Peringati Hari Buku Nasional dengan Piknik Literasi

Dwi Retno - Rabu, 22 Mei 2024
Bertajuk Baca buku, Baca di Alam, Kebun Raya Purwodadi Mengadakan Piknik Literasi (Foto : Ist)
Bertajuk Baca buku, Baca di Alam, Kebun Raya Purwodadi Mengadakan Piknik Literasi (Foto : Ist)
A A A

Bertepatan dengan Hari Buku Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Mei, Kebun Raya Purwodadi berkolaborasi dengan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya mengadakan acara Piknik Literasi yang bertajuk Baca buku, Baca di Alam. Kalian mungkin masih awam dengan istilah piknik literasi? Ya! Piknik literasi merupakan gabungan konsep piknik yang memiliki nilai literasi.

Membaca buku dengan latar alam yang sejuk dan rindang menjadi daya pikat tersendiri. Kebun Raya Purwodadi menyuguhkan konsep baca di taman area sengon putih. Area ini cukup rindang sepanjang hari karena terdapat pohon sengon putih yang sangat besar. Sehingga tempat ini menjadi pilihan piknik literasi dengan konsep membaca di alam.

Berkolaborasi dengan beragam komunitas baca buku seperti Malang Book Party, Read Aloud Malang Raya, Omah Padma dan Tuli Mendongeng membuat acara ini semakin meriah. Selain itu, koleksi buku yang dimilik perpustakaan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Purwodadi – Pasuruan semakin melengkapi pilihan pengunjung piknik literasi untuk membaca. Uniknya buku-buku tersebut tentang botani dan lingkungan hidup yang sebagian besar hanya terdapat di perpustaan BRIN. Selain itu Gramedia juga turut berkolaborasi dengan berbagi buku untuk siswa-siswa SD, siswa-siswi tuna rungu dari SLBN Pembina Malang maupun pengunjung umum yang tertarik bergabung di acara tersebut.

Banyak agenda dalam piknik literasi tersebut diantaranya bercerita di alam, tuli mendongeng beserta kelas isyarat, kelas edukasi tabulampot, baca di alam, diskusi buku, dan diakhiri dengan aktivitas berkeliling kebun raya dengan didampingi tim hortikultura yang sangat menguasai aneka tumbuhan beserta keunikan dan fungsinya.

“Saya senang datang di acaranya ini, karena banyak buku yang dapat saya baca. Selain itu juga dapat hadiah pembatas buku yang dapat saya gunakan untuk di buku-buku komik saya,” ungkap Audrey Nabila Dzahin, siswi kelas 3 SD yang merupakan salah satu pengunjung.

“Harapan besar piknik literasi ini dapat diteruskan kembali dengan konsep dasarnya membaca di alam dengan berbagai program-program yang lebih menarik. Menjadi agenda tahunan dari Kebun Raya dan menumbuhkan gemar membaca sejak dini dan mengajak kembali untuk menyukai membaca dengan konsep yang lebih menarik yaitu membaca di alam,” imbuh Ibu Andi Afrilliya Ani, Corporate Communication Kebun Raya Purwodadi.

Latest Update
Explore more fun