Bermain Bulu Tangkis dan Jadi Juara di Masa Depan Melalui Festival

Novita Sari - Selasa, 12 Maret 2024
Festival Senengminton 2024 diikuti 360 siswa dari 20 SD di Kota Kudus, Jawa Tengah. Foto: Ist
Festival Senengminton 2024 diikuti 360 siswa dari 20 SD di Kota Kudus, Jawa Tengah. Foto: Ist
A A A

Bulu tangkis adalah salah satu olahraga favorit di Indonesia. Banyak pemain hebat Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Nah, untuk mengenalkan bulu tangkis kepada anak-anak, maka diadakanlah Festival Senengminton 2024! Acara ini diadakan di GOR Djarum, Kudus, Jawa Tengah, dan diikuti oleh 360 siswa dari 20 SD di Kota Kudus.

Tujuan festival ini adalah untuk mengenalkan bulu tangkis kepada anak-anak, mencari talenta-talenta muda bulu tangkis, dan mengajak anak-anak untuk hidup sehat dan aktif. Dengan bermain bulu tangkis, kesehatan fisik kamu akan meningkat, melatih konsentrasi dan koordinasi, menumbuhkan semangat serta sportivitas, dan juga menjadi sarana bersosialisasi dan berteman. Dengan mengikuti festival ini, siapa tahu kamu bisa menjadi pemain bulu tangkis hebat di masa depan, lho!

Kolaborasi Aice, PBSI Kudus, dan Djarum Foundation. Foto: Ist
Kolaborasi Aice, PBSI Kudus, dan Djarum Foundation. Foto: Ist

Dalam upaya mengenalkan dan memasyarakatkan olahraga bulu tangkis di kalangan siswa sekolah dasar, Aice mendukung penyelenggaraan kegiatan Festival yang diinisiasi oleh Pengurus Kabupaten PBSI Kudus bekerja sama dengan Bakti Olahraga Djarum Foundation dan PB Djarum Foundation.

Senior Brand Manager sekaligus juru bicara Aice Group, Sylvana Zhong mengungkapkan, “Salah satu kunci dari perkembangan olahraga tentunya mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Sejalan dengan komitmen kami untuk menciptakan kebahagiaan melalui produk yang kami hadirkan, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat terutama dalam mendukung acara dan inisiatif olahraga. Sebagai bagian dari misi untuk mendorong gaya hidup sehat dan aktif di kalangan generasi muda, kami berharap bahwa dukungan kami bisa mendorong hadirnya talenta-talenta muda bulu tangkis yang siap mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.”

Olahraga bulu tangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang telah membawa banyak prestasi dan telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Tercatat di sepanjang tahun 2023 tim nasional bulu tangkis Indonesia berhasil membawa beberapa penghargaan bergengsi, diantaranya di tunggal putra, Indonesia berhasil menjuarai beberapa perlombaan, antara lain Indonesia Masters, Hong Kong Open, dan French Open. Selain itu, Indonesia berhasil menyabet gelar juara umum di ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Ketua Umum Pengkab PBSI Kudus, Yuni Kartika, menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu inisiatif yang dilakukan untuk mendukung hadirnya talenta-talenta muda bulu tangkis Indonesia. Inisiasi kegiatan ini dimulai sejak Juni tahun lalu dengan menggelar sesi coaching clinic bagi para guru SD. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membuka ekstrakurikuler bulu tangkis di sekolah-sekolah dan mengenalkan olahraga ini kepada siswa SD.

Menurut Ibu Yuni, "Kudus adalah salah satu kota yang melahirkan banyak pahlawan bulu tangkis. Kami berharap dengan kegiatan seperti ini, tidak hanya mengenalkan bulu tangkis kepada siswa, tetapi juga melahirkan juara-juara baru dari kota ini."

Setiap SD diwakili satu regu berisikan tiga personil. Foto: Ist
Setiap SD diwakili satu regu berisikan tiga personil. Foto: Ist

Dalam Festival ini, para peserta mengikuti enam jenis lomba, termasuk Service to Target, Throwing the Shuttlecock, Juggling Shuttlecock, Drive Target, Netting Target Between Ropes, dan Shuttle Run Zig Zag. Pada setiap uji ketangkasan itu, setiap SD diwakili oleh satu regu berisikan tiga personil yang harus terdiri dari laki-laki dan perempuan. Para pemenang setiap lomba berhak membawa pulang piala, piagam, dan hadiah. 

Bapak Budi Darmawan, perwakilan dari Bakti Olahraga Djarum Foundation, menyambut baik diselenggarakannya festival ini. Menurutnya, kegiatan ini menjadi pemicu lahirnya talenta-talenta baru di arena bulu tangkis pada masa mendatang, dan kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan untuk diadakan secara reguler sehingga akan menambah antusiasme masyarakat dalam menikmati olahraga bulu tangkis. 

Penyelenggaraan festival ini juga disambut positif oleh pihak sekolah dan juga para peserta. Ibu Farida Hikmawati, seorang guru dari salah satu sekolah peserta, menekankan pentingnya kegiatan olahraga seperti di Festival ini dalam mengajarkan siswa untuk aktif bergerak dan berinteraksi secara positif. Kegiatan ini dapat menjadi salah satu sarana bagi siswa untuk bergerak aktif dan berolahraga, serta dapat menumbuhkan semangat dan antusiasme mereka dalam berolahraga bulu tangkis. Sementara, Ignatia Sophie Puella Marcia Nurhadiprayitno dan Kenzie Rasyid Prayogo sebagai peserta, merasa senang dan antusias mengikuti kegiatan tersebut bersama teman-teman mereka.

Festival ini diharapkan dapat berkelanjutan untuk terus memotivasi dan menginspirasi siswa dalam mengembangkan minat dan bakat mereka dalam olahraga bulu tangkis.

Latest Update
Explore more fun