Hadir di Depok, “Healing Garden” di Rumah Sakit Ini Ajak Masyarakat untuk Hidup Dekat dengan Alam

Efa Trapulina - Minggu, 10 Maret 2024
Peresmian RSUI Wings Garden turut dihadiri oleh perwakilan Yayasan Wings Peduli, RSUI dan perwakilan pemerintah kota Depok (Foto: Efa)
Peresmian RSUI Wings Garden turut dihadiri oleh perwakilan Yayasan Wings Peduli, RSUI dan perwakilan pemerintah kota Depok (Foto: Efa)
A A A

Moms, Dads dan si kecil suka menghabiskan waktu di taman? Ya, taman banyak manfaatnya. Selain sebagai penangkal polusi, taman juga sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas sosial maupun fisik, seperti tempat berkumpul, tempat olahraga, bersantai, ajang pelepas stres, dan banyak lagi.

Mengingat manfaatnya yang besar, taman juga sangat cocok ditempatkan di wilayah rumah sakit. Pasien-pasien bisa ‘healing’ sejenak dan melepaskan rasa jenuh dari suasana kamar atau bangsal rumah sakit. 

Kabar baik, nih, Moms. Sebagai bentuk komitmen dan kepedulian terhadap kesehatan, Yayasan WINGS Peduli baru saja meresmikan “RSUI WINGS Garden”, lahan hijau yang mudah diakses masyarakat dan komunitas sekitar di wilayah Depok, kolaborasi bersama UI (Universitas Indonesia) dan RSUI (Rumah Sakit Universitas Indonesia). 

Berkonsep ‘healing’ atau penyembuhan, garden tersebut memiliki berbagai fasilitas penunjang kesehatan mental dan fisik, mulai dari bebatuan, aliran air, tanaman, aquarium, amphitheater, hingga batu alam berpola untuk area terapi. Terdapat pula minimarket yang dapat dimanfaat pengunjung taman untuk membeli beragam keperluan. 

(ki-ka) Host, Sheila Kansil,
(ki-ka) Host, Sheila Kansil,Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH dan Dr. dr. Listya Tresnanti Mirtha, Sp.KO

Sheila Kansil, perwakilan Yayasan WINGS Peduli berharap taman tersebut dapat menjadi alternatif tujuan bagi tenaga kesehatan, pasien dan keluarga yang menjenguk, mahasiswa UI, hingga masyarakat di sekitarnya, untuk menghabiskan waktu saat mereka membutuhkan ruang terbuka hijau.

“Inisiatif ini merupakan salah satu upaya kami untuk mempromosikan gaya hidup sehat kepada masyarakat,” katanya.

Peresmian yang berlangsung Sabtu, 9 Maret 2024 di wilayah RSUI, Depok, Jawa Barat tersebut dimeriahkan dengan Festival Sehat yang menghadirkan pengalaman menikmati alam sambil berolahraga, seperti Cardio Boxing, Zumba serta PoundFit. Terdapat juga berbagai booth yang turut mendukung kesehatan pengunjung, seperti medical check up serta konsultasi kesehatan gratis, edukasi #PilahDariSekarang yakni kampanye pemilahan sampah untuk kesehatan lingkungan, talkshow inspiratif, booth game hingga makanan dan minuman gratis.

Kegiatan olahraga dalam Festival Sehat
Kegiatan olahraga dalam Festival Sehat

Dr. dr. Listya Tresnanti Mirtha, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga RSUI, mengatakan bergerak sambil menikmati alam, salah satunya dengan berolahraga, memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan sosial. 

“Beberapa di antaranya dapat mengurangi stres, menajamkan konsentrasi, mengurangi gejala depresi dan kecemasan, hingga memperbaiki mood. Hal ini disebabkan elemen alam dapat menenangkan pikiran, seperti gemercik air, kicauan burung, hingga angin berdesir. Begitu juga dengan pengalaman sensorik dari aroma segar tanaman, sentuhan tanah dan daun, hingga paparan cahaya matahari,” ujarnya.

Direktur Utama RSUI, Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH, mengatakan, “Diharapkan taman ini dapat membantu mempercepat kesembuhan pasien yang menginap di rumah sakit, sekaligus memberikan ketenangan kepada tenaga medis yang bertugas saat melayani pasien. Hal ini juga merupakan salah satu misi dari rumah sakit kami yaitu memberikan pelayanan kesehatan paripurna,” tutupnya.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Bantuan Kemanusiaan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Korban Terdampak Banjir dan Longsor di Padang
img
Rahasia Anti Tepar Saat Mudik Lebaran: Jangan Sepelekan Khasiat Minyak Angin Aromatherapy
img
Dukung Anak Capai Potensi Maksimal dan Terhindar dari Risiko Stunting dengan Protein
img
Dukung Lansia Rayakan Sucinya Lebaran Tanpa Keluhan Sendi, PEROSI Bagikan Akses Susu Bernutrisi