Edukasi Kebersihan dan Santunan untuk Anak-anak Yatim di Subang

Novita Sari - Rabu, 17 April 2024
Selain merekatkan silaturahim, acara ini juga diisi dengan santunan bagi anak-anak yatim serta warga menengah ke bawah. Foto: Ist
Selain merekatkan silaturahim, acara ini juga diisi dengan santunan bagi anak-anak yatim serta warga menengah ke bawah. Foto: Ist
A A A

Komunitas penggemar traveling yang suka berkemah, Gajah Kemping, pada akhir Maret 2024 lalu, menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di daerah Subang, Jawa Barat, sebagai bagian dari program tahunan yang berorientasi pada masyarakat pedesaan.

Menurut ketua komunitas Erwin Gunawan (Marshall GK), warga Subang masih banyak yang belum tersentuh dengan bantuan sosial pemerintah setempat dan kurang memiliki akses bantuan dari yayasan-yayasan di sekitarnya. Oleh karena itu, Gajah Kemping ingin hadir sebagai solusi praktis di wilayah tersebut.

“Kami juga melakukan aksi sosial berupa edukasi kebersihan di Masjid Agung Baitul Mu’minin,  Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Selain memberikan bantuan donasi berupa dana operasional, kami juga melakukan kegiatan sterilisasi bersama pihak lain dengan menggunakan mesin disinfektan sehingga bisa membunuh mikroorganisme dalam bentuk spora. Kami pun kemudian melanjutkan aksi sosial dengan format yang berbeda,” tutur Kak Erwin.

Kak Erwin mengatakan bahwa selain untuk merekatkan silaturahim antara pengurus dengan masyarakat, acara ini juga diisi dengan santunan berupa paket sembako dan uang tunai yang diperuntukkan bagi anak-anak yatim serta warga menengah ke bawah.

“Kami memiliki visi sosial, dan bukan sekadar kemah tanpa memberikan sesuatu kepada masyarakat dimana kami beraktivitas. Jadi, dimana saja kami kemping, kami pasti akan melakukan bakti sosial kepada warga sekitar,” tambahnya.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat di lokasi, mulai dari pihak aparat, pemuka agama hingga tokoh setempat. “Mereka sangat antusias dengan kehadiran kami. Dan semoga ke depannya kami juga bisa kembali ke desa ini dan memberikan lebih banyak lagi kegiatan sosialnya,” ungkap Kak Erwin.

Sebagai sebuah komunitas yang anggotanya berlatar belakang para profesional dan pengusaha, Gajah Kemping rutin melakukan kegiatan touring ke berbagai daerah dan melakukan aksi sosial di titik-titik yang membutuhkan bantuan, baik bencana maupun non bencana seperti perbaikan Masjid yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Tahun 2024 kami sudah memiliki banyak agenda untuk berkemah dan bakti sosial untuk masyarakat yang berada di sekitar titik kemah kami nantinya. Tim survei kami pun sudah turun ke lapangan di berbagai titik sasaran kegiatan ke depannya” tutup Kak Erwin.

Latest Update
Explore more fun