Bersinar di Panggung, Louise Monique Sukses Hidupkan Sosok Roekiah, Diva Indonesia di Era 1930-an

Efa Trapulina - Senin, 29 Januari 2024
Selama 60 menit, Louise Monique berhasil menghidupkan sosok Roekiah yang terkenal di era 1930-an (Foto: dok. Galeri Indonesia Kaya)
Selama 60 menit, Louise Monique berhasil menghidupkan sosok Roekiah yang terkenal di era 1930-an (Foto: dok. Galeri Indonesia Kaya)
A A A

Tepuk tangan panjang dari seluruh penonton riuh terdengar ketika Louise Monique mengakhiri monolog-nya dalam pertunjukan teater bertajuk “Kenang-Kenangan Roekiah” di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Jakarta, Sabtu (27/01/24) pukul 15.00 WIB.

Selama 60 menit, wanita cantik yang merupakan biduan dari sebuah grup musik 1950-an bernama Deredia, berhasil menghipnotis penikmat seni dengan dialog monolog-nya. Tak hanya berdialog sendiri maupun berakting, ia juga menyanyikan lagu-lagu lawas yang pernah dipopulerkan oleh Roekiah seperti Sampai Hati, Bunga Mawar, Pulau Moetaroe dan beberapa karya lainnya.

Untuk Moms dan Dads ketahui, Roekiah adalah perempuan pertama di Indonesia yang berhasil meraih kesuksesan di dunia musik dan perfilman. Ia sudah memulai karirnya sejak kecil di bidang tarik suara dan sandiwara dengan mengikuti pementasan-pementasan orangtuanya.

Dilanjutkan dengan bergabungnya ia di “Opera Palestina di Batavia” hingga akhirnya bernyanyi bersama orkes Lief Java, sebuah orkes yang terkenal di Batavia pada masa itu, dimana Ismail Marzuki memulai karier bermusiknya.

kenang-kenangan Roekiah

Selain membawakan lagu-lagu Roekiah, pertunjukan yang ditulis dan disutradarai oleh Chriskevin Adefrid dengan berlatarkan ruang rias Roekiah ini juga menceritakan secara singkat sejarah kehidupan dan perjuangan Roekiah yang tak hanya terkenal sebagai musisi, tetapi juga aktris yang membintangi beberapa film tenar pada masanya.

Dikenal dengan suaranya yang lembut dan penuh penghayatan, Roekiah menjadi bintang panggung yang dicintai masyarakat saat itu. Tahun 1937 menjadi awal dari kesuksesannya di dunia film. Nama dan wajahnya semakin dikenal masyarakat berkat meledaknya film “Terang Boelan”, dimana Roekiah mendapatkan peran utama di film ini.

Memperkenalkan biografi singkat Roekiah di atas panggung, Louise Monique tampil sangat apik. Suaranya yang merdu dan lembut berhasil membuai penikmat seni. Belum lagi dialog-dialog yang ia ucapkan sendiri tanpa lawan main namun dibawakan dengan lancar dan penuh penghayatan, membuat sosok “Roekiah” yang ia bawakan seakan-akan hidup di zaman sekarang.

“Ini bukan kali pertama saya memerankan dan menyanyikan lagu-lagu yang pernah dipopulerkan oleh Roekiah, setelah sebelumnya saya memerankan Miss Roekiah dalam Serial Musikal Payung Fantasi yang dipersembahkan oleh Indonesia Kaya. Kembali memerankan sosok Roekiah merupakan sebuah pengalaman yang amat berkesan, karena selain dapat menghibur para penikmat seni, saya dapat “menggaungkan” kembali nama serta karya penting dari sejarah kesenian Indonesia,” ujar Louise Monique.

Renitasari Adrian, Program Director Galeri Indonesia Kaya mengungkapkan,  “Melalui karya-karyanya Miss Roekiah berhasil menginspirasi banyak perempuan Indonesia dari masa ke masa. Selain menghibur, kami harap pertunjukan di Galeri Indonesia Kaya hari ini dapat mengenalkan dan menambah wawasan para penikmat seni yang didominasi oleh generasi muda.”

Galeri Indonesia Kaya sendiri secara rutin menggelar pertunjukan teater setiap akhir pekan. Untuk merespons antusiasme penikmat seni yang tinggi, sejak awal tahun 2024 ini, jadwal pementasan akan menjadi 2 sesi yakni pukul 15.00 dan 19.00 WIB.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Usung Semangat Cinta Budaya Lokal, Program Beauty Journey untuk Perempuan Muda Ini Kembali Hadir
img
Berawal dari Keresahan Tak Bisa Tampil Cantik saat Hamil, Ini Kisah Inspiratif Perempuan Pengusaha di Hari Kartini
img
Naskah Berusia Berabad-abad dari Zaman Majapahit Dipamerkan, Di Bhinneka Tunggal Ika Lontar Exhibition
img
Liburan Usai, Ini 4 Ide Aktivitas Seru untuk Kembalikan Semangat Moms!