Ngobrolin Pilihan Susu: Mengapa Susu Segar Pasteurisasi Baik untuk Anak-anak?

Efa Trapulina - Jumat, 02 Februari 2024
Susu merupakan salah satu sumber protein hewani kaya gizi yang berperan penting selama masa emas pertumbuhan anak (Foto: Ilustrasi/Freepik)
Susu merupakan salah satu sumber protein hewani kaya gizi yang berperan penting selama masa emas pertumbuhan anak (Foto: Ilustrasi/Freepik)
A A A

Susu merupakan salah satu sumber protein hewani kaya gizi yang berperan penting selama masa emas pertumbuhan anak karena dapat bantu mencukupi kebutuhan kalori dan energi mereka yang cukup tinggi.

Pemberian susu pada anak juga direkomendasikan WHO dalam “Pedoman Baru Pemberian Makanan Pendamping ASI untuk Anak Usia 6-23 Bulan” yang telah diperbarui.

Secara khusus, WHO mengarahkan pemberian susu jenis fresh milk pasteurisasi untuk melengkapi menu hidangan anak usia 12 bulan ke atas.

Ya, 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) merupakan hari-hari krusial yang menjadi penentu kondisi kesehatan anak ke depannya sehingga harus mendapat perhatian lebih besar.

“Sebagai contoh, bayi usia 12-23 bulan membutuhkan sekitar 1.000 kalori per harinya. Ini baru kebutuhan gizi makro, belum zat gizi mikro lainnya seperti vitamin dan mineral. Dengan kata lain, selain makanan dengan gizi seimbang yang cukup jumlah dan kualitas, susu dibutuhkan untuk mengisi jumlah asupan nutrisi yang belum terpenuhi,” ujar dr. Radhian Amandito, Sp. A., Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak RS Pondok Indah dalam sesi bincang-bincang edukatif Ngopi Susu (Ngobrolin Pilihan Susu) bertajuk "Cermat Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak" yang digelar oleh Greenfields di Soulfull Hub, Jakarta, Kamis (1/2/24).

(ki - ka) dr. Radhian Amandito, Sp. A danĀ Fiona Anjani Foebe
(ki - ka) dr. Radhian Amandito, Sp. A dan Fiona Anjani Foebe

dr. Radhian melanjutkan bahwa susu, utamanya fresh milk pasteurisasi yang berkualitas, lebih unggul dari susu jenis lainnya karena hanya melalui proses pasteurisasi yang tidak mengurangi atau mengubah kandungan nutrisi alami susu.

“Sehingga masih mengandung banyak zat gizi penting yang mudah dicerna untuk tumbuh kembang anak seperti asam amino dan berbagai nutrisi bioactive. Misalnya seperti kalsium untuk pertumbuhan tulang, protein yang membantu meningkatkan berat badan, hingga immunoglobulin yang mengatur sistem imun dan lactoferrin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan,” katanya.

Manfaat kebaikan fresh milk pasteurisasi sebenarnya dapat dinikmati anak sejak dini sebagai bahan masak tambahan ketika mengkreasikan menu MPASI. Dengan kandungan lemak baiknya, susu dapat menjadi BB booster alami dan memberikan sensasi rasa gurih dalam masakan. “Cari susu yang 100% fresh milk tanpa campuran apapun,” pesan dr. Radhian.

Menanggapi kebutuhan keluarga Indonesia untuk memenuhi nutrisi sehari-hari, khususnya dalam upaya pencegahan stunting, Greenfields menerapkan best practice dairy farming management untuk menjamin baiknya kuantitas dan kualitas produk mulai dari peternakan, proses produksi hingga tiba di tangan konsumen.

Ada berbagai pilihan fresh milk pasteurisasi yang bisa dijadikan pilihan oleh para Moms selama 1.000 HPK anak yakni fresh milk pasteurisasi full cream, low maupun non-fat dan fresh milk pasteurisasi Jersey.

“Stunting masih menjadi salah satu permasalahan gizi prioritas karena memengaruhi kesehatan anak secara menyeluruh hingga dewasa. Oleh karenanya, selain pemberian ASI eksklusif, Kemenkes RI menggalakkan edukasi pentingnya penyajian MPASI yang adekuat dan menekankan pemberian protein hewani. Kami berharap ke depannya, keluarga Indonesia dapat lebih cermat lagi dalam memerhatikan kebutuhan nutrisi anak, khususnya yang masih dalam 1.000 HPK agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal,” tutup Fiona Anjani Foebe, Chief Marketing Officer Greenfields Indonesia.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Bantuan Kemanusiaan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Korban Terdampak Banjir dan Longsor di Padang
img
Rahasia Anti Tepar Saat Mudik Lebaran: Jangan Sepelekan Khasiat Minyak Angin Aromatherapy
img
Dukung Anak Capai Potensi Maksimal dan Terhindar dari Risiko Stunting dengan Protein
img
Dukung Lansia Rayakan Sucinya Lebaran Tanpa Keluhan Sendi, PEROSI Bagikan Akses Susu Bernutrisi