Pakaian UV Protection, Solusi Modern dan Praktis untuk Beraktivitas Nyaman di Bawah Sinar Matahari

Efa Trapulina - Jumat, 03 Mei 2024
(ki-ka) Lisqia Lalantika - Marketing Manager UNIQLO Indonesia, Maudy Ayunda - Aktris dan Penyanyi, dr. Nadia Alaydrus, Dokter & Beauty Influencer dan Host (Foto: Efa/Justforkids)
(ki-ka) Lisqia Lalantika - Marketing Manager UNIQLO Indonesia, Maudy Ayunda - Aktris dan Penyanyi, dr. Nadia Alaydrus, Dokter & Beauty Influencer dan Host (Foto: Efa/Justforkids)
A A A

Moms, Dads dan si buah hati sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Tentunya harus melindungi diri dari bahaya sinar ultraviolet (UV). Apalagi kita tinggal di negara Indonesia yang beriklim tropis dan memiliki indeks sinar UV tinggi sepanjang tahun.

Paparan sinar UV dalam jumlah banyak, diterangkan oleh dr. Nadia Alaydrus, Dokter dan Beauty Influencer, dapat mengakibatkan efek negatif serta risiko terhadap kesehatan kulit. Mulai dari sunburn, indikasi penuaan dini, meningkatkan risiko kanker kulit, bahkan sampai merusak mata.

“Terlebih di Indonesia yang memiliki intensitas UV yang tinggi, sangat penting untuk memilih proteksi yang tepat saat berkegiatan di luar ruangan, misalnya menggunakan pakaian dengan fitur proteksi sinar UV, menggunakan aksesori yang bisa menghalau sinar matahari seperti kacamata hitam dan topi, dan jangan lupa untuk re-apply tabir surya secara berkala,” ujar dr. Nadia dalam sesi bincang-bincang bertajuk “UNIQLO UV Protection 2024, Temani Aktivitas Day-to-Day di Bawah Sinar Matahari dengan Rasa Santai dan Nyaman” di Senayan City, Jakarta, Kamis (2/5/24).

Konferensi pers UNIQLO UV Protection
Konferensi pers UNIQLO UV Protection (Foto: Efa)

Ya, untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV, sebaiknya kita rutin memakai tabir surya. Masalahnya, kerap kali orang lupa atau malas untuk melakukan re-apply (pengulangan) kembali setelah 4 jam. Untuk itu, kehadiran pakaian dengan fitur proteksi sinar UV bisa sangat membantu.

Hal ini pula yang dirasakan oleh aktris dan penyanyi cantik, Maudy Ayunda, yang turut hadir dalam kesempatan yang sama. “Aku sering berlama-lama di bawah panas matahari karena aktivitas-aktivitas yang aku gemari. Entah itu hiking, atau menemani suami main golf, dan itu menyebabkan sangat terpapar (sinar matahari). Adanya pakaian dengan UV Protection sangat penting buat aku, karena jujur aku suka agak lupa untuk re-apply sunscreen. Selain karena di tengah-tengah kesibukan jadi lupa, atau kadang pas di tengah-tengah aktivitas udah keringatan, rasanya nggak nyaman kalau harus re-apply, karena kulit jadi lengket,” imbuh Maudy.

Tapi perlu diingat Moms, tidak semua pakaian mampu memproteksi kulit dari paparan sinar UV. Diperlukan pakaian dengan fungsi proteksi sinar UV, yang dilengkapi dengan nilai UPF (Ultraviolet Protection Factor). Rating UPF adalah indeks yang menyatakan tingkat perlindungan suatu pakaian terhadap sinar UV dan berada di rentang angka 15-50+ .

Indeks tersebut menggambarkan berapa lama kulit akan terlindungi dari matahari saat mengenakan pakaian UV Protection, bila dibandingkan dengan kulit terbuka. Sebagai contoh, UPF50+ menunjukkan kulit akan terlindungi 50x lebih lama daripada kondisi kulit terbuka.

Nah, kabar baik nih untuk semua pecinta LifeWear dan juga aktivitas outdoor, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pakaian UV Protection dari UNIQLO dilengkapi dengan nilai UPF antara 25-50+ yang mampu secara langsung menghalau 90% sinar UV. Kemampuan ini didapat berkat teknologi Double Sun Protection yang berfungsi ganda, yaitu merefleksikan dan menyerap sinar UV agar tidak tembus ke dalam kulit.

Beberapa koleksi UV Protection
Beberapa koleksi UV Protection (Foto: Efa)

Perusahaan ritel global asal Jepang  tersebut mengeluarkan beberapa koleksi UV Protection, antara lain koleksi pakaian untuk wanita, pria maupun anak-anak.

  • Koleksi  untuk wanita antara lain ada luaran/outer seperti Jaket Mesh Hoodie AIRism Proteksi Sinar UV (UPF50+), atasan seperti T-shirt AIRism Proteksi Sinar UV (UPF40) dan Bawahan seperti AIRism Celana Legging Lembut Proteksi Sinar UV (UPF50+).
  • Koleksi untuk pria seperti Jaket Hoodie DRY-EX Lengan Panjang Ultra Stretch (UV Protection) (UPF50+) dan Jaket Parka Saku Proteksi Sinar UV (UPF50+).
  • Koleksi untuk anak seperti AIRism Jaket Mesh Hoodie Proteksi Sinar UV (UPF40+) dan Jaket Parka Saku Proteksi Sinar UV (UPF50+).
  • Tak hanya berupa pakaian, teknologi UV Protection juga tersedia pada produk aksesoris yang dapat menunjang penampilan dan sekaligus memberikan proteksi terhadap sinar matahari seperti Topi UV Protection (UPF50+) dengan teknologi DRY-EX yang mudah kering, Kacamata UV Protection (dengan Lensa UV400), serta Payung Compact Proteksi Sinar UV (UPF40).

“Untuk kegiatan sehari-hari biasanya aku menggunakan jaket yang tidak hanya memberi proteksi dari sinar UV, namun harus nyaman dipakai. Contohnya seperti AIRism Jaket Mesh Hoodie ini, yang cocok sekali buatku yang aktif bergerak. Kombinasi jaket ini dengan Celana Kargo dan Atasan Crop Bra memberi tampilan yang nyaman untuk beraktivitas,” ujar Maudy Ayunda selaku Brand Advocate UNIQLO di Indonesia.

Instalasi UV Protection

Instalasi UV Protection
Instalasi UV Protection (Foto: Ist)

Dan, untuk memberikan informasi lebih lanjut serta pengalaman eksperimental kepada pengunjung mengenai pakaian dengan proteksi sinar UV, Lisqia Lalantika, Marketing Manager UNIQLO Indonesia mengatakan, “Kami menghadirkan instalasi UV Protection yang berada di The Crystal, Senayan City. Dibuka untuk umum mulai tanggal 2 hingga 5 Mei 2024,” katanya.

Seru deh Moms, di sini pengunjung dapat melakukan eksperimen melalui demo corner yang tersedia. Dengan menggunakan gelang indikator, Moms bisa langsung membandingkan kemampuan antara pakaian dengan fitur proteksi sinar UV dengan pakaian tanpa proteksi sinar UV secara langsung dengan alat peraga.

Ketika gelang indikator menunjukkan warna ungu, artinya sinar UV masih bisa menembus pakaian, sehingga kulit akan terpapar sinar UV. Lain halnya ketika menggunakan pakaian UV Protection, gelang indikator tetap menunjukkan warna putih, yang berarti pakaian mampu melindungi kulit dan menghalau sinar UV.

Di instalasi, pengunjung juga dapat menikmati dan melihat secara langsung serangkaian koleksi UV Protection dan berbagai inspirasi padu padan yang cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dan, untuk pembelanjaan senilai minimal Rp 500.000, pengunjung berkesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung di vending machine yang tersedia pada instalasi.

Asyik, kan? Jangan lupa berkunjung ke sana ya Moms beserta keluarga, instalasi hadir hingga tanggal 5 Mei 2024.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ajak UMKM Lokal Meriahkan Perayaan Ulang Tahun ke-6, Hotel di Pusat Kota Jakarta Ini Gelar Night Market Spectacular Six
img
Teknologi dan Inovasi Terbaru Sepatu Lari Hadir di FlyLab
img
Tren Ngopi Baru yang Unik dan Menyenangkan!
img
Cara Gunakan Smartwatch untuk Dukung Hidup Sehat Namun Tetap Stylish