Pilah Pilih Susu, Mengapa Harus Ada Kombinasi Zat Besi dan Vitamin C-nya?

Novita Sari - Kamis, 25 Januari 2024
Ki-ka: MC, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK - Pakar Gizi Klinik, dan Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK., Medical & Scientific Affairs Director Sarihusada. Foto: Novi
Ki-ka: MC, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK - Pakar Gizi Klinik, dan Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK., Medical & Scientific Affairs Director Sarihusada. Foto: Novi
A A A

Bingung memilih produk susu yang dapat membuat tumbuh kembang anak maksimal? Ternyata, mudah saja, Moms! Pastikan kalau dua zat gizi ini yaitu Zat Besi dan Vitamin C, terkandung di dalam susu yang Moms pilih. Mengapa? 

Yuk, kita lihat berbagai manfaat hebat yang dihasilkan dari kombinasi Zat Besi dan Vitamin C ini.

Nah, bertepatan dengan Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, tak bosan-bosannya Danone Indonesia terus mengedukasi masyarakat terutama para Ibu tentang pentingnya pemenuhan gizi pada anak-anak. 

"Sedikit cerita, ini ada pengalaman pribadi yang dialami oleh salah satu rekan wartawan yang sejak lama selalu hadir meliput acara-acara edukasi gizi yang kami gelar. Dia bilang kalau anaknya yang nomor dua, tumbuh kembangnya lebih bagus dari anak pertama. Karena saat anak pertama, rekan ini kurang literasi gizinya. Setelah sering mengikuti edukasi gizi ini, literasinya bertambah dan dia terapkan pada anaknya yang nomor dua," tutur Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia saat membuka acara Bicara Gizi "Pentingnya Nutrisi yang Tepat untuk Tumbuh Kembang Maksimal Anak" di The Hermitage Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Januari 2024.

Di acara yang dihadiri oleh para Mombassador ini, Arif mengungkapkan bahwa pemenuhan gizi seimbang pada anak, sangat menentukan terwujudnya Generasi Emas 2045 yang dicanangkan pemerintah.

Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia. Foto: Novi
Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia. Foto: Novi

Sayangnya, lanjut Arif, permasalahan gizi seperti kekurangan Zat Besi, masih menghantui anak-anak Indonesia. "Satu dari tiga anak berusia di bawah 5 tahun di Indonesia, mengalami anemia karena kekurangan Zat Besi. Bahkan, Indonesia termasuk dalam 5 negara dengan prevalensi anemia tertinggi di Asia Tenggara," tandasnya. 

Padahal, jika tidak ditangani dengan tepat, kekurangan Zat Besi bisa menjadi penyebab stunting yang berdampak negatif permanen pada perkembangan otak anak. Untuk itu, penerapan pola makan yang tepat sesuai pedoman gizi seimbang, termasuk memaksimalkan pemenuhan Zat Besi sangat diperlukan. 

Nah, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah, dengan menyediakan makanan dan minuman yang bersumber dari protein hewani seperti telur, ayam, daging sapi, dan susu pertumbuhan yang diperkaya tinggi Zat Besi untuk mencegah anemia pada anak.

dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK - Pakar Gizi Klinik mengatakan, “Anemia dapat dicegah dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Pastikan anak mendapatkan makanan yang bervariasi untuk mendapatkan gizi yang lengkap termasuk protein hewani yang kaya Zat Besi. Dalam pedoman gizi seimbang, susu yang juga sumber protein hewani bisa menjadi salah satu pilihan melengkapi asupan nutrisi Si Kecil sehari-hari.”

Ditambahkan dr. Juwalita, Zat Besi sangat penting untuk pertumbuhan fisik dan kognitif (kemampuan berpikir) anak. "Perkembangan otak ini dari sejak anak sebelum lahir sehingga harus dimulai dari remaja yang nantinya akan menjadi ibu ini juga tidak boleh anemia. Sel-sel otak membentuk jalinan, kalau kurang Zat Besi prosesnya akan terganggu. Zat Besi juga diperlukan dalam membentuk senyawa heme yang akan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh untuk metabolisme, dengan demikian anak mudah beraktivitas dan siap belajar," papar dr. Juwalita. 

Namun, terjadi salah paham diantara orangtua bahwa semua jenis susu itu sama. Faktanya, beberapa jenis susu yang beredar di pasaran, memiliki jumlah nutrisi yang berbeda. 

Oleh karena itu, Moms harus pastikan untuk memerhatikan kandungan dalam susu tersebut. Sebab, susu pertumbuhan yang diperkaya dengan banyak nutrisi penting seperti Zat Besi, Vitamin C, DHA, dan Minyak Ikan dapat mengoptimalkan asupan nutrisi anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Sementara kebanyakan jenis susu lain di pasaran, tidak dilengkapi dengan nutrisi penting sebanyak susu pertumbuhan. 

“Penting bagi orangtua untuk memilih susu yang tepat, karena tidak semua susu itu sama. Pilih susu pertumbuhan yang mengandung Zat Besi dan dikombinasikan dengan Vitamin C, karena kombinasi Zat Besi dan Vitamin C akan mendukung penyerapan Zat Besi 2x lipat. Pastikan juga pilih susu pertumbuhan yang dilengkapi DHA, Minyak Ikan, agar anak tumbuh maksimal,” tambah dr. Juwalita.

Dalam momentum Hari Gizi Nasional ini, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK., Medical & Scientific Affairs Director Sarihusada juga berharap bisa lebih banyak lagi masyarakat yang teredukasi tentang pola makan dengan gizi seimbang dalam upaya mencegah anemia dan stunting agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dengan maksimal untuk jadi anak generasi maju.

Menurut dr. Ray, kesehatan anak Indonesia masih perlu menjadi perhatian serius oleh semua pihak, diantaranya masalah kekurangan Zat Besi yang menjadi salah satu faktor penyebab stunting. "Sebab, jika tidak ditangani dengan tepat, permasalahan kesehatan gizi ini dapat berpotensi mengganggu kesehatan fisik dan aspek kognitif anak hingga dewasa,” cetusnya.

Keseriusan tersebut dibuktikan lewat inovasi produk SGM Eksplor, satu-satunya produk yang mengandung IronC - kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, yang teruji bantu penyerapan Zat Besi hingga dua kali lipat, serta dilengkapi dengan nutrisi penting lainnya seperti DHA, Minyak Ikan Tuna serta Omega 3&6.

Selain memastikan pemenuhan nutrisi anak, dr. Ray juga mengajak para Mom untuk lebih cermat dalam memastikan kandungan nutrisi susu pertumbuhan yang dikonsumsi Si Kecil, dengan lebih teliti dalam mengecek label pada kemasan susu, karena tidak semua susu itu sama. 

"Pilih yang memiliki kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C yang dapat mendukung penyerapan Zat Besi hingga 2X lipat untuk mencegah anemia pada anak karena isinya lebih penting,” seru dr. Ray.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Jangan Sembarangan Pijat, Begini Cara Tepat Atasi Cedera Olahraga dan Gangguan Muskuloskeletal
img
Bersama Melawan Kanker, YKI Bagikan Semangat dan Nutrisi di Hari Anak Nasional 2024
img
Lebih dari Sekadar Pencernaan: Mengapa Kesehatan Usus Penting untuk Masa Depan Anak?
img
Jangan Tunggu Kena! Cegah Risiko dan Komplikasi Cacar Air pada Anak dengan Imunisasi