Giatkan Aksi Hijau, Perusahaan Libatkan Karyawan Tanam Ratusan Pohon Mangrove di PIK

Efa Trapulina - Senin, 10 Juni 2024
Yayasan WINGS Peduli mengajak karyawan WINGS Group menanam ratusan pohon Mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk dalam program Aksi Hijau #WINGSPeduliLingkungan (Foto: Ist)
Yayasan WINGS Peduli mengajak karyawan WINGS Group menanam ratusan pohon Mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk dalam program Aksi Hijau #WINGSPeduliLingkungan (Foto: Ist)
A A A

Pohon mangrove berperan penting dalam restorasi lahan di Teluk Jakarta yang terdegradasi, serta menjaga kualitas air dan udara di sekitarnya. Hal ini sangat dipahami oleh WINGS Group, perusahaan lokal terkemuka yang fokus dalam produk-produk rumah tangga, makanan, dan minuman.

Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati tanggal 5 Juni, melalui Yayasan WINGS Peduli, mereka menggelar Aksi Hijau dengan menanam ratusan pohon Mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK).

Dalam Aksi Hijau tersebut, puluhan karyawan perusahaan menanam 500 pohon Mangrove. Inisiatif melibatkan karyawan tersebut merupakan upaya untuk memberikan pengalaman kepada karyawan dalam mewujudkan aksi pelestarian lingkungan dan mengajak mereka menjadi bagian dari #GenerationRestoration.

Sheila Kansil, Perwakilan Yayasan WINGS Peduli mengatakan, “Aksi Hijau berupa penanaman pohon Mangrove bersama karyawan ini diharapkan berdampak bagi lingkungan, dengan mempertahankan fungsi ekologis dan ekosistem di dalamnya serta memaksimalkan penyerapan karbon untuk mengontrol polusi di Jakarta. Keterlibatan karyawan dalam aksi ini juga merupakan bentuk komitmen mereka terhadap sustainable lifestyle yang mereka akan teruskan ke sekitarnya,” ungkap Sheila.

Aksi Hijau ini juga berkolaborasi dengan Lindungi Hutan. Selesai ditanam, organisasi di bidang lingkungan dan kehutanan tersebut melakukan pemeliharaan pohon, seperti penyulaman atau mengganti pohon mangrove yang mati dengan bibit baru, serta penyiangan atau menghilangkan tumbuhan liar yang mengganggu pertumbuhan Mangrove. 

Miftachur Robani, CEO Lindungi Hutan mengatakan, “Mangrove dapat menyangga spektrum ekosistem di sekitar, seperti gugus karang, padang lamun, hingga hamparan lumpur dan pasir. Keberadaannya dapat melindungi pantai dari abrasi dan intrusi air laut. Mangrove di Indonesia sendiri merupakan salah satu hutan kaya karbon dunia, yang dapat mengatasi perubahan iklim, yang kini menjadi permasalahan penduduk dunia,” 

Djuhana, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Flora Mangrove yang hadir di kegiatan Aksi Hijau ini turut menyampaikan apresiasinya. “Kami berterima kasih dan mengapresiasi atas dukungan dan kerjasama Yayasan. Terkhusus untuk program menanam Mangrove bersama karyawan, hal ini memberikan banyak manfaat bagi lingkungan,” katanya.

“Aksi Hijau berupa penanaman pohon Mangrove ini merupakan kegiatan rutin yang telah kami lakukan dengan kolaborasi bersama berbagai pihak. Sebelumnya di tahun 2023, kami juga mendukung program Net Zero Carbon yang diselenggarakan oleh BPOM, dengan menanam ratusan pohon Mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk bersama instansi swasta lainnya,” urai Sheila Kansil.

Upaya Aksi Hijau ini juga diikuti dengan berbagai program #WINGSPeduliLingkungan lainnya termasuk di bidang persampahan. Beberapa di antaranya adalah kampanye #PilahDariSekarang, fasilitas pengelolaan sampah, hingga kolaborasi untuk melakukan recycle maupun upcycle sampah.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Galang Dana untuk Penuhi Hak Anak-anak, Pesepeda Bike To Care 2024 Lintasi Sumba Sejauh 270 Km
img
Pertama di Indonesia, Detergen Tumbuhan dengan Softener Alami Aloe Vera 
img
Rayakan Momen Idul Adha 1445 H, Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia
img
Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Perempuan lewat Supplier Diversity, Perusahaan Ini Kembali Hadirkan ANJANI