Festival Anak Berkebutuhan Khusus Ini Akan Hadir di Bulan Mei 2024, Yuk Dukung Potensi Mereka!

Efa Trapulina - Jumat, 26 April 2024
Untuk mendukung potensi anak-anak berkebutuhan khusus, Special Kids Expo (SPEKIX) 2024 akan digelar pada tanggal 11 - 12 Mei 2024 di Jakarta Convention Center (justforkids/ist)
Untuk mendukung potensi anak-anak berkebutuhan khusus, Special Kids Expo (SPEKIX) 2024 akan digelar pada tanggal 11 - 12 Mei 2024 di Jakarta Convention Center (justforkids/ist)
A A A

Moms pasti setuju, setiap anak, termasuk yang memiliki autisme dan kebutuhan khusus lain, memiliki potensi yang dapat dikembangkan. 

Hal ini juga ditegaskan oleh Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Neurologi. “Meskipun terdapat tantangan, dengan dukungan dan kesempatan yang tepat,  individu yang memiliki autisme atau kebutuhan khusus lainnya dapat berkontribusi secara signifikan dalam masyarakat. Pemahaman akan gaya komunikasi, dukungan dari rekan kerja, atasan, atau mentor hingga lingkungan kerja yang inklusif dan terbuka kepada individu dengan autisme bisa membantu meningkatkan kontribusi mereka di tempat kerja,” ujarnya dalam acara konferensi pers Special Kids Expo (SPEKIK) 2024 di Jakarta, Kamis (25/4/24). 

Namun, realitas di lapangan menunjukkan masih ada kesenjangan dalam mendapatkan pendidikan dan kesempatan kerja, khususnya bagi  tenaga kerja dengan disabilitas, terutama bagi mereka dengan kebutuhan khusus, autisme dan kesulitan belajar. 

Itulah mengapa, sebagai upaya dalam menjembatani kesenjangan tersebut dan mendukung komunitas terkait serta masyarakat umum dalam mendapatkan akses informasi terkini tentang Autisme, Zally Zarras Learning Center dan Yayasan Drisana, akan menggelar Special Kids Expo (SPEKIX) 2024 pada tanggal 11 – 12 Mei 2024, di Jakarta Convention Center.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis, Moms. Siapapun bisa datang. Nantinya akan ada berbagai rangkaian agenda inklusif yang menarik dengan mengusung 4 kategori (anak, remaja, dewasa, dan profesional) dan 4 konten utama (kesehatan, pendidikan, pengembangan, dan pendukung). Acara meliputi seminar, konsultasi, dilengkapi pula dengan ruang bermain anak Autisme, area F&B, dan lebih dari 300 pameran karya-karya dari individu dengan Autisme.

Sebagai orangtua yang memiliki anak dengan autisme, pasangan public figure Ferdy Hasan dan Safina Hasan, sangat menyambut baik event ini. 

“Kami mengerti betapa pentingnya peran keluarga dalam mendukung dan memahami kebutuhan anak kami. Dukungan keluarga bukan hanya tentang memberikan cinta dan kasih sayang, tetapi juga tentang mendidik diri sendiri sebagai orangtua/care giver, berkolaborasi dengan para profesional, dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak,” cerita Ferdi Hasan.  

Lebih lanjut, Pembawa Acara dan Penyiar Radio tersebut mengatakan, “Dengan komitmen dan dukungan dari keluarga serta kesadaran masyarakat yang meningkat, individu dengan autisme dan kebutuhan khusus lainnya dapat hidup dengan lebih mandiri, percaya diri, dan merasa diterima dalam lingkungan mereka."

Ditambahkan oleh Safina Hasan, komunikasi yang terbuka, pemahaman, dan penerimaan adalah kunci untuk membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus merasa diterima dan dicintai. 

“Kami percaya bahwa dengan dukungan yang tepat dari keluarga, anak-anak dengan autisme dan kebutuhan khusus lainnya dapat mencapai potensi mereka yang penuh dan berkontribusi secara positif dalam masyarakat,” katanya. 

“SPEKIX 2024 akan memberikan kesempatan untuk memahami lebih dalam kebutuhan dan dukungan bagi orang dengan Autisme dari masa kanak-kanak hingga dewasa melalui berbagai kegiatan, seminar, dan pameran yang informatif dan menginspirasi. Diharapkan ajang ini dapat menjadi platform yang efektif dalam mendukung dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat berkebutuhan khusus,” tutup Zavnura Pingkan Sutowo, Deputy Chairperson SPEKIX 2024.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Berdayakan Apoteker, Kuatkan Kesehatan Masyarakat
img
Sebelum Liburan Tengah Tahun, Tasya Kamila Belanja Kebutuhan Anak di Babyfest 2024
img
Tips Hidup Sehat dan Lawan Radikal Bebas ala Surya Saputra 
img
Tips untuk Brand Skincare Lokal yang Ingin Sukses di Era Digital