Program Anak Kreatif, Aktif, Optimis dan Sekolah Sehat 2024 Targetkan 10.000 Siswa Terima Edukasi PHBS

Efa Trapulina - Sabtu, 27 Juli 2024
Kao Indonesia hadirkan Program Anak KAO (Kreatif, Aktif, Optimis) - Sekolah Sehat 2024 (Foto: dok. Kao Indonesia)
Kao Indonesia hadirkan Program Anak KAO (Kreatif, Aktif, Optimis) - Sekolah Sehat 2024 (Foto: dok. Kao Indonesia)
A A A

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2024 lalu, Kao Indonesia kembali menggelar kegiatan Edukasi Anak KAO (Kreatif, Aktif, Optimis) – Sekolah Sehat 2024. Peresmian kegiatan tersebut berlangsung di SDN Pesanggrahan 03, Jakarta Selatan.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi sinergis dengan Kemenkes RI dan Kemendikbudristek RI sebagai upaya untuk mendukung program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) dan pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). 

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, program edukasi kolaborasi itu telah mengedukasi lebih dari 30.000 anak di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. 

Pada tahun 2024, program Anak KAO - Sekolah Sehat  diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta dapat menjangkau tambahan 10.000 anak di 5 (lima) provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Naoki Yoshigai, Presiden Direktur Kao Indonesia mengatakan, “Sejalan dengan Strategi ESG (Environment, Social, Governance) Perusahaan – Kirei Lifestyle Innovation, kami senantiasa berkomitmen mewujudkan gaya hidup yang Kirei dimana Masyarakat dapat menjalani keseharian dengan lebih bersih, sehat dan indah serta dengan pikiran yang tenang di lingkungan yang lestari melalui inovasi produk dan layanan yang berorientasi terhadap nilai-nilai berkelanjutan. Kami sangat merasa bangga bisa melanjutkan kolaborasi sinergis dengan Kemenkes dan Kemendikbud RI untuk bersama-sama memberikan kontribusi terbaik bagi kesehatan anak-anak Indonesia sebagai pilar bangsa untuk Indonesia Maju.”

Sekolah Sehat diluncurkan pada Agustus 2022 lalu, oleh Menteri Kemendikbudristek, Bapak Nadiem Makarim. Kampanye Sekolah Sehat merupakan upaya semua pihak untuk bersinergi dan terus menerus menekankan pentingnya penerapan sekolah sehat dengan penekanan pada pilar utama 5S yaitu Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan pada satuan pendidikan. 

Program Anak Kao
Program Anak KAO

Program edukasi ini diharapkan dapat menjadi inisiatif dan kontribusi nyata untuk menyukseskan terwujudnya masyarakat sekolah yang sehat di lingkungan sekolah yang sehat.

Drs. I Nyoman Rudi Kurniawan, M.T. selaku Direktur Sekolah Menengah Pertama (SMP), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek RI menyampaikan, “Kegiatan edukasi ini tidak hanya membantu meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya 5S (Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan) tetapi juga memberikan contoh nyata bagaimana sektor swasta dapat berperan aktif dalam mendukung inisiatif Pemerintah. Dengan kolaborasi pentahelix antara Pemerintah, Private Sector, Masyarakat, dan Media diharapkan Gerakan Sekolah Sehat dapat berjalan dengan efektif dan memberikan manfaat yang signifikan bagi anak-anak di Indonesia.”

Dalam pelaksanaannya, program Edukasi Anak - Sekolah Sehat tersebut dilakukan dengan pendekatan yang menyenangkan, modul yang disesuaikan dengan minat anak sekolah dasar dan menengah, serta disampaikan oleh tenaga medis yang interaktif.

dr. Elvieda Sariwati, M.Epid selaku Direktur Promosi Kesehatan, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kemenkes RI, menyambut positif program edukasi ini. “Tentunya, program edukasi Anak ini sangat positif dan bermanfaat untuk mengajak anak-anak Indonesia menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai bagian dari pembudayaan Hidup Sehat / GERMAS di lingkungan sekolah,” imbuh Elvieda.

Sebagai nilai tambah, perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods ini juga menyediakan Waste Point di beberapa sekolah. Hal ini untuk membantu memfasilitasi anak-anak untuk bisa mulai praktik bijak pilah sampah melalui hal sederhana di keseharian. Contohnya dengan mengumpulkan kemasan bekas untuk didaur ulang.

“Melalui Gerakan Sekolah Sehat, kami berupaya untuk secara berkelanjutan berkontribusi melalui kegiatan edukasi dan pengembangan inisiatif lainnya yang disesuaikan dengan isu sosial dan kebutuhan sekolah dimana ‘bring knowledge into practical’ sehingga anak-anak bisa memiliki pemahaman yang komprehensif yang menjadi daya dorong untuk terwujudnya Kirei Lifestyle dalam keseharian,” tutup Naoki.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Kolaborasi Internasional Perbaikan Infrastruktur dan Sanitasi untuk Keluarga Berpenghasilan Rendah di Rajeg, Tangerang
img
Edukasi Ribuan Ibu dan Anak, Gerakan Anti Ruam Kolaborasi Bersama Puskesmas di Indonesia
img
Luncurkan Kampanye ‘Bikin Seru Indonesia’ Destinasi Hiburan Keluarga Ini Beri Kejutan Spesial di Hari Pelanggan Nasional
img
Solusi Praktis Penuhi Asupan Omega 3 & 6 dalam Menu Makanan Anak-anak