Kasus Meningkat Hingga 126%, Pentingnya Deteksi Dini Multiple Myeloma

Novita Sari - Selasa, 23 Januari 2024
Multiple Myeloma merupakan salah satu jenis kanker darah yang menyerang sel plasma di sumsum tulang belakang. Foto: Ilustrasi/Ist
Multiple Myeloma merupakan salah satu jenis kanker darah yang menyerang sel plasma di sumsum tulang belakang. Foto: Ilustrasi/Ist
A A A

Sangat penting untuk memahami dan melakukan pemeriksaan Multiple Myeloma secara dini, ya, Moms! Hal ini agar pasien mendapatkan penanganan yang tepat sejak dini.

Multiple Myeloma sendiri merupakan salah satu jenis kanker darah yang menyerang sel plasma di sumsum tulang belakang. Kondisi ini terjadi saat sel-sel plasma yang tidak normal (abnormal) tumbuh dan berkembang secara berlebihan dan mengganggu sel-sel yang sehat di sekitarnya. 

Sel-sel kanker ini juga memroduksi antibodi abnormal. Selain tidak bisa berfungsi untuk melindungi tubuh, penumpukan antibodi abnormal tersebut bisa merusak organ tertentu seperti ginjal, tulang, dan sistem saraf.

Risiko Multiple Myeloma meningkat seiring bertambahnya usia dan umumnya tidak dapat disembuhkan, dengan angka kematian yang masih sangat tinggi. Sekitar setengah dari pasien yang baru terdiagnosa, tidak dapat bertahan hidup lebih dari lima tahun dan sekitar satu dari sepuluh pasien dengan Multiple Myeloma, akan meninggal dalam kurun waktu satu tahun setelah didiagnosa.

Untuk diketahui, secara global, terjadi peningkatan kasus Multiple Myeloma sebanyak 126% dari tahun 1990 hingga 2016 dan sebesar 106% hingga 192% untuk semua kuintil SDI (Socio Demographic Index).  Tiga wilayah dunia dengan tingkat kejadian Multiple Myeloma tertinggi berdasarkan usia adalah Australasia, Amerika Utara, dan Eropa Barat.

Walaupun Indonesia tidak termasuk dalam tiga wilayah tersebut, namun berdasarkan data Globocan tahun 2020, diperkirakan terdapat 3.151 pasien baru terdiagnosa Multiple Myeloma di Indonesia. 

Gejala yang sering mirip dengan penyakit lain, membuat pasien datang sudah dalam keadaan terlambat untuk mendapatkan perawatan.

Dalam webinar Multiple Myeloma: Early Detection for Your Protection yang diadakan secara daring oleh Johnson & Johnson Indonesia pada November lalu di Jakarta, dr. Ralph Girson Gunarsa Sp.PD-KHOM., Dokter Spesialis Penyakit Dalam - Konsultan Hematologi Onkologi Medik selaku pembicara tamu mengatakan, “Gejala Multiple Myeloma umumnya tidak spesifik seperti misalnya nyeri punggung yang sering dialami, nyeri dada, sakit perut, dan tidak selalu berupa rasa nyeri pada tulang. Namun pasien perlu waspada akan nyeri yang persisten dan tidak dapat dijelaskan, merasa tidak sehat secara umum atau kondisi anemia yang penyebabnya tidak diketahui. Dengan gejala tersebut, pasien diharapkan segera melakuan pemeriksaan Myeloma.”

Sebab, lanjut dr. Ralph Girson, jika tidak segera ditangani, Multiple Myeloma dapat menyebabkan beragam komplikasi, antara lain gangguan pada tulang, seperti nyeri tulang, tulang keropos, dan tulang patah, mudah terkena infeksi, anemia, dan trombositopenia serta gagal ginjal. Oleh karena itu, dr. Ralph Girson menyampaikan pentingnya memahami dan melakukan pemeriksaan Multiple Myeloma agar pasien mendapatkan penanganan yang tepat sejak dini.

“Komitmen global kami terhadap inovasi, telah membuka jalan di bidang onkologi selama lebih dari 30 tahun. Jangkauan, sumber daya, dan jaringan koneksi kami di seluruh Perusahaan, akademisi, pemerintah, dan organisasi layanan kesehatan lainnya, membantu mengatasi tantangan yang belum terpenuhi dalam kanker paling mematikan, mengembangkan inovasi baru dan berbeda dalam bidang farmasi dan teknologi medis," ungkap Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs Johnson & Johnson Pharmaceutical for Indonesia, Malaysia & Philippines.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Moms, Yuk Kita Lawan Demam Berdarah Bersama!
img
Bantuan Kemanusiaan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Korban Terdampak Banjir dan Longsor di Padang
img
Rahasia Anti Tepar Saat Mudik Lebaran: Jangan Sepelekan Khasiat Minyak Angin Aromatherapy
img
Dukung Anak Capai Potensi Maksimal dan Terhindar dari Risiko Stunting dengan Protein