Mengenal Bucephalandra Sambil Menikmati Musik

Dwi Retno - Kamis, 12 September 2024
Sunset di Kebun Kembali Hadir, Kenalkan Bucephalandra Sambil Menikmati Musik (Foto : Ist)
Sunset di Kebun Kembali Hadir, Kenalkan Bucephalandra Sambil Menikmati Musik (Foto : Ist)
A A A

Menghadiri sebuah konser musik menjadi salah satu cara untuk tetap ‘waras’ menjalani hidup. Apalagi jika konser musik tersebut diselenggarakan di alam terbuka yang penuh dengan oksigen, tentu saja akan membuat pikiran lebih jernih dan sehat. Konser yang memenuhi unsur tersebut adalah Sunset di Kebun. Program pertunjukkan yang digagas oleh PT Mitra Natura Raya (MNR) ini sudah memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya. Pada 7 hingga 8 September 2024 lalu, Sunset di Kebun diselenggarakan di Dewata Avenue, Kebun Raya Bali. Konser yang bersifat intimate show sudah memasuki fase kedua tahun ini dengan tetap menyuarakan pesan konservasi dan lingkungan

Sunset di Kebun kali ini menghadirkan beberapa line up yang terbagi dalam dua hari penampilan. Mereka tampil bergantian dimulai sejak pukul 12.00 hingga 20.45 WITA. Pada hari pertama ada penampilan eksplorasi musik dari Mella dan Matahirra. Kemudian dilanjutkan oleh sejumlah musisi ternama diantaranya Astera, Feby Putri, Nidji, dan ditutup oleh Fourtwnty. Sedangkan pada hari kedua, ada penampilan eksplorasi musik dari Yansanjaya dan Ether. Kemudian dilanjutkan oleh deretan musisi ternama seperti Leeyonk Sinatra, Efek Rumah Kaca, Ghea Indrawari, dan HIVI! General Manager Event Kebun Raya, Abi Irawan mengatakan Sunset di Kebun menyajikan pertunjukan dengan perpaduan alam terbuka, musik harmonis serta keintiman antara musisi dengan penggemar menjadi nilai yang menjadi daya tarik tersendiri. “Sunset di Kebun tidak hanya menyuguhkan keindahan alam tetapi juga menghadirkan beberapa program-program peduli lingkungan,” ujar Abi Irawan.

Bukan hanya sekedar konser, acara ini juga tidak melupakan fungsi utama Kebun Raya yang merupakan pusat konservasi tumbuhan. Kebun Raya juga berfungsi sebagai tempat eduwisata yang sarat akan edukasi keanekaragaman hayati Indonesia. Di sisi lain, keberadaan Kebun Raya juga diharapkan dapat memicu kecintaan terhadap lingkungan. “Sunset di Kebun ini digelar untuk mengajak generasi muda agar lebih mengenal alam, memperkenalkan flora yang ada di Kebun Raya. Salah satunya Bucephalandra,” ujar Abi Irawan.

Tak hanya menikmati musik, pengunjung juga bisa mengenal aneka tumbuhan (Foto : Ist)
Tak hanya menikmati musik, pengunjung juga bisa mengenal aneka tumbuhan (Foto : Ist)

Bucephalandra atau dikenal dengan sebutan Buce merupakan sejenis tumbuhan asli Indonesia yang termasuk ke dalam tumbuhan air. Uniknya tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang mirip dengan tanduk banteng, bahkan beberapa spesiesnya memiliki kilauan iridescent yang memantulkan warna-warna indah saat disinari cahaya.

Bucephalandra pertama kali ditemukan pada tahun 1858 oleh ahli botani berkebangsaan Jerman, Heinrich Ludwig Wendland. Bucephalandra banyak yang endemik pulau Kalimantan, Indonesia. Bucephalandra hanya bisa hidup di air bersih dan mengalir sehingga menjadi indikator kesehatan sungai di Kalimantan. Bucephalandra telah menjadi tanaman hias akuarium yang sangat populer sejak pertengahan abad ke-20. Bucephalandra sekarang dibudidayakan secara komersial di banyak negara untuk memenuhi permintaan pasar aquascape.

Selain mengenalkan Bucephalandra, pengenalan tanaman juga dilakukan lewat dekorasi di main stage yang bertema Rain Forest dengan gaya Nature Style  yang akan menonjolkan pohon Cyathea dan sentuhan beberapa warna warni Begonia sebagai cara untuk mengenalkan dua taman tematik yang ada di Kebun Raya Bali yaitu Taman Cyathea dan Taman Begonia, selain itu juga ada tanaman khas hutan hujan dataran tinggi sesuai dengan ketinggian Kebun Raya Bali di 1.250 - 1.450 mdpl. Tak lupa ada juga sentuhan kain poleng khas Bali.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Sinergi Sikat Gigi dan Wonderful Indonesia di Kepulauan Seribu Meriahkan Peringatan HKGN 2024
img
Film Aksi Terbaru Timo Tjahjanto Sukses Mengguncang Midnight Madness di TIFF
img
Hadir dalam Format Musikal dan Sentuhan Modern, Lutung Kasarung Sukses Bius Penikmat Seni!
img
Pertimbangan Nia Ramadhani Saat Memilih Sepatu untuk Anak, Utamakan Kualitas!