Minat Gen Z dan Milenial terhadap Pembelian Rumah Meningkat, Jangan Lupa untuk Proteksi Aset!

Efa Trapulina - Kamis, 25 Januari 2024
Minat Gen Z dan milenial akan pembelian rumah meningkat pasca-pandemi (Foto: Ilustrasi/Freepik)
Minat Gen Z dan milenial akan pembelian rumah meningkat pasca-pandemi (Foto: Ilustrasi/Freepik)
A A A

Sektor properti kembali menunjukkan peningkatan yang kondusif di masa pascapandemi. Pertumbuhan ini didorong pula oleh tingginya minat kelompok umur milenial dan Gen Z dalam membeli rumah.

Berdasarkan hasil riset 99 Group sejak 2022 hingga semester I/2023 minat milenial dan Gen Z membeli rumah masing-masing sebesar 64,4% dan 64,6%, jika dibandingkan dengan jenis properti lainnya seperti, tanah, apartemen, dan ruko.

Giatnya pertumbuhan sektor properti ini nyatanya tidak hanya berdampak pada industri itu sendiri, namun juga berdampak pada pertumbuhan sektor asuransi baik asuransi umum sebagai proteksi aset, maupun asuransi jiwa yang disertai saat pengambilan kredit pemilikan rumah (KPR) sebagai kebutuhan pelengkap dari kepemilikan sektor properti.

Ya, saat ini beberapa bank mewajibkan para nasabah untuk mengambil asuransi properti ketika mereka hendak mengambil produk KPR. Tujuannya antara lain menjaga kedua belah pihak apabila terjadi suatu risiko saat pembayaran KPR masih belum dilunasi dan agar dapat memberikan perlindungan bagi pemilik aset supaya terhindar dari kerugian finansial yang sangat mungkin terjadi pada aset yang dimiliki.

“Melalui terjalinnya kerja sama yang dilakukan antara bank dengan perusahaan asuransi, peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kebutuhan asuransi properti sebagai proteksi aset juga menumbuhkan minat mereka dalam memiliki asuransi properti hunian. Hal ini salah satunya juga terlihat dari pertumbuhan polis hunian di Allianz Utama Indonesia dengan meningkatnya kontribusi polis hunian sebesar 15% dari total premi perusahaan terhitung hingga September 2023 (YoY),” ungkap Head of Commercial Underwriting Allianz Utama Indonesia, Datien Widyastuti.

Melihat adanya kontribusi dari kaum milenial dan Gen Z yang cukup mendominasi pada pertumbuhan sektor properti ini, Allianz Indonesia melakukan upaya untuk menjaga dan meningkatkan minat milenial dan Gen Z dalam memiliki perlindungan pada asuransi properti seperti dengan melakukan edukasi melalui berbagai media yang banyak diakses oleh kaum muda.

Sebagai proteksi aset, Datien menjelaskan bahwa Allianz Indonesia menawarkan Allianz Rumahku yang menyediakan perlindungan yang komprehensif, khususnya untuk asuransi properti yang melindungi hunian seperti rumah atau apartemen. “Di sini nasabah bisa memiliki proteksi serta mendapatkan jaminan perlindungan untuk bangunan termasuk dinding, atap, lantai, garasi, dan pagar rumah tinggal.

Selain itu, perlindungan yang disediakan dapat mencakup pemberian jaminan perlindungan bagi properti di dalam bangunan tempat tinggal, termasuk peralatan elektronik dan furniture di rumah pemilik aset hunian. Jaminan yang ditawarkan ini kembali lagi pada kebutuhan masing-masing nasabah dalam melindungi aset-asetnya yang dimiliki,” tutup Datien.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Usung Semangat Cinta Budaya Lokal, Program Beauty Journey untuk Perempuan Muda Ini Kembali Hadir
img
Berawal dari Keresahan Tak Bisa Tampil Cantik saat Hamil, Ini Kisah Inspiratif Perempuan Pengusaha di Hari Kartini
img
Naskah Berusia Berabad-abad dari Zaman Majapahit Dipamerkan, Di Bhinneka Tunggal Ika Lontar Exhibition
img
Liburan Usai, Ini 4 Ide Aktivitas Seru untuk Kembalikan Semangat Moms!