Moms, Yuk Jaga Gizi Anak Lewat Masakan Rumah!

Efa Trapulina - Selasa, 23 Januari 2024
Ilustrasi Ibu dan anak memasak bersama di rumah (Foto: Ist)
Ilustrasi Ibu dan anak memasak bersama di rumah (Foto: Ist)
A A A

Moms suka memasak untuk keluarga? Ada banyak manfaat jika ibu memasak sendiri di rumah. Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes. Kebiasaan makan masakan rumah bagi keluarga, menurutnya, adalah kebiasaan baik yang harus diterapkan di semua rumah. 

“Dengan menyiapkan masakan enak di rumah, orangtua bisa memantau makanan yang dikonsumsi buah hatinya dari sisi kualitas dan kuantitas. Makanan yang disajikan pun lebih sehat, bersih, dan gizinya sudah diperhitungkan,” ujarnya saat ditemui dalam acara peluncuran Bumbu Kaldu Sedaap oleh Wings Food beberapa waktu lalu.

“Dalam mencukupi kebutuhan gizi, para orangtua perlu mengusahakan agar anak-anaknya makan protein 5-7 porsi yang terdiri dari protein  hewani  dan protein nabati  dan dipadukan dengan konsumsi sayur lebih kurang 3 porsi per hari atau setara dengan 300 gram, serta dengan  buah dan karbohidrat dalam jumlah yang tepat,” ungkap Dr. Rita.

Sayangnya, tak sedikit anak suka pilih-pilih makanan alias picky eater. Mereka sering menyingkirkan jenis makanan tertentu di piringnya, misalnya sayuran.

(kiri - kanan) Chef Stefani Horison, Preeti Chopra Bhatnagar dan Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes
(kiri - kanan) Chef Stefani Horison, Preeti Chopra Bhatnagar dan Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes

“Agar anak suka masakan rumah termasuk sayur-sayuran, Mama Chef harus menyiapkan masakan yang sedap dan bercita rasa. Anak usia sekolah termasuk kelompok umur yang rentan mengalami masalah gizi. Semakin banyak jenis makanan yang dicoba oleh anak, semakin besar kemungkinan mereka mau menyantap makanan yang beragam dari kelima kelompok makanan. Status gizi anak usia sekolah perlu diperhatikan karena mendukung kemampuan kognitif dan status kesehatan. Frekuensi sakit dari anak yang memiliki gizi baik pun akan berkurang,” saran Dr. Rita.

Nah, agar anak terhindar dari risiko kekurangan gizi, Moms bisa mengolah makanan rumah menjadi lebih enak dengan meningkatkan cita rasa makanan  agar mudah diterima oleh anak-anak. Sajikan makanan favorit anak dengan tampilan yang menarik, dan buatlah menu yang berbeda setiap hari agar anak tidak bosan.

Chef Stefani Horison membagi kiatnya bahwa kaldu ayam atau daging sapi sangat manjur untuk menambah nikmat masakan, seperti yang ia lakukan pada hampir setiap masakannya baik yang berkuah maupun tumisan. “Kaldu berfungsi untuk memperkaya rasa masakan. Di tengah padatnya pekerjaan sehari-hari, mungkin kita tidak sempat merebus kaldu ayam atau sapi berjam-jam. Moms bisa memakai bumbu kaldu kemasan sehingga praktis,” imbuhnya.

“Memasak adalah suatu tindakan cinta. Dengan rasa yang meaty dan gurih yang pas, kami harap Chef Mama bisa menciptakan beragam makanan sedap yang bisa dinikmati sekeluarga dengan bebas repot,” ujar Preeti Chopra Bhatnagar, Marketing Manager Seasoning Powder WINGS Group Indonesia. 

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Menguak Rahasia Sukses Bersama Khabib Nurmagomedov, Atlet Asal Rusia yang Menjadi Inspirasi Global
img
Penjualan Brand Lokal Melonjak 5X Lipat pada Kampanye 9.9 Berkat Fitur Live Streaming
img
Mendorong UKM Indonesia “Go Ekspor” untuk Raih Kesuksesan Global
img
Tips Raih Untung di Pasar Saham Melalui Momentum Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Konsumsi Domestik