Caño Cristales

Seruni Damayanti - Jumat, 09 Februari 2024
Foto Ist
Foto Ist
A A A

Kids, apa yang kalian bayangkan kalau mendengar kata sungai? Mungkin yang ada di bayangan kalian adalah air yang kecokelatan atau jernih? Nah, sungai yang akan kita bahas ini punya air yang berwarna-warni, Kids!

Letak Caño Cristales

Sungai Caño Cristales terdapat di Kolombia, Amerika Selatan. Sungai ini terletak di Taman Nasional La Macarena, di daerah pegunungan Serranía de la Macarena, yang ada di provinsi Meta.

Penamaan yang Indah

Sungai ini dikenal dengan julukan ‘Liquid Rainbow’ (pelangi cair) dan ‘the River of five colours’ (sungai lima warna). Memang ada bermacam-macam warna di Sungai Caño Cristales, Kids! Yaitu warna merah, kuning, hitam, hijau, dan ungu/biru.

Penyebab Warna-warni di Caño Cristales

Banyak yang mengira warna-warni  di sungai ini disebabkan oleh lumut, tapi ternyata bukan. Warna beragam di Sungai Caño Cristales disebabkan oleh tanaman air  yang bernama

Macarenia clavigera. Jika keadaan air di sungai dan cahaya matahari tidak tepat, maka tanaman ini tidak bisa memunculkan warna yang beragam. Karena hal inilah warna-warni di Sungai Caño Cristales tidak muncul setiap hari. Warna beragam di sungai ini hanya bisa dilihat di bulan Juni sampai Desember.

Peraturan Khusus

Kids, hanya 200 orang yang boleh mengunjungi Sungai Caño Cristales setiap harinya. Dan penggunaan tabir surya serta obat anti serangga  yang mengandung bahan kimia  juga dilarang. Hal ini adalah usaha untuk melindungi kelestarian Macarenia clavigera. Nah, pastikan kalian taat pada peraturan ini, ya, jika berkunjung ke sana!

Latest Update
Explore more fun