Petualangan Wisata Ramah Muslim nan Seru di Singapura, Wisatawan Indonesia Wajib Coba!

Efa Trapulina - Selasa, 16 Juli 2024
Salah satu destinasi wisata ramah Muslim di Singapura, Masjid Sultan yang memesona (Foto: dok. Singapore Tourism Board Indonesia)
Salah satu destinasi wisata ramah Muslim di Singapura, Masjid Sultan yang memesona (Foto: dok. Singapore Tourism Board Indonesia)
A A A

Saat menentukan destinasi wisata luar negeri, ada satu hal yang kerap ditanyakan wisatawan muslim Indonesia. “Di negara itu, cari makanan halal susah nggak, ya?”

Singapura, adalah satu dari sekian negara yang paling banyak diminati wisatawan Indonesia. Jika Moms dan Dads melontarkan pertanyaan di atas, maka jawabannya adalah: tak perlu khawatir!

Mengapa? Berlibur ke Singapura kini semakin menyenangkan. Dengan beragam pilihan makanan halal dan fasilitas salat yang mudah dijangkau di beberapa area populer, wisatawan Muslim Indonesia dapat menjelajahi Singapura tanpa merasa khawatir.

Singapura sendiri menerima 13,6 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2023 lalu. Dengan jumlah 2,3 juta pengunjung berasal dari Indonesia, menjadikannya salah satu destinasi favorit bagi warga Indonesia.

Laporan Mastercard-Crescentrating Global Muslim Travelling Index 2024 yang baru dirilis pada bulan Mei tahun ini kembali menempatkan Singapura dalam peringkat teratas di antara negara non OKI (Organisasi Kerjasama Islam) sebagai destinasi ramah Muslim, termasuk bagi para wanita.

Selain itu, Singapura juga meraih gelar “Most Diverse Halal Dining City of The Year” dari CrescentRating. Pengakuan ini menegaskan bahwa perpaduan teknologi, pariwisata berkelanjutan, pilihan kuliner Halal yang beragam, serta tingkat kenyamanan menjadikan Singapura mendapatkan penghargaan tersebut.

Masih penasaran? Simak, deh, Moms beberapa alasan Singapura perlu ada di bucket list liburan kamu selanjutnya:

1. Kuliner Halal yang Beragam

Perpaduan kuliner tradisional dan internasional yang tersedia, membawa wisatawan dalam perjalanan tak terduga. Hidangan sangat bervariasi, menggambarkan karakter kosmopolitan Singapura. Tak heran negara ini dianugerahi gelar “Most Diverse Halal Dining City of The Year”.

Fika Swedish Café & Bistro
Fika Swedish Café & Bistro

Ragam pilihan makanan halal dari berbagai budaya membuat wisatawan Muslim dapat menikmati berbagai santapan lezat, termasuk yang ditawarkan di beberapa restoran halal Michelin Bib Gourmand, seperti Hajah Maimunah dan Bismillah Biryani.

Mulai dari hidangan pasta yang menggoda di Positano Risto hingga cita rasa otentik masakan Tionghoa di Yi Zun Noodle, dan kue-kue lezat di Fika Swedish Café, pilihan kuliner halal di Singapura memenuhi selera setiap orang. Baik Anda menginginkan secangkir kopi santai di Saybons French Café atau menikmati es krim buatan tangan di Lickety, dunia kuliner Singapura menjanjikan perjalanan gastronomi yang menyenangkan dan mendalam bagi semua orang.

2. Fasilitas Ibadah dan Masjid-Masjid Bersejarah

Pengalaman halal di Singapura tidak hanya terbatas pada kenikmatan kuliner, tetapi juga mencakup fasilitas ibadah yang nyaman dan masjid-masjid bersejarah dengan cerita menarik. Sebagai contoh, Masjid Al-Falah menyediakan tempat yang nyaman bagi umat Muslim untuk beribadah saat berbelanja dan berwisata di Orchard Road.

Selain itu, masjid-masjid bersejarah seperti Masjid Hajjah Fatimah menawarkan narasi yang menarik. Dibangun pada tahun 1845 oleh filantropis Hajjah Fatimah, masjid ini merupakan masjid lokal pertama yang dinamai dari seorang wanita. Menara masjid yang unik dengan empat tingkat, miring sekitar enam derajat, membuatnya dijuluki 'menara miring' Singapura.

Lalu ada Masjid Sultan, salah satu masjid terbesar di Singapura, menampilkan desain yang menggabungkan elemen tradisional India dan Islam, serta beberapa fitur arsitektur Eropa. Kubah emasnya yang besar, dihiasi dengan ujung-ujung botol kaca yang disumbangkan oleh penduduk Muslim Singapura berpenghasilan rendah pada tahun 1824, menambah kekayaan sejarah dan budaya masjid ini.

3. Destinasi Keluarga yang Menyenangkan

Ajak anak-anak dan nikmati serunya berlibur di Singapura! Dengan atraksi yang ramah keluarga dan beragam kegiatan yang cocok untuk semua usia, Singapura memberikan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi keluarga yang mencari liburan yang tak terlupakan.

Dari pameran interaktif di Art Science Museum hingga melihat binatang di Singapore Zoo, banyak pengalaman yang mendidik dan menghibur untuk seluruh keluarga.

Jalan-jalan bersama keluarga di Gardens by the Bay
Jalan-jalan bersama keluarga di Gardens by the Bay

Bagi keluarga Muslim, Singapura menawarkan beragam pengalaman ramah keluarga yang memenuhi kebutuhan keluarga. Mulai dari fasilitas ibadah di atraksi keluarga populer hingga berbagai pilihan kuliner halal, para keluarga dapat menjelajahi Singapura dengan mudah dan nyaman.

Singapura menjanjikan keceriaan serta momen tak terlupakan bagi wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang menyenangkan. Jangan lewatkan atraksi menarik yang akan datang seperti Impressions of Monet di Gardens by the Bay (12 Juli 2024 – 17 September 2024), A World of Studio Ghibli di ArtScience Museum (Oktober 2024 – Februari 2025), Minion Land di Universal Studios Singapore (awal 2025), dan masih banyak lagi.

Panduan saat berburu kuliner halal

Halal Singapura
Halal Singapura dari MUIS

Untuk mengenali restoran halal, wisatawan dapat mencari logo “Halal Certified Establishments” dari MUIS (Majlis Ugama Islam Singapura), yang menunjukkan bahwa restoran tersebut telah mendapatkan sertifikasi halal.

Logo Halal
Logo Halal

Selain itu, logo “Halal” di atas menunjukkan bahwa, meskipun mereka mungkin tidak memiliki sertifikasi halal dari MUIS, mereka tetap halal dan aman untuk makan. Dalam hal ini, restoran tersebut dimiliki oleh Muslim atau menggunakan bahan-bahan 100% halal dan sering dikunjungi oleh masyarakat Muslim setempat.

Nah, tunggu apalagi? Pesan tiket dan mulailah petualangan ramah Muslim di Singapura!

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Pertimbangan Nia Ramadhani Saat Memilih Sepatu untuk Anak, Utamakan Kualitas! 
img
Merayakan 57 Tahun dengan Koleksi Wastra Kiwari, Sentuhan Modern pada Batik Klasik
img
Koleksi Pakaian Pria dan Wanita untuk Musim Gugur/Dingin 2024
img
Trik Memilih Pewarna Rambut yang Tahan Lama, Bebas Amonia, dan Mengikuti Tren