Cara Menjadi Jurnalis Cilik

Novita Sari - Selasa, 23 Januari 2024
Yang terpenting adalah kesukaan kamu terhadap dunia jurnalistik. Foto: Ist
Yang terpenting adalah kesukaan kamu terhadap dunia jurnalistik. Foto: Ist
A A A

Kids, apa kamu suka mem-posting kejadian apapun di media sosial? Kalau begitu, kamu bisa disebut jurnalis atau wartawan cilik.

Sekarang teknologi makin canggih. Apapun yang sedang terjadi di sekitar kita, bisa langsung disebarkan ke orang lain dengan cara di-posting di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube). Dalam hitungan detik, teman-teman kita atau bahkan orang lain, bisa melihatnya di media sosial tersebut.

Apa Itu Citizen Journalism?

Nah, kalau kamu memang suka begitu, berarti kamu telah melakukan pekerjaan seorang jurnalis atau wartawan. Perlu kamu ketahui, jurnalis adalah seseorang yang pekerjaannya melaporkan berita ke media massa, berupa televisi, radio, majalah, surat kabar, tabloid, dan internet. Sejak media sosial populer dalam beberapa tahun terakhir ini, berita pun bisa disebarkan melalui media sosial, Kids. Jadi, sebenarnya orang-orang yang aktif di media sosial (biasa disebut netizen), adalah jurnalis juga. Mereka disebut citizen journalism atau jurnalisme warga.

Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Jurnalis

Sebenarnya tak ada keahlian khusus yang dibutuhkan untuk menjadi seorang jurnalis. Yang terpenting adalah kesukaan kamu terhadap dunia jurnalistik. Ditambah lagi dengan keinginan kamu untuk terus belajar. Jadi, kalau kamu belum bisa menulis dengan baik dan benar, tenang saja, Kids. Biasanya di setiap perusahaan media cetak dan internet, akan ada pelatihan menulis bagi calon jurnalis. Sedangkan di perusahaan televisi dan radio, bakal ada pelatihan tentang tata cara melaporkan berita di depan kamera atau mikrofon. So, apakah kamu siap melaporkan berita?

Macam-Macam Jurnalis

Sebelum kamu bercita-cita menjadi seorang jurnalis, ayo kenali beberapa macam jurnalis berikut ini;

Jurnalis Televisi

Kalau kamu suka menonton televisi, kamu pasti suka lihat seorang jurnalis di depan kamera yang melaporkan berita. Mereka melaporkan berita dan mengabarkannya melalui kamera. Lalu disiarkan di televisi, deh.

Jurnalis Foto

Kamu suka memotret, Kids? Kalau suka, mungkin kamu bisa menjadi jurnalis foto saat dewasa nanti. Hasil fotonya akan disebarluaskan melalui media cetak (koran, majalah, tabloid) dan internet.

Jurnalis Cetak

Jurnalis ini cocok buat kamu yang hobi menulis. Jadi, kamu diwajibkan menulis berita yang nantinya akan dicetak di media berupa koran, majalah, atau tabloid.

Jurnalis Internet

Sebenarnya hampir sama dengan jurnalis cetak. Tapi, hasil penulisan beritanya tidak dalam bentuk media cetak. Melainkan di alamat situs internet.

Jurnalis Radio

Nah, kalau jurnalis radio, hasil pelaporan berita akan disebarluaskan melalui siaran radio. Kita hanya bisa mendengarkan suara si jurnalis saat melaporkan berita tersebut.

Latest Update
Explore more fun