Inilah yang Terjadi Saat Kita Tertawa

Dwi Retno - Senin, 22 Januari 2024
Foto : Ist
Foto : Ist
A A A

Ketika tertawa kita akan berubah secara fisiologis. Otot di seluruh wajah dan tubuh akan meregang, denyut nadi dan tekanan darah naik, dan napas kita lebih cepat, mengirimkan lebih banyak oksigen ke jaringan. Menurut Steve Wilson, MA, CSP, seorang psikolog dan terapis tawa, seperti dikutip dari WebMD, mengatakan efek tertawa dan olahraga sangat mirip. "Menggabungkan tertawa dan gerakan, seperti melambaikan tangan, adalah cara yang bagus untuk meningkatkan detak jantung," tambahnya.

Dalam beberapa dekade terakhir, para peneliti telah mempelajari efek tertawa pada tubuh dan menemukan beberapa informasi menarik tentang bagaimana hal itu mempengaruhi tubuh kita:

Aliran darah. Para peneliti di University of Maryland mempelajari efek pada pembuluh darah ketika orang-orang diperlihatkan komedi atau drama. Setelah pemutaran, pembuluh darah dari kelompok yang menonton komedi tersebut berperilaku normal, melebar dan mengerut dengan mudah. Namun pembuluh darah pada orang yang menonton drama tersebut cenderung menegang, membatasi aliran darah.

Respons imun. Menurut penelitian peningkatan stres dikaitkan dengan penurunan respons sistem kekebalan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kemampuan untuk menggunakan humor dapat meningkatkan tingkat antibodi yang melawan infeksi dalam tubuh dan juga meningkatkan tingkat sel kekebalan.

Kadar gula darah. Satu studi dari 19 orang dengan diabetes melihat efek tawa pada kadar gula darah. Setelah makan, kelompok itu menghadiri kuliah yang membosankan. Keesokan harinya, kelompok itu makan makanan yang sama dan kemudian menonton komedi. Setelah komedi, kelompok tersebut memiliki kadar gula darah yang lebih rendah daripada yang mereka lakukan setelah ceramah.

Latest Update
Explore more fun