Cerita Alif Barra Pratama tentang Momen Spesialnya Bersama sang Mama

Novita Sari - Selasa, 26 Maret 2024
Alif Barra Pratama Bersama Mama. Foto: Dok. Pribadi
Alif Barra Pratama Bersama Mama. Foto: Dok. Pribadi
A A A

Tradisi memberikan hadiah saat Hari Valentine, sudah menjadi kebiasaan yang turun temurun. Hadiah diberikan kepada orang-orang spesial, mulai dari orangtua, pasangan, anak, kerabat, hingga sahabat. Cokelat menjadi simbol Hari Valentine karena merupakan hadiah yang paling sering diberikan.

Begitu pun dengan Alif Barra Pratama. Cowok kelahiran Banjarmasin, 13 Januari 2012 ini berpendapat bahwa seharusnya mengungkapkan kasih sayang itu bisa kapan saja atau bahkan setiap hari. Akan tetapi di momen Hari Valentine tahun 2024 ini, secara spesial Alif ingin mengungkapkan rasa kasih sayangnya kepada sang Mama dengan memberikan bunga dan cokelat.

Jika pada umumnya anak sebaya Alif merayakan Hari Valentine dengan memberikan hadiah kepada teman-temannya yang lain. Beda halnya dengan Alif yang justru ingin memberikan hadiah pada sang Mama di Hari Valentine.

“Di Hari Valentine, secara khusus aku kasih bunga dan cokelat untuk Mama,” ujar Alif. “Aku sangat berterima kasih karena Mama sudah membimbing dan merawatku sejak kecil. Momen yang paling tidak bisa aku lupakan adalah saat disuapi makan dan ditemani Mama tidur ketika masih kecil. Rasanya senang sekali,” seru Siswa kelas 6 SD Mitra Kasih School, Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini.

Tak hanya memberikan bunga dan cokelat, putera pertama dari lima bersaudara yang kesemuanya laki-laki, anak dari pasangan Mama Dr. Ayu Widyaningrum dan Papa Edwin Asis Mail ini juga selalu mendoakan sang Mama agar panjang umur serta sehat selalu.

Alif, putera pertama Mama Dr. Ayu Widyaningrum dan Papa Edwin Asis Mail. Foto: Dok. Pribadi
Alif, putera pertama Mama Dr. Ayu Widyaningrum dan Papa Edwin Asis Mail. Foto: Dok. Pribadi

“Peran Mama sangat penting di hidupku,” seru Alif.

Anak laki-laki biasanya sangat sayang pada Mamanya. Begitulah pada umumnya. Demikian juga dengan Alif yang sangat dekat dengan sang Mama. Mama adalah tempatnya bertanya dan bercerita.

Oleh karena itu, Alif mengaku kalau Mamanya memiliki peran yang sangat penting bagi hidupnya. Mamalah yang selalu menemani, membimbing, dan men-support Alif di setiap waktu.

“Mama itu orangnya sangat baik, protektif, pekerja keras, dan sangat sayang pada anak-anaknya,” tandas Alif.

Hobi olahraga dan tekuni basket. Foto: Dok. Pribadi
Hobi olahraga dan tekuni basket. Foto: Dok. Pribadi

Di usianya yang baru menginjak 12 tahun, Alif memiliki postur tubuh yang atletis dan ideal. Berat badannya 41 kg dengan tinggi badan 159 cm.

Tak heran karena Alif adalah anak yang aktif, suka bergerak, bahkan sangat menyukai kegiatan olahraga terutama bola basket. Tidak hanya itu, Alif pun mengaku kalau pelajaran yang sangat ia sukai di sekolahnya adalah pelajaran olahraga.   

“Di sekolah, selain ikut ekskul coding, aku juga ikut ekskul karate dan badminton. Aku pilih kedua olahraga tersebut karena ingin lebih melatih fisik aku agar bisa lebih berkembang lagi,” harapnya.

Alif sendiri sudah menyukai olahraga bola basket sejak ia masih duduk di kelas 4 SD. Alif suka olahraga bola basket karena menurutnya, olahraga bola basket itu permainannya simpel dan mudah dipelajari. Itulah mengapa sejak tahun 2021, Alif pun kemudian memutuskan untuk mengikuti klub bola basket yaitu Ciba Basket Ball.

Dengan masuk klub khusus bola basket, Alif ingin agar ia bisa bermain di pertandingan bola basket yang lebih banyak dan lebih seru. “Kurang lebih sudah ada 4 pertandingan yang aku ikuti. Satu di Jakarta, satu di Semarang, dan dua lagi di Banjarmasin. Aku juga pernah dua kali dapat juara 1 pertandingan bola basket antar klub,” terangnya.

Suka olahraga dan travelling, membuat Alif jadi anak yang aktif, percaya diri, dan pemberani.

Setiap harinya, mulai dari hari Senin sampai dengan hari Minggu, diisi dengan berbagai kegiatan seperti sekolah, ekskul, les bahasa Inggris dan piano, mengerjakan tugas, hingga berolahraga.

“Aku biasanya sekolah mulai pukul 7.30 sampai pukul 14.40 dan kalau hari Jumat sampai pukul 13.45. Setiap hari Senin dan Rabu, sepulang sekolah, aku les piano. Sementara, hari Selasa dan Kamis, les bahasa Inggris. Hari Sabtu dan Minggu biasanya aku gunakan untuk bermain basket. Hari Sabtu main basket mulai pukul 11.00 sampai 12.00, sedangkan hari Minggunya mulai pukul 10.30 sampai 12.00. Untuk tugas-tugas sekolah biasanya langsung dikerjakan di sekolah setiap Rabu dan Jumat,” papar Alif.

Meski memiliki kegiatan yang lumayan padat setiap harinya, namun Alif mengaku kalau ia tidak pernah merasa capek karena pada dasarnya ia anak yang sangat aktif dan suka berkegiatan. “Mama Papa sangat baik dan selalu mendukung semua kegiatanku dan juga memberikan semua peralatan yang aku butuhkan,” ujar Alif yang bercita-cita ingin menjadi dokter dan masuk Akpol (Akademi Kepolisian).

Tapi, bukan berarti Alif tidak pernah bersenang-senang juga, lho. Karena biasanya Alif juga memiliki waktu luang yang digunakannya untuk bermain game, tidur, makan, atau chat-chat-an dengan teman.

Alif sangat suka travelling ke berbagai negara. Foto: Dok. Pribadi
Alif sangat suka travelling ke berbagai negara. Foto: Dok. Pribadi

Alif sungguh anak yang beruntung. Karena sejak usia 8 tahun, ia sudah travelling atau berjalan-jalan ke berbagai negara. “Aku memang ingin sekali bisa berkeliling dunia,” kata Alif.

Bersama Papa, Mama, dan Adiknya, Alif sudah mengunjungi negara-negara seperti Dubai, Cina, Singapura, Hong Kong, Thailand, Jepang, Korea, Turki, dan Malaysia. “Aku juga sudah pernah ke Mekah (Umrah). Ke depannya, aku ingin bisa lebih banyak lagi mengunjungi negara-negara lain. Semoga di tahun ini aku bisa pergi ke Universal Studio dan Disneyland yang ada di Amerika Serikat,” ujar Alif.

Tak sekadar travelling, Alif mengaku banyak hal yang bisa ia lihat dan juga pelajaran yang dipetik. “Dari semua negara yang pernah aku kunjungi, aku sangat suka dengan Singapura, Dubai, dan Jepang karena paling bersih dan terkenal. Orangnya juga ramah-ramah. Dubai mall-nya bagus dan bersih. Singapura bersih dan sangat modern, aku suka Studio Universal-nya karena luas dan makanannya enak-enak, hehe..” pungkas Alif.

Menurut Alif, seorang Pemimpin harus bisa memberi contoh yang baik. Foto: Dok. Pribadi
Menurut Alif, seorang Pemimpin harus bisa memberi contoh yang baik. Foto: Dok. Pribadi

Oh iya, selain Hari Valentine, di tanggal 14 Februari 2024, Indonesia pun ada momen spesial yaitu Pemilu (Pemilihan Umum) yang di tahun ini juga bertepatan dengan pemilihan Presiden Republik Indonesia.

Berbicara mengenai pemimpin, Alif pun pernah menjadi seorang pemimpin, lho. Yaitu menjadi Ketua Kelas. “Ada suka dan dukanya juga sih jadi pemimpin. Sukanya, aku bisa mengatur kelas dan menegur teman agar bersikap baik. Dukanya, kalau ada teman yang tidak bisa ditegur dan ngeyel,” cerita Alif.

Berdasarkan pengalamannya menjadi seorang Ketua Kelas, menurut Alif,  seorang pemimpin itu harus bisa mengatur orang-orang agar bersikap baik. “Dan memberikan contoh yang baik untuk teman-teman,” tandasnya. 

Biodata

Nama Lengkap               : Alif Barra Pratama A.M

Tempat, Tanggal Lahir   : Banjarmasin, 13 Januari 2012

Sekolah                          : SD Mitra Kasih School, Banjarmasin,

                                          Kalimantan Selatan

Kelas                              : 6 (enam) SD

Anak ke                          : 1 dari 5 Bersaudara

Nama Mama                  : Dr. Ayu Widyaningrum

Nama Papa                     : Edwin Asis Mail   

Hobi                               : Bermain Game dan Basket

Makanan Kesukaan        : Ayam Asam Manis, Nasi Goreng

Warna Kesukaan            : Merah dan Hitam

Cita-Cita                        : Dokter dan Akpol  

Latest Update
Explore more fun