak untuk ikut berbagi kebaikan melalui pembelian 25.000 Paket Ramadhan Bahagia yang akan didonasikan bagi yatim piatu dan duafa. 

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!